Ide Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai Terbaru 2017-2018

Rumah merupakan kebutuhan untuk semua orang. Bukan hanya saat ini, sejak dulu pun salah satu kebutuhan primer yang utama adalah rumah, atau yang sering disebut sebagai “papan”. Hal ini lantaran semua orang butuh tempat untuk bernaung dan berlindung. Meski begitu, lahan yang semakin sempit dan harga tanah yang kerap melambung naik terutama di perkotaan menjadikan banyak masyarakat yang ingin memiliki rumah harus bisa memutar otak sehingga bisa memiliki rumah yang diimpikannya.

Jawaban dari permasalahan ini adalah dengan memiliki rumah minimalis. Rumah minimalis memang sedang populer belakangan ini sebagai jawaban dari kebutuhan rumah di pasaran yang meningkat drastis, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Desain rumah minimalis modern 2 lantai atau 1 lantai bisa dipilih sesuai anggaran Anda dalam pembangunan rumah tersebut. Untuk ide dan inspirasinya, Anda bisa melihat rumah-rumah sekitar Anda, desain di internet, hingga desain rumah di film-film kebanyakan.

Selain itu, perhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu sebelum membangun rumah minimalis untuk keluarga kecil Anda:

1. Ukuran tanah

Yang pertama dan sangat penting untuk dijadikan pertimbangan tentunya luas tanah yang Anda miliki. Untuk rumah minimalis, yang banyak digunakan adalah ukuran 36 meter persegi hingga 45 meter persegi. Dalam hal ini, sebetulnya Anda tidak perlu terlalu memusingkan luas tanahnya karena sekalipun ukuran tanah hanya 36 meter persegi saja, itu sudah cukup bisa menjadikan rumah yang bagus dengan 2 lantai sehingga tetap bisa terlihat lega.

2. Jumlah ruang

Mengingat rumah minimalis memiliki lahan yang terbatas, maka pemilihan ruang dan penataan juga wajib untuk Anda pikirkan dengan matang. Agar bisa lebih menghemat ruang, maka ada baiknya untuk membuat ruang dengan fungsi yang multifungsi sehingga semakin menghemat tempat.

3. Ukuran furnitur

Jangan lupa juga ukuran furnitur yang dipakai. Furnitur lawas dan terkesan klasik memang bagus, namun biasanya furnitur dengan gaya klasik memiliki ukuran yang sangat besar dan tinggi sehingga akan membuat ruang semakin sempit. Untuk itu, sesuaikan ukuran furniturnya dan jika perlu, Anda bisa memesan langsung kepada pengrajin sehingga ukuran bisa disesuaikan.

4. Penambahan aksesoris

Memiliki rumah minimalis bukan berarti Anda harus mengabaikan aksesoris di rumah Anda. Justru Anda harus semakin kreatif sehingga bisa membuat rumah minimalis terlihat semakin cantik, misalnya dengan memajang foto keluarga, vas bunga, pot bunga, hingga taman minimalis di depan atau belakang rumah agar rumah terlihat semakin lega.

Setelah mempertimbangkan dengan matang terkait gambaran dasarnya dari keempat hal tersebut, selanjutnya Anda bisa memulai dengan memilih-milih desain rumah Anda. Untuk ide desain depan rumah minimalis 2 lantai, Anda mungkin tertarik dengan rumah-rumah ala orang Eropa yang elegan yang pasti kerap Anda lihat di film-film. Gaya rumah tersebut selalu mampu mencerminkan kehangatan keluarga ketika ditempati. Anda juga bisa menjadikan rumah-rumah Asia yang cenderung kecil, namun tetap nyaman untuk ditinggali.

Untuk di Indonesia sendiri, rumah yang banyak laris manis adalah desain rumah minimalis 2 lantai type 36 lantaran harganya yang cukup terjangkau. Rumah-rumah dengan type 36 ini memang cenderung kecil sehingga butuh ide yang tepat untuk bisa mengaplikasikannya menjadi rumah yang terkesan lega dan nyaman. Kini sudah banyak model rumah minimalis type 36 yang juga tak kalah modern sehingga bisa untuk dijadikan inspirasi.

Rumah minimalis itu sendiri memiliki beberapa variasi, semisal saja desain rumah minimalis 2 lantai sederhana atau 1 lantai saja. Namun, untuk bisa mendapatkan kelegaan, Anda bisa memilih rumah dengan 2 lantai sehingga tetap ada ruang lebih di bagian lantai atasnya. Saat ini model rumah dengan 2 lantai untuk type 36 ini juga sudah banyak dikembangkan di perumahan masa kini sehingga bisa Anda jadikan pilihan. Tentunya untuk harga, rumah dengan 2 lantai pasti akan lebih mahal dibanding 1 lantai sehingga harus dipertimbangkan dalam anggarannya.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari rumah type 36 dengan 2 lantai, maka berikut ini ada beberapa desain eksterior yang bisa dijadikan panduan:

Dapat terlihat jika rumah tersebut memiliki warna putih yang terang sehingga menjadikannya terlihat lebih besar dari ukuran aslinya. Meski begitu tampilan rumahnya tetap cantik. Dari segi desain, rumah tersebut memiliki halaman yang cukup sehingga bisa memberikan tampilan nan segar dan kesan hijau asri. Anda bisa menanaminya dengan berbagai tumbuhan yang Anda sukai. Sedangkan untuk desain interior rumah minimalis 2 lantai dari ide tersebut juga sangat efisien dan tidak terlalu memakan ruang baik di atas maupun bawahnya.

Mungkin Anda berfikir untuk membuat rumah yang satu ini butuh lahan yang besar bukan? Padahal sama sekali tidak. Dengan desain tersebut, rumah terlihat sangat mewah dan besar bahkan bagian carport juga dapat menampung 2 mobil. Lihat juga bagian desain interiornya yang sangat sederhana dan mudah diikuti ketika pembangunannya. Yang terpenting dalam membuat desain rumah tentunya adalah kreativitas dalam mengolah ruang-ruang di dalamnya menjadi multifungsi seperti contoh tersebut.

Rumah minimalis dengan ide yang satu ini, memiliki desain yang modern dan banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Adanya penggunaan dinding rooster/krawang membuat sirkulasi aliran udara menjadi lancer sehingga rumah terasa lebih sejuk. Untuk ukuran taman depan rumah sendiri memang diperkecil, namun di belakang rumah juga bisa diberikan taman kecil sehingga meski rumah Anda mini, Anda tetap bisa memiliki 2 taman.

Bagi Anda yang berkesempatan untuk membangun rumah di ukuran tanah yang cukup besar yaitu lebih dari type 36, maka bisa juga dengan menggunakan desain tersebut. Dengan desain yang satu ini, Anda bisa muat untuk memasukkan 2 mobil sekaligus, satu di carport dan satu dalam garasi. Selain itu, bagian depan dan belakang rumah juga memiliki taman yang cukup besar. Namun, memang untuk desain yang satu ini butuh tanah yang agak lapang.

Rumah dengan 2 lantai memang lebih lega lantaran masih ada ruangan lebih di bagian lantai atasnya. Ini disebabkan oleh tersedianya 2 sampai 3 kamar tidur dengan garasi hingga taman sehingga sangat lengkap. Desain tersebut bisa Anda sederhanakan lagi menjadi lebih simple sesuai keinginan Anda. Untuk bisa mendesain rumah dengan tepat, ada baiknya Anda mempertimbangkan penggunaan jasa arsitek yang sudah berpengalaman.

Yang terakhir ni adalah salah satu contoh rumah minimalis unik karya Sontang Siregar. Rumahnya memang mini sekali, hanya 51 meter persegi luas totalnya, tetapi fungsinya optimal sekali karena perabotnya bisa dilipat sehingga ruang menjadi multifungsi.

Furnitur lipat di 51 SQM House karya Sontang Siregar

Dengan adanya dukungan dari arsitek, maka penghitungan bahan material, desain luar dan dalam, hingga pengukuran akan lebih tepat. Dengan begitu, Anda lebih bisa membangun rumah secara efektif dan efisien. Untuk pemilihan arsiteknya, kini Anda bisa mengeceknya secara online di website Arsitag. Namun, jika masih ragu, Anda bisa juga dengan datang langsung ke kantornya yang beralamat di Rukan Permata Senayan, Blok E33-35, tepatnya di Jalan Tentara Pelajar, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

 

Baca juga:

Model Desain Tampak Depan Rumah Minimalis 2 Lantai yang Mungil dan Modern

Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts