Tips Memilih Dekorasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur

Tips Memilih Dekorasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur | Foto artikel Arsitag

Desain kamar tidur karya DP+HS Architects,via arsitag.com

Sebagai area privat, kamar tidur selayaknya dirancang demi menciptakan suasana yang kondusif untuk penghuninya beristirahat. Guna mencapai tujuan tersebut, penataan rapi tempat tidur, meja, dan perabot menjadi suatu keharusan. Selain itu, Anda dapat menambahkan beberapa aksesoris mulai dari lilin aromaterapi hingga tanaman hias agar suasana nyaman lebih terbangun.

Ya, tanaman merupakan pengisi kamar tidur yang menarik. Selain bisa meningkatkan nilai estetika, tanaman juga dipercaya bisa menyegarkan udara di dalam ruangan. Namun, apakah semua tanaman hias cocok diletakkan di kamar tidur? Jika Anda memiliki pertanyaan yang sama, berikut ini adalah tips memilih dekorasi tanaman hias yang cocok untuk kamar tidur Anda.

1. Pilih Tanaman Indoor
Foto kamar tidur, oleh Chesley McCarty, via unsplash.com

Foto kamar tidur, olehChesley McCarty,via unsplash.com
 

Hal paling utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih tanaman hias untuk kamar tidur adalah jenisnya. Perlu diingat, bahwa tanaman pada hakikatnya tumbuh di ruang luar. Namun begitu, ada beberapa jenis tanaman yang memang mampu beradaptasi dengan lingkungan dalam ruang atau biasa disebut indoor plant. Umumnya, tanaman tergolong indoor plant karena secara alami tidak membutuhkan banyak cahaya matahari. Beberapa contoh tanaman yang tergolong Indoor Plant ini ialah seperti sansevieria, philodendron, monstera, dan sirih gading.

2. Dimensi Tanaman yang Tepat
Foto kamar tidur bergaya bohemian, oleh Timothy Buck, via unsplash.com

Foto kamar tidur bergaya bohemian, olehTimothy Buck,via unsplash.com
 

Dalam desain, keseuaian dimensi adalah faktor yang patut dipertimbangkan. Memilih tanaman untuk kamar tidur pun demikian. Pilihlah tanaman yang memiliki dimensi atau ukuran yang seimbang dengan besarnya kamar. Jangan sampai keberadaan tanaman justru mendominasi, sehingga bukannya kamar terlihat cantik tetapi malah terkesan sumpek.
 

Baca juga: Inspirasi Cara Mendesain Lanskap dalam Rumah yang Cantik
 

3. Tanaman yang Berkarakter
Foto oleh Blake Carpenter, via unsplash.com

Foto olehBlake Carpenter,via unsplash.com
 

Tanaman berkarakter yang dimaksudkan di sini ialah tanaman yang memiliki bentuk khas dan dominan. Sebut saja palem mini seperti foto di atas. Karakter daun yang menyirip terlihat sangat khas dan menjadi dominan ketika dijadikan tanaman dekorasi kamar tidur. Tanaman dengan karakter seperti ini juga membuat ruangan yang sederhana menjadi lebih semarak. Kesan asri pun terasa lebih kuat dengan mempertimbangkan peletakkan yang tepat.

4. Tanaman yang Tidak Berbahaya
Foto kamar tidur, oleh Luiz Cent, via unsplash.com

Foto kamar tidur, olehLuiz Cent,via unsplash.com
 

Memilih tanaman yang tidak berbahaya alias aman juga harus menjadi perhatian. Tanaman berduri misalnya, sebaiknya dihindari untuk diletakkan di dalam kamar tidur karena bisa membahayakan tubuh jika tidak sengaja tersenggol. Apalagi, jika kamar tidur diisi oleh anak-anak.

Selain faktor fisik yang terlihat, beberapa tanaman juga berbahaya karena faktor internal seperti mengandung racun. Tanaman yang bisa beracun jika tertelan ini harus dihindari jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah. Oleh karena itu, pastikan untuk menggali informasi terlebih dahulu sebelum memilih tanaman hias indoor.

5. Tanaman yang Mudah Perawatannya
Foto oleh Beazy, via unsplash.com

Foto olehBeazy,via unsplash.com
 

Tanaman yang bisa tumbuh di dalam ruang umumnya merupakan tanaman yang tidak membutuhkan perawatan intensif. Contohnya soal penyiraman, karena berada di udara tertutup dan minim cahaya matahari, maka tanaman tidak perlu disiram terlalu banyak. Hal yang mungkin harus menjadi perhatian untuk perawatan ialah soal kebersihan. Tanaman indoor biasanya mudah berdebu sehingga harus rutin dibersihkan agar udara di dalam kamar tidur tetap terasa segar.
 

Baca juga: Tips Menyiram Tanaman Hias Anda Secara Tepat dan Efektif
 

6. Daun Bercorak
Foto oleh Sonnie Hiles, via unsplash.com

Foto olehSonnie Hiles,via unsplash.com
 

Memilih daun dengan corak khusus bisa menjadi pilihan jika kamar tidur Anda tergolong minim corak atau tekstur. Keberadaan corak pada daun tanaman bisa menjadi bagian dari dekorasi dan membuat kamar tidur tidak terlihat membosankan.  Berbeda jika kamar tidur sudah didominasi oleh corak seperti pada dinding atau perabot, maka tanaman dengan daun tanpa corak bisa menjadi pilihan paling tepat. Namun, semua kembali lagi pada konsep dan visual yang Anda inginkan.

7. Tanaman Hias Bunga
Foto bunga dalam pot, oleh Susan Wilkinson, via unsplash.com

Foto bunga dalam pot, oleh Susan Wilkinson,via unsplash.com
 

Pada umumnya, tanaman indoor adalah tanaman hias daun, bukan bunga. Tapi jika ingin menghadirkan tanaman hias yang berbunga, maka anggrek adalah pilihan menarik. Tanaman anggrek yang memiliki bunga cantik kerap menjadi favorit sebagai tanaman indoor karena bisa meningkatkan keindahan tampilan ruang. Untuk kamar tidur, anggrek juga sangat cocok karena memberi kesan romantis nan menenangkan.

Banyak pilihan tanaman hias untuk kamar tidur, tetapi Anda sebaiknya memilih dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas. Selain itu, pastikan juga bahwa tanaman hias yang dipilih harmonis dengan desain interior kamar tidur itu sendiri.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.