Desain Terbaru Denah Rumah Minimalis Sederhana untuk Kamar Tidur, Ruang Tamu, dan Garasi

Rumah merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi bagi setiap orang. Rumah, selain bisa melindungi penghuninya dalam kondisi panas maupun hujan, juga merupakan tempat untuk berkumpul bersama anggota keluarga lainnya sehingga rumah selalu terkesan hangat. Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi idaman setiap orang, terutama yang sudah memiliki pasangan. Namun, untuk pasangan yang baru menikah dan masih sangat muda, impian untuk bisa memiliki rumah seringkali terkendala dengan permasalahan dana. Hal ini memang wajar sekali lantaran pasangan muda pastilah baru merintis kehidupan berumah tangga dan merintis persiapan keuangannya.

Harga rumah setiap tahun memang meningkat secara signifikan sehingga memiliki rumah kerap hanya bisa menjadi angan-angan. Meski begitu, kini perbankan telah memudahkan banyak orang dengan menyediakan produk KPR sehinga membeli rumah pun bisa dengan cara mencicil. Dengan bantuan KPR dari bank, impian untuk bisa memiliki rumah pun bisa semakin dekat. Jangan lupa untuk memikirkan desain rumah yang diinginkan sehingga nantinya rumah yang dibangun memang atas keinginan Anda berdua.

Biasanya para pasangan baru cenderung memilih tipe rumah yang cenderung mungil, paling tidak dengan 2 kamar. Hal ini lantaran selain harganya lebih terjangkau, Anda berdua juga belum butuh terlalu banyak kamar karena belum memiliki anak, bukan? Untuk itu, berikut ini ada beberapa contoh foto & gambar denah rumah sederhana yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk rumah impian Anda berdua:

1. Rumah minimalis yang memegang semua fungsi

Contoh denah rumah minimalis Oma Indah Kapuk karya Rakhmat Gunawan (Sumber: arsitag.com)

Denah rumah sederhana 2 kamar tidur ini adalah yang pertama yang bisa Anda jadikan panduan. Tanah yang dibutuhkan dengan desain ini pun tidak terlalu luas sehingga bisa diakali dengan menyediakan cukup 2 kamar tidur saja. Meski begitu, Anda tetap bisa menyisakan sedikit lahan untuk bisa membuat taman serta ruang nan hijau di rumah tersebut. Untuk sementara, jika memang belum memiliki anak, kamar yang satu bisa dipakai menjadi gudang terlebih dulu. Desain sederhana tanpa rumit, namun tetap apik, bukan?

2. Ingin punya taman di tengah rumah? Pakai desain ini

Rumah dengan taman tengah (Sumber: sembilantudio.com)

Suasana hijau nan asri selalu mampu memberikan kesegaran pada pikiran yang sedang carut marut karena berbagai masalah. Kini Anda bisa menghadirkan nuansa hijau tersebut di rumah jika mengikuti desain tersebut. Penempatan taman tidak melulu harus di luar, namun juga bisa dilakukan di dalam rumah, apalagi jika Anda mampu menambahkan gemericik dari suara air kolam yang akan mampu menyejukkan hati. Hal ini akan bisa menjadikan rumah terlihat semakin sempurna. Namun, untuk desain yang satu ini, Anda harus bisa mengorbankan satu kamar tidur sehingga hanya ada satu kamar saja di lantai pertama.

3. Apabila memiliki ruang lebih, tambahkan kamar mandi dengan bath tub

Kamar mandi dengan bath tub (Sumber: media.rooang.com)

Kamar mandi memiliki peran yang amat vital untuk segala kebutuhan kebersihan diri Anda. Untuk itu, tidak salah jika Anda ingin menambahkan ruang pribadi yang nyaman di kamar mandi, misalnya dengan menambahkan bath tub. Dengan adanya bath tub ini, pasti Anda dan pasangan jadi semakin rajin mandi. Tidak perlu ruangan terlalu besar juga untuk penambahan bath tub ini.

4. Ingin kamar tambahan? Bisa juga!

Rumah Tinggal di Semarang dengan 3 kamar tidur, 1 garasi, dan 2 carport karya Eko Sulistiyono (Sumber: arsitag.com)

Meski masih merupakan pasangan yang baru, namun tidak ada salahnya juga jika Anda menginginkan desain rumah yang agak lega dengan persediaan kamar lebih. Denah rumah sederhana 3 kamar tidur yang satu ini sangat bisa untuk diterapkan. Namun, jika Anda memiliki lahan yang terbatas dalam membuat ruangannya, Anda bisa mengakalinya dengan mempersempit beberapa bagian ruangan sehingga masih ada ruang untuk jenis ruangan lainnya. Meski agak kecil, namun kamar, dapur dan garasi semuanya tersedia sehingga sangat lengkap untuk berkumpul bersama keluarga.

5. Desain rumah yang berbeda bisa didapat dengan rumah berlantaikan kayu

Rumah berlantai kayu K-House Yogyakarta karya Arsatama Architect (Sumber: arsitag.com)

Lantai kayu akan membuat Anda merasa rumah terasa memiliki sensasi yang berbeda. Suasana hangat dan nyaman akan sangat terasa di rumah yang berlantaikan kayu. Denah rumah minimalis sederhana dengan lantai kayu yang satu ini sangat bisa untuk ditiru. Bisa terlihat jika penataannya sangat sederhana, namun tetap terkesan rapi dan optimal. Untuk pasangan baru, Anda juga tidak perlu banyak-banyak ruangan, yang terpenting adanya kamar, dapur, serta ruang tamu. Bagian garasinya bisa Anda tambahkan sendiri berupa garasi samping atau carport di depan.

 

6. Rumah dengan dua taman

Rumah dengan du ataman (Sumbertiperumah.com)

Memiliki rumah dengan taman nan hijau tentu menjadi impian banyak orang. Rumah yang dilengkapi dengan taman biasanya terlihat lebih asri dan juga hijau. Dengan warna hijau dari rumput dan tanaman yang Anda sediakan, pikiran akan terasa lebih tenang dan rileks selalu. Denah rumah sederhana 1 lantai dengan taman di bagian depan dan belakang rumah yang satu ini, akan sangat cocok untuk Anda. Dengan denah yang satu ini, meski Anda memiliki dua taman, tidak akan terlihat sesak.

7. Jika sudah memikirkan kamar untuk anak, Anda bisa menggunakan desain ini

Rumah dengan kamar anak yang mungil (Sumber: media.rooang.com)

Memiliki keturunan tentu menjadi impian ketika sudah berkeluarga. Memikirkan masa depan anak bisa dimulai dengan menyediakan satu kamar khusus untuk si kecil sebagai persiapan nantinya jika ia lahir. Untuk perencanaan hal ini, desain rumah yang satu ini akan sangat cocok digunakan. Desain rumah berikut ini memiliki warna dan model yang minimalis dan modern. Ruangannya sangat tertata meski hanya dengan luas lahan yang tidak begitu besar. Anda bahkan sudah memiliki taman rumah sendiri. Namun, untuk garasi, Anda bisa menambahkannya di bagian samping atau mengganti bagian taman depan rumah dengan carport untuk mobilnya.

Itulah 7 desain rumah minimalis dengan lantai 1 yang bisa Anda jadikan panduan dalam pemilihan denah rumah nantinya. Pikirkan juga sedari sekarang jika memang ada rencana untuk membuat rumah tersebut dengan 2 lantai sehingga untuk atap dan peletakan tangga nantinya bisa sambil direncanakan agar tidak diperlukan renovasi besar-besaran lagi ketika rencana tersebut akan diaktualisasi.

Demi bisa menjadikan rumah tertata dengan baik, nyaman,dan aman, ada baiknya jika Anda memikirkan untuk menggunakan jasa para arsitek sebagai penggagas ide. Anda tetap bisa memutuskan ide mana yang akan dieksekusi dalam hal ruang atau peletakan yang diinginkan meski menggunakan jasa arsitek. Namun, setidaknya semua rencana yang dibuat tersebut akan terstruktur dengan lebih rapi nantinya. Untuk jasa artitek yang direkomendasikan, Anda bisa memilih Arsitag yang berlokasi di Rukan Permata Senayan, tepatnya di Blok E33-35, Jalan Tentara Pelajar, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan. Anda juga bisa mengecek terlebih dulu website Arsitag untuk melihat portofolionya.

Baca juga:

Yu Sing, Arsitek Rumah Murah yang Sederhana dan Idealis

Model Desain Tampak Depan Rumah Minimalis 2 Lantai yang Mungil dan Modern

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts