8 Ide Sederhana Untuk Merapikan Rumah Anda Agar Tidak Tampak Berantakan

8 Ide Sederhana Untuk Merapikan Rumah Anda Agar Tidak Tampak Berantakan | Foto artikel Arsitag

Cover RD residence di Singapura karya HelloEmbryo (Sumber: arsitag.com)
 

Rumah yang rapi memberikan kenyamanan tersendiri. Namun, belum tentu semua orang dapat menjaga kerapian rumah mereka masing-masing. Terkadang rasa malas menghampiri sehingga lebih memilih untuk membiarkan semua benda berserakan tidak pada tempatnya.

Jika malas merapikan rumah, benda-benda yang baru saja Anda gunakan sebaiknya langsung dikembalikan pada tempatnya semula setelah dipakai. Jika kebiasaan tersebut diterapkan setiap waktu, Anda tidak perlu terlalu sering merapikan rumah. Akan tetapi, masih banyak cara lainnya agar rumah Anda terlihat rapi. Berikut ini beberapa cara atau ide sederhana untuk merapikan rumah agar tidak tampak berantakan:

1. Rak Untuk Menyimpan Koleksi Buku

Rak bukuRak buku Foresta Fiore House di Tangerang karya DDAP Architect (Sumber: arsitag.com)
 

Bagi yang hobi membaca, pasti koleksi buku Anda sudah sangat banyak sekali. Bahkan, koleksi tersebut sampai menumpuk dan jika dibiarkan begitu saja, akan terlihat berantakan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membuat perpustakaan pribadi di dalam rumah untuk menyimpan semua koleksi buku Anda.

2. Kotak Tempat Mainan Anak

Kotak mainan anakKotak mainan anak Sudpark Apartment di Jakarta karya WE+W Design (Sumber: arsitag.com)
 

Mainan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari anak-anak. Mereka selalu meminta untuk dibelikan mainan baru setiap saat. Akhirnya, koleksi mainan mereka menumpuk. Beberapa mainan mungkin sudah mulai rusak. Namun, jika dibuang, pasti anak Anda akan marah. Mungkin Anda bisa coba menyimpannya dalam beberapa kotak atau container dan meletakannya di kamar tidur anak agar tetap terlihat rapih.

3. Menyusun Keramik Dan Pajangan Lemari

Pajangan lemariPajangan lemari Royal Mediterania Garden di Jakarta karya ARTE Living (Sumber: arsitag.com)
 

Keramik dan pajangan yang Anda peroleh sebagai buah tangan harus ditata dengan benar agar terlihat rapi. Jangan biarkan semuanya berdebu dan tersusun secara berantakan. Jika disusun secara rapi, rumah Anda akan terlihat cantik.

4. Merapikan Benda Di Atas Buffet

BuffetBuffet RD residence di Singapura karya HelloEmbryo (Sumber: arsitag.com)
 

Apakah Anda sering meletakan benda-benda uang koin, buku yang sedang di baca, kunci mobil, dan kamata di atas lemari atau buffet? Hal-hal yang terlihat sepele seperti ini sebaiknya diletekan dengan benar pada tempatnya. Namun, jika terpaksa, sebaiknya Anda merapikan semua benda-benda tersebut.

5. Menggantung Peralatan Dapur

DapurDapur Foresta Fiore House di Tangerang karya DDAP Architect (Sumber: arsitag.com)
 

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang digunakan untuk memasak. Karena jumlah peralatan dapur yang Anda miliki sangat banyak sekali, bahkan sudah tidak bisa ditampung di dalam lemari, tidak ada salahnya Anda menggantung semua peralatan dapur agar terlihat lebih rapih.

6. Merapikan Kabel Di Belakang Televisi

Kabel televisiKabel televisi Royal Mediterania Garden di Jakarta karya ARTE Living (Sumber: arsitag.com)
 

Terkadang Anda dibuat kesal oleh kabel-kabel televisi yang tanpa sadar dapat memberikan kesan berantakan di dalam ruang keluarga Anda. Oleh karena itu, sebaiknya kabel televisi, kabel video game, kabel modem, dan kabel telepon sebaiknya diikat menjadi satu atau disembunyikan di belakang lemari.

Baca juga:  Rumah minimalis dengan ciri khas

7. Mengantung Tas dan Benda Lainnya

Gantungan tasGantungan tas Tsang Residence di Jakarta karya TAU Architect (Sumber: arsitag.com)
 

Selain menggantung peralatan dapur, Anda juga bisa menggantung benda-benda lainnya seperti tas, topi, dan payung agar tidak berantakan. Bahkan, gantungan tersebut bisa menjdai semacam dekorasi tersendiri yang akan mempercantik rumah Anda.

8. Merapikan Wardrobe

WardrobeWardrobe Na Residence di Solo karya AlvinT Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Ide sederhana yang terakhir untuk merapikan rumah Anda adalah dengan memperhatikan bagian wardrobe; khususnya Anda yang memiliki lemari pakaian yang terbuka. Jika pakaian yang ada di dalam lemari tidak tertata rapi, kesan berantakan akan sangat terlihat.

Merapikan rumah memang bukan hal yang mudah. Salah satu penyebab terbesarnya adalah rasa malas. Namun, beberapa cara di atas bisa Anda terapkan agar rumah Anda terlihat tidak berantakan. Rumah yang rapi akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Jadi, jangan biarkan rumah terlihat berantakan!

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda adalah seorang programmer di siang hari dan seorang penulis di malam hari. Ia pernah menjadi content marketer di Tokopedia, namun saat ini bekerja sebagai programmer di Kalbe Nutritionals. Menulis adalah bagian dari hidupnya selama bertahun-tahun. Dia juga telah menulis ratusan artikel untuk banyak blog dan majalah.