Desain Apartemen Industrial di Sao Paolo yang Berkarakter dan Stylish

Desain Apartemen Industrial di Sao Paolo yang Berkarakter dan Stylish | Foto artikel Arsitag

Desain apartemen industrial karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com
 

Ingin mengubah tampilan apartemen studio Anda? Memiliki apartemen studio memerlukan kreativitas saat menata ruangannya agar terlihat lebih nyaman, berkarakter, dan stylish. Ukurannya yang terbilang mungil membuat Anda harus lebih bijak saat memilih gaya desain serta menggunakan furnitur yang tepat. Jangan sampai ukurannya yang mungil malah membuatnya semakin terasa sesak karena kesalahan dalam proses desain.

Saat itulah diperlukan tugas seorang desainer interior dalam merancang sebuah ruang. Sebuah apartemen kecil pun memerlukan seorang desainer agar tercipta ruangan yang sesuai dengan karakter penghuninya.

Mona Singal, arsitek dari Rua 141, berkolaborasi dengan arsitek Rafael Zalc dalam desain sebuah apartemen studio di Sao Paulo, Brasil. Apartemen ini memerlukan tata letak baru dengan luas hanya 50 meter persegi. Desainnya yang kental akan unsur industrial membuatnya tampil elegan dan stylish walaupun memiliki luas yang terbatas. Penasaran seperti apa desain apartemen industrial ini? Yuk, kita lihat bersama!

Dinding Beton dan Lantai Kayu
Dinding beton karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com

Dinding beton karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com
 

Gaya industrial terkenal sebagai gaya yang mengekspos berbagai tekstur, terutama tekstur yang masih mentah dan kasar. Seperti desain apartemen ini yang menghadirkan dinding dari beton dan lantai berbahan dasar kayu. Material ekspos ini berpadu dengan perabotan metal dan penggunaan skema warna monokrom. Perpaduan ini menghasilkan tampilan dan kesan unfinished yang sangat khas.

Meja Custom yang Berfungsi Juga Sebagai Kursi Makan
Meja dan kursi kayu custom karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com

Meja dan kursi kayu custom karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com
 

Salah satu furnitur yang unik di apartemen ini adalah keberadaan meja sekaligus kursi kayu custom yang memiliki fungsi ganda. Meja kayu ini dibuat khusus agar dapat juga berfungsi sebagai kursi makan minimalis yang melayang di samping jendela besar. Unik banget, ya?
 

Baca juga: Desain Hunian Super Mungil 13 Meter Persegi yang Kompak dan Nyaman
 

Furnitur Metal dan Kayu
Furnitur rustic interior karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com

Furnitur rustic interior karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com
 

Pada desain industrial, minimalkan penggunaan komponen plastik dan beralihlah pada unsur metal dan elemen kayu yang sangat khas dengan gaya industrial. Bahan metal dan kayu ini dipadukan secara sempurna pada meja dapur serta kursi mini bar yang kental akan unsur rustic. Desainer menggunakan kayu solid untuk permukaan kitchen island yang juga berfungsi sebagai mini bar mungil. Guratan asli dari kayu yang unik pun seperti menambah karakter pada desain industrial elegan ini.

Lampu Unik Berbentuk Pipa Tak Beraturan
Lampu gantung unik ruang makan karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com

Lampu gantung unik ruang makan karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com
 

Penggunaan lampu sangat esensial untuk memberikan tampilan dan kesan industrial. Interior industrial stylish ini menggunakan desain lampu gantung yang sangat unik, berupa pipa meliuk tak beraturan yang berada tepat di atas meja makan. Tak hanya dekoratif, lampu gantung ini pun menjadi poin utama yang semakin memperjelas tampilan industrial pada apartemen mungil ini.

Rak Besi Multifungsi
Rak besi karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com

Rak besi karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com
 

Untuk membagi ruangan pada apartemen studio memang dibutuhkan ide yang cerdas dan cermat. Salah satunya adalah unit rak berbahan dasar besi ulir yang berdiri dari lantai hingga ke langit-langit ruangan. Rak ini tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tetapi juga sekaligus menjadi pemisah antara ruang tamu dan kamar tidur. Desainnya yang terbuka pun membuat ruangan terasa lebih lapang.
 

Baca juga: Desain Rumah Mewah Karya Andramatin dengan Gaya Industrial Minimalis Super Keren
 

Pentingnya Jendela Untuk Pencahayaan Alami
Jendela besar desain interior karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com

Jendela besar desain interior karya Rua 141 + Rafael Zalc, via design-milk.com
 

Satu hal penting lainnya dalam desain industrial adalah pencahayaan yang maksimal dengan jendela berukuran besar. Apartemen studio ini pun memaksimalkan cahaya yang masuk pada siang hari. Sementara, penataan lampu saat malam hari menggunakan lampu bercahaya redup atau kuning.

Menarik banget, ya? Apakah Anda juga terinspirasi untuk mengaplikasikan desain apartemen industrial ini ke dalam hunian pribadi Anda?

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.