5 Ide Desain Interior Untuk Apartemen Tipe Studio atau Full Furnish Anda

Bangunan apartemen sudah semakin umum di negara kita Indonesia.  Meski apartemen  kebanyakan berdiri di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang dan beberapa kota besar yang lain, ternyata masih banyak yang belum mengetahui bahwa pada umumnya apartemen mempunyai 5 gaya desain interior dasar. Pada perkembangannya memang desain tersebut berkembang lagi, tetapi 5 desain interior tersebut masih banyak digunakan oleh para desainer apartemen.  Apalagi, saat ini jasa desain interior apartemen semakin banyak sehingga semakin inovatif pula model desain yang ditawarkan.

Berikut adalah 5 desain interior apartemen yang bisa anda implementasikan:

1. Desain Klasik cocok untuk Full Furnish

Desain klasik (Sumber: leorafurniture.co.id)

Desain ini lebih banyak disukai oleh orang, berkesan mewah, dan unik mendominasi sebuah apartemen jika digunakan.  Desain ini biasanya menggunakan furnitur kayu yang diukir atau dihias sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan seni tinggi.  Tiap furnitur juga diberikan polesan pernis elegan sehingga menambah betah penghuni apartemen dengan desain klasik.  Untuk perabot lain seperti tempat tidur juga menggunakan model-model yang cenderung menimbulkan kesan seni yang bernilai tinggi.

2. Desain Modern, cocok bagi pecinta teknologi

Desain modern (Sumber: leorafurniture.co.id)

Berbeda dengan desain klasik, desain ini lebih menonjolkan identitas modernitas kota besar.  Menggunakan perpaduan warna-warna terang, baik dari furnitur maupun pencahayaan dari sinar lampu yang yang mewah, desain ini cocok sekali buat penggemar teknologi.  Unsur teknologi bisa juga ditangkap lewat peralatan elektronik seperti televisi yang ditemani dengan home theater di depannya. Desain di atas adalah desain ruang tamu apartemen. Desain seperti ini dapat anda temui di sini.

3. Desain Scandinavian, cocok untuk tipe studio

Desain scandinavian (Sumber: leorafurniture.co.id)

Di Indonesia desain Scandinavian menjadi tren sekitar tiga tahunan belakangan ini.  Ciri dari desain ini sangat unik, tetapi sekaligus mempesona saat diamati. Model desain yang terkesan simple, tetapi mengombinasikan unsur modern dan juga mewah di dalamnya.  Kesan ini timbul karena scandinavian menggunakan furnitur kayu mewah. Ciri khas lain dari desain ini adalah adalah kombinasi warna terang yang menggunakan kaki kayu berbentuk miring dan berdiameter kecil.

4. Desain Modern Minimalist, cocok untuk tipe apa saja

Gaya desain ini paling banyak disukai saat ini.  Desain ini menggunakan furnitur sederhana yang bisa menciptakan fungsi ruang yang lebih luas sekaligus bisa menghemat pengeluaran.  Meski demikian, desain ini tak kalah indah dibanding dengan desain apartemen yang lain.  Faktor kenyamanan juga ditekankan dalam desain apartemen minimalis ini.

5. Desain Family

Desain kamar anak (Sumber: leorafurniture.co.id)

Berbeda dengan desain-desain sebelumnya, desain family lebih mengutamakan keinginan dari penghuninya. Penghuni apartemen bisa bebas berkreasi untuk menambahkan atau mengurangi perabot-perabot di dalamnya selama hal tersebut bisa membuat mereka senang dan nyaman.  Penggunaan warna bisa menyesuaikan dengan penghuninya. Jika mereka menginginkan warna pink seperti gambar di atas, boleh-boleh saja.

Pada tiap-tiap desain di atas, juga mempunyai perbedaan pada desain kamar mandi apartemen.  Untuk desain kamar mandi pada tiap-tiap desain apartemen di atas, masih berpegang pada prinsip-prinsip dasar di atas.  Sebagai contoh, untuk desain modern, pada kamar mandinya tentu juga akan menonjolkan unsur-unsur modernitas di dalamnya.  Beberapa kamar mandi modern bahkan menggunakan perintah suara untuk mengeluarkan air dan untuk menghentikannya.  Memang ruang untuk penggunaan kamar mandi di apartemen terbilang cukup kecil dibanding dengan ruang lainnya, tetapi selama fungsi kamar mandi terpenuhi, maka hal tersebut tidak menjadi suatu masalah yang besar.

Mau lihat desain apartemen dari arsitek dan desainer interior handal? Arsitag.com menyediakan ribuan pilihan di sini.

Baca juga:

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts