Desain Interior Apartemen Mungil di Paris dengan Earthy Tone yang Adem nan Elegan

Desain Interior Apartemen Mungil di Paris dengan Earthy Tone yang Adem nan Elegan | Foto artikel Arsitag

Desain interior apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Di perkotaan besar, para arsitek semakin sering menghadapi tantangan yang terbilang cukup sulit terkait rancangan hunian di lahan terbatas. Salah satunya, bagaimana merancang apartemen mungil yang lega dan nyaman dihuni. Di tangan arsitek asal Paris, Philippe Harden, tantangan tersebut bisa ditaklukkan dengan hasil yang sangat memuaskan. Sang arsitek sukses mengerjakan desain interior apartemen yang tak sekadar minimalis, tetapi juga adem dan elegan.

Tertarik untuk melihatnya? Mari mengulik bersama bagaimana Philippe Harden mengubah setiap meter apartemen mungil di Paris seluas 55 meter persegi dengan sentuhan earthy tone yang adem nan elegan!

Desain Interior Apartemen dengan Ruang Keluarga Bernuansa Earthy Tone
Desain interior ruang keluarga apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com

Desain interior ruang keluarga apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Ruang keluarga sepertinya mendapat perhatian khusus Philippe Harden. Ruang keluarga yang menempati area paling luas, dirancang agar menjadi pusat kegiatan yang nyaman bagi penghuni apartemen. Desain interior ruang keluarga dibuat sangat kental dengan earthy tone yang melibatkan warna hijau, warna cokelat kayu, dan warna putih tua sebagai latar belakangnya. Keberadaan beragam warna dalam kelompok earthy tone ini menghasilkan desain interior apartemen bernuansa adem dan terkesan dekat dengan alam.

Desain ruang keluarga apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com

Desain ruang keluarga apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Melengkapi warna-warna earthy tone, furnitur yang dipilih untuk ruang keluarga adalah furnitur serbaguna. Mulai dari meja kopi bulat mungil, lampu berdiri, kursi santai, dan sebuah sofa minimalis. Dalam pemilihan furnitur, desainer menyarankan untuk lebih menekankan pada insting ketimbang terpaku pada aturan-aturan. Insting akan membuahkan nuansa ruangan yang lebih nyaman, dan tidak kaku. Tak lupa, sebuah cermin berukuran cukup besar ditambahkan untuk menciptakan visual ruang yang lebih luas.

Desain interior earthy tone apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com

Desain interior earthy tone apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Salah satu bagian yang menarik pada desain interior apartemen ini adalah sisi dinding ruang keluarga yang dibuat berceruk dengan perapian gas modern. Dinding berceruk dicat dengan warna hijau yang tampak serasi dengan warna cokelat dari lantai kayu. Khusus pada sisi-sisi dinding berceruk, warna hijau gelapnya menjadi kontras yang menarik pandangan. Warna hijau gelap ini menciptakan efek kedalaman sekaligus daya tarik visual.

Baca juga: Inspirasi Desain Bergaya Maroko yang Unik dan Penuh Warna via Hipwee.com
 

Meja Makan di Sudut Ruang Keluarga
Desain interior ruang makan apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com

Desain interior ruang makan apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Meskipun ruang keluarga menempati area yang paling luas, namun tak semuanya dimanfaatkan sebagai ruang keluarga. Satu set kursi dan meja makan ditempatkan di salah satu sudut yang menandai area ini sebagai ruang makan. Bentuk meja makan bulat menjadi pilihan agar tak memakan banyak tempat.

Tanpa menambahkan sekat apapun, ruang makan dibuat terhubung dengan ruang keluarga. Konsep terbuka ini menjadikan ruangan terlihat lebih lega. Ditambah lagi, dengan adanya jendela-jendela berukuran besar yang menerangi setiap area sehingga tak ada kesan sumpek.

Lampu Dinding Artistik di Ruang TV
Desain interior dan lampu dinding apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com

Desain interior dan lampu dinding apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Ruang TV menempati ruangan yang awalnya digunakan sebagai dapur. Ruang TV yang dibuat terpisah dari ruang keluarga memungkinkan penghuni apartemen memiliki privasi. Ruang bersantai ini menyediakan tempat “bersembunyi” saat tamu berdatangan dan memenuhi ruang keluarga.

Adapun, furnitur utama di ruang TV adalah sebuah sofa yang nyaman dan bisa beralih fungsi menjadi tempat tidur tamu. Selain sofa yang berukuran cukup besar, ruang TV tampak elegan berkat lampu dinding yang memancarkan cahaya kedua sisi, atas dan bawah. Lampu dinding seperti ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat tempat sekaligus sebagai dekorasi ruangan.

Pintu Geser yang Rapi dan Hemat Ruang
Desain pintu geser apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com

Desain pintu geser apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Pintu berengsel membutuhkan ruang untuk ayunan daun pintu. Namun, mengingat ukuran apartemen yang mungil, desainer memilih untuk tidak menggunakan model pintu berengsel. Sebagai gantinya, sang arsitek memutuskan untuk memasang model pintu geser. Tak hanya menghemat ruang saja, model pintu geser seperti ini membuat desain interior apartemen jadi lebih rapi. Saat terbuka penuh, daun pintu geser akan menghilang ke kompartemen di dinding yang berdekatan. Pilihan yang cerdas, bukan?

Baca juga: Mari Cermati Detail Elegan Desain Interior Minimalis Modern Karya Fine Team Studio
 

Desain Interior Apartemen Mungil dengan Lantai Kayu di Setiap Ruangan
Desain interior apartemen dengan lantai kayu, karya Philippe Harden via Remodelista.com

Desain interior apartemen dengan lantai kayu, karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Menekankan desain interior earthy tone, Philippe Harden memilih material yang sama untuk lantai di setiap ruangan, yakni lantai kayu dengan motif dan warna natural. Di dapur, lantai kayu cokelat natural dipadukan dengan kabinet-kabinet earthy tone. Warna batu natural dipakai untuk kabinet-kabinet bawah, sementara warna putih tua untuk kabinet-kabinet bagian atas. Sekali lagi, perpaduan beberapa warna dalam kelompok warna earthy tone ini telah berhasil membuat dapur apartemen terasa adem sekaligus elegan.

Kemewahan nan Elegan di Kamar Mandi Mungil
Desain interior kamar mandi apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com

Desain interior kamar mandi apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Kamar mandi menjadi ruangan paling kecil di apartemen mungil ini. Tetapi, bukan berarti desain interior kamar mandi diabaikan. Justru, sang arsitek memberikan sentuhan yang istimewa dengan memilih material mewah untuk kamar mandi. Dengan ukuran yang kecil, tentu saja jumlah material mewah yang dibutuhkan untuk kamar mandi tak akan menguras kantong.

Adapun, material yang dipilih untuk dinding dan wastafel adalah marmer marquina natural hitam dan putih. Material ini dipadukan dengan material kaca, baja berlapis, kuningan, dan bola lampu bulat yang berukuran cukup besar. Material-material pilihan ini telah berhasil membuat kamar mandi mungil ini tampak sangat istimewa, mewah, dan elegan.

Denah apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com

Denah apartemen karya Philippe Harden via Remodelista.com
 

Nah, jika Anda ingin memiliki apartemen mungil lantai kayu yang adem nan elegan, desain interior apartemen dengan nuansa warna dari kelompok earthy tone ini bisa menjadi inspirasi. Ukuran apartemen bukan lagi halangan. Arsitek Philippe Harden telah mencontohkannya dengan hasil yang sangat memuaskan. Dan tentu saja, masih banyak pilihan warna lain dari kelompok earthy tone yang bisa dipilih. Anda bisa mengeksplorasi lebih jauh bersama arsitek kepercayaan Anda!

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.