Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Ukuran Kecil Yang Sederhana

Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Ukuran Kecil Yang Sederhana | Foto artikel Arsitag

Kamar tidur adalah tempat bagi kita untuk beristirahat setelah beraktifitas seharian. Maka, penting sekali untuk memperhatikan desain interior kamar tidur untuk kenyamanan saat beristirahat. Interior kamar tidur perlu disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya sendiri. Tak mengapa jika Anda memiliki kamar tidur yang kecil. Ada beragam inspirasi desain interior kamar tidur yang bisa diikuti untuk membuat kamar tidur berukuran kecil menjadi tampak menawan.

Desain kamar tidur anak

Meskipun masa kanak-kanak cukup singkat, tidak ada salahnya Anda mendesain kamar yang mengesankan bagi memori masa kecil putera-puteri kesayangan Anda. Bagi anak yang masih balita, Anda bisa mencoba desain kamar tidur anak bergaya Montessori.

Prinsip utama dalam mendesain kamar tidur anak Montessori yaitu membiarkan anak menentukan pilihannya sendiri. Lemari pakaian dan mainan ditaruh di tempat yang mudah dijangkau anak. Tujuannya yaitu agar anak dapat meraih dan memilih pakaiannya sendiri. Tempat tidur pun harus dibuat mudah bagi balita untuk naik dan turun sendiri.

Tempat tidur anak (Sumber: howwemontessori.com)

Tempat tidur anak (Sumber: howwemontessori.com)

Untuk anak yang lebih besar, prinsipnya tidak jauh berbeda dengan itu. Biarkan anak memilih sendiri seperti apa kamar tidur yang diinginkannya sesuai dengan karakternya sendiri. Akan tetapi, anak yang lebih besar tentu memiliki kebutuhan yang tidak sama seperti balita.

Tempat tidur anak (Sumber: home-designing.com)

Tempat tidur anak (Sumber: home-designing.com)

Desain kamar tidur romantis

Kamar tidur romantis bagi kedua orangtua pun tidak kalah pentingnya. Desain kamar tidur yang tepat mampu membangkitkan mood romantis bagi pasangan sehingga keharmonisan rumah tangga tetap terjaga.

Pangkalan Jati House karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Pangkalan Jati House karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Tirai blackout merupakan kunci dalam mendesain kamar tidur romantis. Setiap jendela perlu memiliki tirai tebal berwarna gelap ini untuk menutup dunia luar dan Anda bisa berlama-lama berada di tempat tidur. Juga jangan ragu untuk membeli tempat tidur yang besar dan nyaman dengan kesan mewah demi keromantisan Anda dan pasangan.

Desain kamar tidur ukuran 2x3 dan desain kamar tidur ukuran 3x3

Kamar tidur berukuran kecil dapat menjadi terlihat menawan dengan desain yang tepat. Untuk desain kamar tidur ukuran 2x3 meter dan desain kamar tidur ukuran 3x3 meter, menggunakan warna-warna cerah akan memantulkan cahaya dan memberi efek terlihat lebih luas. Pilihlah furnitur dengan model minimalis untuk kamar tidur ukuran 2x3 ini untuk menghindari kesan penuh dan sesak pada ruangan. Meja lipat atau kasur yang dapat dimasukkan ke dalam lemari saat sedang tidak digunakan juga bisa menjadi pilihan.

Baca juga60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022

Interior kamar tidur (Sumber: www.rumahminimalisbagus.com)

Interior kamar tidur (Sumber: www.rumahminimalisbagus.com)

Desain kamar tidur minimalis ukuran 3x4

Untuk kamar tidur berukuran 3x4 meter, Anda bisa mendekorasinya dengan menaruh tempat tidur dan lemari pakaian di masing-masing sudut ruangan. Hiasan dinding seperti foto, lukisan, atau wall sticker dapat digunakan untuk membuat tampilan kamar tidur minimalis ukuran 3x4 Anda semakin cantik dan indah dilihat. Sesuaikan hiasan dengan warna kamar.

Interior kamar tidur cantik (Sumber: instagram.com/micasa.design)

Interior kamar tidur cantik (Sumber: instagram.com/micasa.design)

Desain kamar tidur sederhana dan murah

Anda juga bisa mendekorasi kamar tidur Anda tanpa harus membuat dompet menjadi tipis. Anda bisa menghemat lebih banyak uang dengan membeli furnitur bermerk yang sedang diskon atau promo. Jika Anda memiliki cukup waktu luang dan keahlian, Anda bisa membuat ranjang atau lemari sendiri. Anda juga dapat mendaur ulang kayu-kayu bekas yang sudah tidak terpakai atau mengecat ulang perabot-perabot lama.

Cobalah pergi ke gudang Anda dan temukan apakah ada sesuatu yang bisa didaur ulang untuk mempercantik kamar tidur Anda. Seperti sandaran tempat tidur berikut yang terbuat dari pintu bekas. Tetap terlihat elegan, bukan?

Sandaran tempat tidur dari pintu bekas (Sumber: hgtv.com)

Sandaran tempat tidur dari pintu bekas (Sumber: hgtv.com)

Baca Juga:

Serba Serbi Menata Kamar Tidur Mungil

6 Ide Brilian Mengakali Kamar Tidur Kecil

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."