Rumah Gadang, Rumah Tradisional Minangkabau

Rumah Gadang, Rumah Tradisional Minangkabau | Foto artikel Arsitag

Rumah Gadang atau rumah Godang adalah nama untuk rumah adat tradisional Minangkabau yang banyak dijumpai di provinsi Sumatera Barat. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang.

Rumah Gadang sebagai tempat tinggal bersama mempunyai ketentuan-ketentuan tersendiri. Contohnya saja seperti jumlah kamar yang bergantung pada jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya. Rumah Gadang biasanya dibangun di atas sebidang tanah milik keluarga induk dari suku atau kelompok tertentu secara turun menurun dan hanya dimiliki dan diwarisi dari dan kepada perempuan kelompok tersebut.

Istana Pagaruyuang (Sumber: lihat.co.id)Istana Pagaruyuang (Sumber: lihat.co.id)

Rumah Gadang, di samping sebagai tempat tinggal, juga dapat berfungsi sebagai tempat musyawarah keluarga, tempat mengadakan upacara-upacara, pewarisan nilai-nilai adat, dan merupakan representasi dari budaya matrilineal. Rumah Gadang sangat dimuliakan dan bahkan dipandang sebagai tempat suci oleh masyarakat Minangkabau. Status rumah Gadang yang begitu tinggi ini juga melahirkan berbagai macam tata krama. Setiap orang yang ingin naik ke rumah Gadang harus terlebih dahulu mencuci kakinya.

Bentuk rumah Gadang sendiri dapat diibaratkan seperti bentuk kapal. Kecil di bawah dan besar di atas. Bentuk atapnya mempunyai lengkung ke atas, kurang lebih setengah lingkaran, dan berasal dari daun Rumbio (nipah). Bentuknya menyerupai tanduk kerbau dengan jumlah lengkung empat atau enam, dengan satu lengkungan ke arah depan rumah.

Istana Pagaruyuang (Sumber: panduanwisata.id)Istana Pagaruyuang (Sumber: panduanwisata.id)

Setiap elemen dari rumah Gadang memiliki makna simbolis tersendiri. Unsur-unsur dari rumah Gadang meliputi:

  • Gonjong, struktur atap yang seperti tanduk
  • Singkok, dinding segitiga yang terletak di bawah ujung gonjong
  • Pereng, rak di bawah singkok
  • Anjuang, lantai yang mengambang
  • Dindiang ari, dinding pada bagian samping
  • Dindiang tapi, dinding pada bagian depan dan belakang
  • Papan banyak, fasad depan
  • Papan sakapiang, rak di pinggiran rumah
  • Salangko, dinding di ruang bawah rumah
Istana Pagaruyuang (Sumber: linkedin.com)Istana Pagaruyuang (Sumber: linkedin.com)

Ketika kita membicarakan tentang arsitektur rumah Gadang, pasti yang akan pertama kali terbayang adalah bentuk atapnya yang runcing. Atap ini disebut sebagai atap gonjong. Ciri khas bentuk atap gonjong ini selalu ada di setiap rumah khas Minangkabau, bahkan pada rumah modern mereka. Dahulunya atap rumah Gadang dibuat dari bahan ijuk yang dapat tahan hingga puluhan tahun. Namun, belakangan atap rumah banyak berganti dengan atap seng.

Rumah Gadang (Sumber: limakecil.wordpress.com)Rumah Gadang (Sumber: limakecil.wordpress.com)

Bentuk gonjong yang runcing diibaratkan seperti harapan untuk mencapai Tuhan dan dindiang, yang secara tradisional terbuat dari potongan anyaman bambu, melambangkan kekuatan dan utilitas dari masyarakat Minangkabau yang terbentuk ketika tiap individu menjadi bagian masyarakat yang lebih besar dan tidak berdiri sendiri.

Ada pula yang mengatakan bahwa atap gonjong merupakan simbol dari tanduk kerbau, simbol dari pucuk rebung, simbol kapal, dan simbol dari bukit. Kerbau karena kerbau dinilai sebagai hewan yang sangat erat kaitannya dengan nama Minangkabau. Pucuk rebung karena rebung merupakan bahan makanan adat. Kapal karena orang Minangkabau dianggap berasal dari rombongan Iskandar Zulkarnaen yang berlayar. Bukit karena daerah Minangkabau yang berbukit.

Pilar rumah Gadang dan Lanjar (Sumber: nitastrudwickphotography.com)Pilar rumah Gadang dan Lanjar (Sumber: nitastrudwickphotography.com)

Pilar rumah Gadang yang ideal disusun dalam lima baris yang berjajar sepanjang rumah. Baris ini membagi bagian interior menjadi empat ruang panjang yang disebut Lanjar. Lanjar di belakang rumah dibagi menjadi kamar tidur (Ruang). Menurut adat, sebuah rumah Gadang harus memiliki minimal lima Ruang, dan jumlah ideal adalah sembilan. Lanjar lain digunakan sebagai area umum yang disebut labuah gajah (jalan gajah) yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan acara seremonial.

Rangkiang (Sumber: kabaranah.com)Rangkiang (Sumber: kabaranah.com)

Rumah Gadang juga memiliki beberapa lumbung padi (Rangkiang), dengan masing-masing memiliki nama dan fungsi yang berbeda. Rangkiang Sitinjau Lauik berisi beras untuk upacara adat. Rangkiang Sitangka Lapa berisi beras untuk sumbangan ke desa miskin dan desa yang kelaparan. Rangkiang Sibayau-bayau berisi beras untuk kebutuhan sehari-hari keluarga. Di halaman depan rumah Gadang terdapat pula ruang Anjuang, tempat pengantin bersanding atau tempat penobatan kepala adat. Maka, rumah Gadang juga dinamakan sebagai rumah Baanjuang.

Bentuk interior rumah Gadang (Sumber: www.dwiaryanti.com)Bentuk interior rumah Gadang (Sumber: www.dwiaryanti.com)

Rumah Gadang ini dibuat berbentuk empat persegi panjang dan dibagi atas dua bagian, muka dan belakang. Pada bagian depan dinding rumah Gadang dibuat dari bahan papan, sedangkan bagian belakang dari bahan bambu. Papan dinding dipasang vertikal dan semua papan yang menjadi dinding atau menjadi bingkai diberi ukiran sehingga seluruh dinding menjadi penuh ukiran. Penempatan motif ukiran tergantung pada susunan dan letak papan pada dinding rumah Gadang.

Motif ukiran rumah Gadang (Sumber: www.saribundo.biz)Motif ukiran rumah Gadang (Sumber: www.saribundo.biz)

Sesuai dengan ajaran falsafah Minangkabau yang bersumber dari alam, “alam takambang jadi guru”, ukiran-ukiran pada rumah Gadang juga merupakan simbolisasi dari alam. Pada dasarnya ukiran pada Rumah Gadang merupakan ragam hias dalam bentuk garis melingkar atau persegi. Biasanya bermotif tumbuhan merambat, akar yang berdaun, berbunga dan berbuah.

Pola akar biasanya berbentuk lingkaran, akar berjajaran, berhimpitan, berjalinan dan juga sambung menyambung. Cabang atau ranting akar berkeluk ke luar, ke dalam, ke atas dan ke bawah. Motif lain yang dijumpai adalah motif geometri segi tiga, empat dan genjang. Motif daun, bunga atau buah dapat juga diukir tersendiri atau secara berjajaran.

Istana Pagaruyuang (Sumber: rumah.mylandsshore.com)Istana Pagaruyuang (Sumber: rumah.mylandsshore.com)

Nenek moyang orang Minang ternyata berpikiran jauh maju melampaui zamannya dalam membangun rumah. Konstruksi rumah gadang ternyata telah dirancang untuk menahan gempuran gempa bumi. Rumah gadang di Sumatera Barat membuktikan ketangguhan rekayasa konstruksi yang memiliki daya lentur dan soliditas saat terjadi guncangan gempa hingga berkekuatan di atas 8 skala Richter. Bentuk rumah Gadang membuat rumah Gadang tetap stabil menerima guncangan dari bumi. Getaran yang datang dari tanah terhadap bangunan terdistribusi ke semua bangunan.

Bagian dalam rumah Gadang (Sumber: minangjelita.com)Bagian dalam rumah Gadang (Sumber: minangjelita.com)

Rumah gadang tidak menggunakan paku sebagai pengikat, tetapi berupa pasak sebagai sambungan. Hal ini membuat bangunan memiliki sifat sangat lentur. Selain itu, kaki atau tiang bangunan bagian bawah tidak pernah menyentuh bumi atau tanah. Tapak tiang dialasi dengan batu sandi. Batu ini berfungsi sebagai peredam getaran gelombang dari tanah sehingga tidak mempengaruhi bangunan di atasnya.

Jika ada getaran gempa bumi, rumah Gadang hanya akan berayun atau bergoyang mengikuti gelombang yang ditimbulkan getaran tersebut. Darmansyah, seorang ahli konstruksi di Sumatera Barat menyebutkan, dari sisi ilmu konstruksi bangunan rumah gadang jauh lebih maju setidaknya 300 tahun dibanding konstruksi yang ada di dunia pada zamannya.

Sumber :

http://melayuonline.com

https://id.wikipedia.org

http://tentangrumahgadang.blogspot.co.id

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.