Cara Kreatif Menyusun Rak Pajangan Tanaman Hijau di Dalam Rumah

Cara Kreatif Menyusun Rak Pajangan Tanaman Hijau di Dalam Rumah | Foto artikel Arsitag

Rak tanaman produk dari Ikea,via housebeautiful.com
 

Menempatkan tanaman hijau di dalam ruangan merupakan solusi untuk menciptakan nuansa segar alami di dalam rumah. Anda dapat meletakkan pot tanaman di sudut ruangan, di atas meja, ataupun menggantungnya di dekat jendela. Namun, bagaimana jika Anda ingin menghadirkan cukup banyak pot di dalam rumah? Agar tanaman tersusun dengan rapi, rak pajangan menjadi pilihan yang tepat. Menariknya, tersedia banyak pilihan tipe rak pajangan untuk tanaman. Bahkan, dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menggunakan rak dari perabotan tak terpakai, lho.

Namun, apakah Anda merasa bosan dengan desain rak pajangan tanaman yang begitu-begitu saja? Jika iya, berikut adalah beberapa cara kreatif yang bisa menjadi referensi untuk Anda menyusun rak pajangan tanaman hijau di dalam rumah.

1.Bersama Ornamen Pajangan Lain
Foto oleh Slava Keyzman, via unsplash.com

Foto olehSlava Keyzman,via unsplash.com
 

Tujuan Anda meletakkan tanaman hijau di dalam ruangan tentunya sebagai elemen pemercantik interior. Oleh karena itu, cobalah menata tanaman hijau di atas rak bersama dengan pajangan lain. Trik ini merupakan kombinasi yang tepat untuk memberikan tampilan yang tidak monoton. Kemudian, desain rak tanaman dengan penyusunan yang tepat, agar menampilkan pemandangan yang harmonis. Anda perlu mempertimbangkan ukuran tanaman agar tidak terkesan penuh di satu sisi.

2.Padu Padan Tanaman di Rak Buku
Foto oleh Pawel Czerwinski, via unsplash.com

Foto olehPawel Czerwinski,via unsplash.com
 

Rak buku tentu sudah sangat umum dijumpai di dalam rumah. Akan tetapi, rasanya akan sangat membosankan jika hanya menyaksikan susunan buku saja di sana. Lantas, mengapa tidak Anda coba memadupadankan dengan tanaman hijau? Bebaskan kreasi Anda dengan meletakkan pot tanaman di antara buku atau meletakkan tanaman juntai di rak teratas. Efek juntaian tanaman akan sangat estetik secara visual ketika berpadu dengan susunan buku tersebut.

3.Susunan Estetik dengan Rak Lemari Kayu Bekas
Foto oleh Manja Vitolic, via unsplash.com

Foto olehManja Vitolic,via unsplash.com
 

Punya rak lemari kayu yang sudah tak terpakai? Manfaatkan laci penyimpanannya sebagai rak dinding untuk tanaman. Akan semakin cantik lagi jika Anda menyusunnya bersama pajangan lain, seperti lukisan atau hiasan dinding. Jenis tanamannya sendiri bisa disesuaikan dengan dimensi rak agar tampak seimbang.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Mungil Bergaya Skandinavian yang Minimalisvia Liputan6.com
 

4.Menyusun Rak Menjadi Layer
Indoor plant design karya Huy Phan, via unsplash.com

Indoor plant design karyaHuy Phan,via unsplash.com
 

Tak harus menggunakan satu jenis rak, gunakan beragam jenis atau bentuk rak untuk meletakkan tanaman hijau di rumah. Asyiknya lagi, dengan menggunakan beberapa jenis rak, Anda bisa menyusun tanaman menjadi beberapa layer dan tingkat. Sebagai contoh, tanaman yang lebih tinggi dan daun lebar diletakkan di sisi belakang, sedangkan tanaman kecil pada rak di depannya. Tampilan yang dinamis akan jauh dari kesan monoton.

5.Rak Pajangan Tanaman Tingkat yang Elegan
Rak tanaman karya Huy Phan, via unsplash.com

Rak tanaman karya Huy Phan,via unsplash.com
 

Rak tingkat menjadi solusi yang tepat untuk meletakkan banyak jenis tanaman di ruangan yang sempit. Tempatkan ide rak tanaman ini di sudut ruang atau sisi ruang yang kosong. Supaya terlihat elegan, sesuaikan jenis bahan material rak agar terlihat harmonis dengan perabotan yang ada di dalam ruangan.

6.Rak Gantung di Atas Meja Makan
Desain inovatif karya Arclinea, via home-and-garden.livejournal.com

Desain inovatif karyaArclinea,via home-and-garden.livejournal.com
 

Bagaimana dengan meletakkan rak pajangan tanaman di atas meja makan? Ide ini patut dicontoh apabila Anda menginginkan tampilan ruang makan yang lebih unik dan menarik. Gunakan tipe rak pajang yang menggantung di langit-langit ruangan. Sedangkan, jenis tanamannya bisa sangat beragam, dari yang berdaun lebar hingga yang menjuntai.

Baca juga: Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Desain Ruang Makan Minimalis
 

7.Berkreasi dengan Kesalahan
Rak dinding tanaman karya Christopher Griffin, via thursd.com

Rak dinding tanaman karyaChristopher Griffin,via thursd.com
 

Rak di bagian tengah pada gambar di atas terlihat tidak pada posisinya atau seperti terjatuh. Hal ini sebenarnya memang ketidaksengajaan. Tetapi sang perancang, Griffin justru melihatnya sebagai suatu keunikan, sehingga membiarkannya di posisi salah tersebut. Jadi, tak perlu terpaku pada kebiasaan jika hal-hal yang tidak biasa pun bisa terlihat unik.

8.Rak Pajangan Tanaman ala Frame Melayang
Rak pot tanaman melayang karya Mauro Canfori, via teepots.fr

Rak pot tanaman melayang karyaMauro Canfori,via teepots.fr
 

Rak tanaman karya Mauro Canfori ini terlihat sangat artistik. Rak dibuat menempel di dinding dan diberikan batas seperti bingkai. Alhasil, tanaman yang diletakkan di rak tersebut terlihat layaknya lukisan tiga dimensi. Oleh karena setiap rak terpisah antara satu dan lainnya, Anda dapat lebih bebas menyusunnya sesuai kesan yang ingin dihadirkan.

Apakah Anda kini terinspirasi untuk memasang rak tanaman dalam rumah? Manfaatkan berbagai referensi rak pajangan tanaman di atas untuk menghadirkan suasana ruangan yang lebih segar dan baru. Sesuaikan ukuran rak dan pot tanaman dengan kebutuhan ruang yang Anda miliki. Jangan lupa, tentukan tema khusus supaya menghasilkan tampilan yang lebih memikat. Selamat berkreasi!

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.