Jasa Arsitek Rumah Minimalis Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Belakangan ini pekerjaan arsitek adalah pekerjaan yang cukup populer di kalangan masyarakat. Ya, arsitek merupakan orang yang bekerja untuk mendesain rumah dan segala sesuatunya tentang bangunan. Seorang arsitek memiliki keahliannya sendiri dalam pembuatan konsep rumah yang berbeda dengan rumah lainnya. Desain, informasi material, rincian biaya pembangunan hingga segala hal yang detail pun akan diberitahukan oleh arsitek kepada kliennya. Jasa arsitek Jakarta dan kota besar lainnya kini juga kian berkembang sejak kebutuhan masyarakat akan profesi ini kian meningkat.

Ruang Pantry di kantor arsitek Sonny Sutanto Architects di Sunter, Jakarta (Sumber: arsitag.com)

Jika Anda berencana untuk menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah hunian Anda, maka Anda sebaiknya tahu cara memilih arsitek yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih arsitek yang sesuai, antara lain:

Berpengalaman

Pengalaman dalam dunia arsitektur seorang arsitek terkait harus menjadi pertimbangan yang terpenting untuk Anda. Kini banyak sekali yang menawarkan kemampuan dalam arsitekturnya, namun ternyata kemampuannya banyak juga yang masih diragukan. Untuk mengetahui apakah arsitek tersebut memiliki pengalaman atau tidak, maka Anda bisa melihat portofolio bangunan yang pernah dikerjakannya. Jasa arsitek rumah minimalis kini banyak dicari. Anda bisa melihat beberapa penawaran dari dunia maya, misalnya di Arsitag.

Survei lokasi

Setelah Anda menemukan arsitek yang sesuai, maka Anda juga perlu melakukan survei lokasi bangunan. Survei ini sangat diperlukan demi dapat memberikan gambaran kepada arsitek terkait rancangan yang akan dibuat beserta deskripsinya. Umumnya proses ini tidak hanya bisa dilakukan sekali, namun bisa juga butuh waktu lebih dari itu untuk peninjauan, apalagi untuk tipe-tipe bangunan yang komersil.

Baca juga: Membangun Rumah Tahap 4: Analisis Site/Tapak Bangunan

Ruang maket di kantor arsitek Han Awal & Partners di Bintaro, Jakarta (Sumber: arsitag.com)

Proposal konsep desain

Setelah arsitek memiliki pandangan terhadap rancangan bangunan dan memadukan dengan apa yang Anda mau, selanjutnya arsitek akan menyerahkan proposal untuk konsep desainnya yang memerlukan persetujuan Anda. Proposal ini umumnya hanya berisikan gambar denah dan fasad saja. Jika Anda sebagai kliennya merasa tidak sreg dengan bentuknya, akan bisa dilakukan pengubahan sampai menemukan konsep yang paling tepat.

Baca juga: Membangun Rumah Tahap 6: Konsep Desain

Kontrak kerja

Setelah konsep terselesaikan, harga yang diajukan biasanya juga sudah dilampirkan di dalamnya. Pastikan membaca kontrak dengan detail dan ketahui hak apa yang Anda dapatkan. Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa biaya/tarif jasa arsitek rumah, bukan? Biaya ini biasanya akan disesuaikan dengan luas bangunan, harga bangunan dan konsep bangunannya. Untuk presentasenya biasanya mulai dari 1,5% hingga 8% dari harga bangunan tersebut.

Mencari kontraktor

Perlu diketahui jika arsitek dan kontraktor merupakan dua tugas berbeda. Jika arsitek bertugas mendesain, kontraktor bertugas untuk menjalankan apa yang sudah didesain tersebut. Anda bisa mencari kontraktor sendiri ataupun sepaket dengan rekomendasi arsitek. Sesuaikan saja dengan anggaran yang dimiliki.

Baca juga: Membangun Rumah Tahap 11: Tender Kontraktor

Ruang kerja di kantor arsitek Monokroma Architects di Lippo Karawaci, Tangerang (Sumber: arsitag.com)

Setelah mendapatkan konsep secara keseluruhan, pembangunan pun akan dimulai. Proses pembangunan ini akan selesai dalam waktu yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk bangunan konsep awal tadi. Masa pembangunannya sendiri biasa memakan 6 bulanan untuk membuat rumah, namun bisa juga lebih lama tergantung dari kecepatan sang kontraktor tersebut. Setelah bangunan dirasa selesai, Anda akan diberikan masa retensi di mana Anda bisa melihat rumah dan seisinya lalu akan diberikan waktu garansi selama 3 bulan. Untuk waktu ini, Anda bisa mengajukan klaim ketika butuh pengubahan atau perbaikan jika memang bangunan yang sudah jadi dirasa tidak sesuai dengan yang ada di konsepnya.

Meski memang profesi arsitek saat ini banyak dicari, namun lebih banyak orang yang memilih untuk mendesain rumah idamannya sendiri. Hal ini lantaran biaya jasa arsitek yang dianggap mahal sehingga banyak masyarakat yang kurang mampu ketika membayar. Padahal, saat ini sudah banyak juga jasa arsitek murah yang terjangkau. Dengan menggunakan jasa arsitek, Anda bisa membuat rumah lebih baik dari segi desain dan pembangunan pun akan berjalan secara lebih efektif.

Kantor arsitek Nico Gowindra (Sumber: arsitag.com)

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda butuh sekali arsitek untuk membantu proses pembangunan rumah Anda:

Tahap awal pembangunan akan terencana

Sebagai permulaan, biasanya arsitek akan berdiskusi dengan Anda terkait pembangunan rumah tersebut misalnya terkait ruang yang dibutuhkan, jumlah ruangan, bangunan bertingkat atau tidak, model rumah, dan masih banyak lagi. Semua unek-unek mengenai rumah impian ini bisa Anda beritahukan kepada pihak arsitek yang selanjutnya akan merumuskan konsep rumahnya. Nantinya akan ada draft visual yang berbentuk 3 dimensi untuk memudahkan penyesuaian atas apa yang Anda mau dan tidak. Rencana pembiayaan bangunan serta perkiraan waktu juga bisa Anda dapatkan nantinya.

Tata letak ruang efisien

Arsitek akan memikirkan secara matang segala hal terkait pembangunan rumah Anda mulai dari anggaran, ukuran tiap ruangan, peletakan jendela, tinggi pintu, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin membangun rumah yang mewah, jasa arsitek desain rumah mewah akan sangat dibutuhkan dalam hal ini sehingga hasil akhir dari tata letak setiap ruangannya menjadi lebih efisien lagi.

Struktur dan bahan bangunan bisa disesuaikan

Hal yang mendasar dan penting adalah rancangan pondasi, struktur bangunan, sampai material yang nantinya akan dipakai. Itu semua akan dipertimbangkan matang-matang oleh para arsitek ini. Hal ini demi mendapatkan hasil yang lebih efisien. Dengan cara ini, Anda akan bisa lebih meminimalisir pengeluaran ketika membangun rumah.

Keuntungan pasca pembangunan

Proses pembangunan yang diawasi sepenuhnya oleh arsitek pasti akan menghasilkan karya bangunan yang lebih terpercaya dan terjamin. Karena proses dikontrol, kinerja kontraktor juga efisien, struktur bangunan hingga materialnya betul-betul dipertimbangkan, sehingga hasil dari bangunan yang Anda miliki pun pastinya lebih bisa terjaga. Biasanya setelah selesai pembangunan, arsitek juga akan memberikan kepada Anda file gambar yang dibutuhkan, misalnya gambar denah, struktur bangunan detail dan sebagainya sehingga berfungsi nantinya jika Anda akan melakukan renovasi di kemudian hari.

Baca juga: Membangun Rumah Tahap 13: Pengawasan

Kantor arsitek Studio TonTon di Gading Serpong, Tangerang (Sumber: arsitag.com)

Terkait biaya arsitek, pada dasarnya setiap arsitek memiliki standar biaya masing-masing. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda tetap bisa menawar biaya tersebut dengan berbagai pertimbangan yang ada. Tetapi, kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam menemukan arsitek yang berpengalaman karena sudah banyak sekali jasa arsitek yang tersedia. Salah satunya, Anda bisa mengunjungi website Arsitag yang memuat jelas portofolio dan pengalaman ratusan tim arsitek yang sangat mumpuni. Tim dari Arsitag ini bahkan sudah membangun berbagai proyek baik di dalam maupun luar negeri sehingga kemampuannya memang mumpuni. Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasanya, maka Anda bisa langsung menghubungi nomor +62 812 9001 9010, atau bisa juga dengan mengunjungi kantornya langsung di alamat Rukan Permata Senayan, Blok E33-35, tepatnya di Jalan Tentara Pelajar, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

 

Baca juga:

Tips Memilih Arsitek Yang Tepat Untuk Anda

10 Hal Yang Patut Kita Ketahui Tentang Cara Kerja Arsitek

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts