10 Inspirasi Desain Carport Rumah Minimalis yang Elegan

10 Inspirasi Desain Carport Rumah Minimalis yang Elegan | Foto artikel Arsitag
Cover: Inspirasi desain carport (Sumber: furnitureproduct.net)

Sebenarnya apakah carport itu? Apa persamaan dan perbedaannya dengan garasi? Carport dan garasi sama-sama tempat meletakkan kendaraan. Walaupun sama-sama sebagai tempat meletakkan kendaraan, carport dan garasi memiliki perbedaan. Garasi memiliki dinding penuh dan beratap, sedangkan carport dapat berupa perkerasan terbuka ataupun perkerasan tanpa dinding dengan atau tanpa dinaungi atap.

Sebagai bagian awal memasuki rumah seharusnya carport bukan sekedar perkerasan tempat meletakkan kendaraan, tetapi juga menjadi awal persiapan penciptaan suasana yang menghubungkan outdoor dan indoor. Desain carport yang baik seharusnya mampu menserasikan bangunan dengan lingkungan di luar bangunan.

Sama seperti ide desain elemen bangunan lainnya, ide desain untuk carport tidaklah terbatas. Ada beragam material yang bisa dimanfaatkan. Beragam pula motif dan warna yang bisa dipadukan dengan cantik dan elegan sambil tetap fungsional. Begitu pula pada rumah minimalis, ada beragam ide desain yang bisa diaplikasikan menjadi desain carport yang elegan. Artikel ini akan menyajikan 10 inspirasi desain carport rumah minimalis yang elegan yang dapat memancing ide dan kreatifitas untuk carport di rumah minimalis Anda.

1. Carport dari batu alam

Selat House di Surabaya karya Das Quadrat tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Selat Housedi Surabaya karyaDas Quadrattahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Das Quadrat memanfaatkan kekuatan dan keindahan batu alam untuk carport di Selat House. Tampilan garis-garis horizontal dan vertikal dengan permainan warna gelap terang alami yang memberikan tampilan minimalis yang elegan.        

IS House di Kemang, Jakarta Selatan karya MINT-DS tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

IS Housedi Kemang, Jakarta Selatan karyaMINT-DStahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Pemilik IS House menginginkan tampilan rumah yang netral, bersih, dan sederhana. Ide ini sudah dituangkan mulai dari carport dengan susunan batu alam yang dibuat berselang-seling menyerupai susunan batu bata. Kemiringan carport diimbangi dengan kemiringan taman minimalis di sebelahnya yang ditumbuhi tanaman teh-tehan dan rumput gajah. Sebagian carport juga mendapat naungan dari atap bangunan utama.

Baca juga: Batu Alam Untuk Menyulap Rumah Sederhana Menjadi Terlihat Mewah

2. Carport dengan grass brick

RS House di Alam Sutera, Tangerang karya  AXIALSTUDIO tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

RS Housedi Alam Sutera, Tangerang karya  AXIALSTUDIOtahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Grass brick atau grass pavers atau grass block menjadi pilihan yang baik untuk carport, khususnya bagi pecinta lingkungan. Jenis perkerasan ini, selain kuat, juga memberikan ruang untuk daerah resapan air serta mencerahkan warna abu-abu beton dengan keindahan dan kesegaran dari hijaunya rerumputan yang tumbuh di bagian berlubangnya.

PRV A131 di Bandung karya erwin kusuma tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

PRV A131 di Bandung karyaerwin kusuma tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

PRV A131 sengaja memilih grass block dengan bentuk geometris cantik diselingi rerumputan. Selain memberikan kesan alami, perkerasan carport semacam ini juga berpadu serasi dengan cahaya yang meneranginya di waktu malam sehingga menimbulkan kesan yang elegan.

Baca juga: 10 Material Elegan untuk Lanskap yang Harmonis

4. Carport atau garasi?

AA Residence di Cimanggis karya Bitte Design Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

AA Residencedi Cimanggis karyaBitte Design Studiotahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Keunikan dari kreatifitas Bitte Design Studio membuat desain carport rumah minimalis ini tampak elegan dalam kesederhanaannya. Perkerasan lantai dari batu alam, pintu pagar sederhana, dinding dengan finishing acian kasar, serta naungan dari ruang di atasnya yang terbuat dari container, menjadikan desain yang berbeda dari lainnya. 

Rumah Miring di Surabaya karya Andyrahman Architect tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Rumah Miring di Surabaya karyaAndyrahman Architecttahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Ide desain utama Andyrahman Architect untuk Rumah Miring adalah “Back to Basics Principle” dalam artian bahwa sebuah karya arsitektur harus berpedoman pada “Spirituality, Materiality, Urbanity”. Sudut-sudut unik menjadi ide desain cemerlang untuk menciptakan bentuk-bentuk diagonal yang terelaborasi dengan area luar seperti, beranda, carport, dan pagar.

Desain carport yang setengah terbuka ini tampil dengan kemewahan karakteristik material dasar dari acian semen yang tidak hanya terkesan alami, tetapi juga mudah dan murah perawatannya. Cukup banyaknya bukaan memberikan pencahayaan dan sirkulasi udara alami yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan iklim tropis.

Desain carport Rumah Miring menjadi contoh inspirasi desain yang baik karena mengikutsertakan carport menjadi bagian dari keseluruhan desain.  

Baca juga: Desain Taman Rumah Minimalis di Lahan Sempit dengan Keindahan Maksimal

5. Carport untuk sistem cluster

Bayview Garden Villa Bali di Nusa Dua, Bali karya Monokroma Architect tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

Bayview Garden Villa Bali diNusa Dua, Bali karya Monokroma Architecttahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

Proyek ini merupakan hasil kolaborasi Monokroma Architect bersama Atelier Urbanus. Kompleks Villa dengan lanskap berkontur yang menghadap ke pantai ini dilengkapi dengan carport minimalis berbahan batu alam yang serasi dengan batu alam pada dinding eksterior yang disinari cahaya cantik dan elegan. Pantas saja jika Christian Sugiono dan Titi Kamal memilih untuk memiliki villa ini.

Baca juga: Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan

6. Carport dengan perpaduan batu alam dan gravel

Greta 90 di Bintaro karya INTERIORES Interior Consultant & Build tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

Greta 90di Bintaro karyaINTERIORES Interior Consultant & Buildtahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

INTERIORES Interior Consultant & Build mendesain carportGreta 90 dengan susunan batu alam dan gravel yang membentuk pola kotak-kotak. Selain kuat untuk menahan beban kendaraan, bahan berwarna netral dan pola sederhana yang terbentuk akan terkesan ringan, tetap terlihat apik dan elegan dari masa ke masa.

Baca juga: Material Batu Alam Untuk Tampak Depan Rumah Minimalis Yang Elegan

7. Carport dari beton cor

Ruko Baros di Cimahi, Jawa Barat karya Braun Studio tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Ruko Barosdi Cimahi, Jawa Barat karyaBraun Studiotahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Carport di Ruko Baros dirancang untuk memarkir dua mobil secara paralel. Perkerasan yang sama akan dilalui dua mobil bergantian, ataupun bersamaan. Jadi, karena beban kerjanya berat, Braun Studio mendesain carport ini dengan bahan beton cor. Carport ini juga dinaungi atap rangka besi bercat hitam dengan permainan ukuran besi sebagai perkuatan sekaligus variasi garis manis yang memperkuat kesan minimalis nan elegan.

Baca juga: Mengekspos Kepolosan Material dan Elemen Arsitektural

8. Carport dengan variasi warna batu alam

Banjarmasin House di Banjarmasin, Kalimantan Selatan karya Adi Cipta Estetika tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Banjarmasin House di Banjarmasin, Kalimantan Selatan karyaAdi Cipta Estetikatahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Ide desain keseluruhan bangunan ini berkonsep tropis minimalis. Mulai dari desain carport, ide ini sudah tercermin lewat pemanfaatan variasi warna batu alam yang melambangkan keceriaan alam tropis.

9. Carport dengan warna serba hitam

Green Garden House di Jakarta karya Studio Denny Setiawan tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Green Garden Housedi Jakarta karyaStudio Denny Setiawantahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Warna hitam menampilkan kekokohan dan kesan elegan. Itulah sebabnya,  Studio Denny Setiawan memilih keramik non-polished berukuran 20x30 yang dipadukan serasi dengan batu alam pada dinding dan keramik 60x60 serba hitam sebagai bahan carport yang kuat dan elegan. Selain itu, warna hitam dipilih karena tidak mudah kusam dan kotor.

Baca juga: Kekuatan Hitam Dalam Desain

10. Carport dengan kanopi

Puri Botanical karya Parama Dharma tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Puri BotanicalkaryaParama Dharmatahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Parama Dharma memilih batu alam seukuran bata yang disusun dengan bagian vertikal lebih panjang untuk memberi kesan visual mengarahkan ke dalam rumah. Batu alam juga dipilih yang bertekstur kasar agar tidak licin. CarportPuri Botanical dinaungi kanopi berstruktur beton dan besi yang sengaja diekspos untuk memperkuat unsur garis yang mencirikan rumah minimalis. Ekspos garis struktur bercat putih ini tampil elegan sambil dengan kokohnya menahan beban kaca rayban sebagai penutup kanopi.

A House di Setraduta, Bandung karya arkitekt.id tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

A Housedi Setraduta, Bandung karyaarkitekt.id tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Desain yang baik harus dimulai dari awal memasuki bangunan. Berkolaborasi serasi dengan lingkungan sekitar sambil menghubungkan bagian outdoor dan indoor dengan harmonis. Desain carport rumah minimalis pun demikian. Desain carport harus diikutsertakan dalam keseluruhan desain sejak perencanaan dan menjadi bagian tak terpisahkan yang menjadikan rumah tampak elegan sejak awal memasukinya.

Baca juga:

Polycarbonate : Material Pengganti Kaca yang Hemat Biaya

11 Desain Teras Rumah Mewah yang Cantik

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.