Jasa Konstruksi Bangunan Gedung di Jakarta dan Jabodetabek

Seorang mahasiswa teknik sipil merupakan calon tenaga ahli konstruksi yang pada saat kuliahnya juga menghabiskan waktunya dengan praktik daripada di kampus. Konstruksi ini merupakan istilah yang diketahui secara umum didefinikasikan sebagai kegitan pembangunan. Konstruksi sendiri merupakan kegiatan membangun baik untuk membangun sarana dan prasarana lingkungan. Sebelum seseorang membuat bangunan, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan selain wujudnya yang bagus, tampak indah, dan megah. Ada ilmu yang harus diterapkan agar bangunan tersebut seimbang dan bisa bertahan lama sehingga tidak terjadi kasus salah pembangunan yang menyebabkan bangunan sarana prasarana tersebut hancur dalam waktu yang singkat. Jasa konstruksi sendiri ada beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

 1. Jasa konstruksi gedung

Jasa konstruksi gedung adalah kontraktor yang bertugas untuk membangun gedung-gedung tinggi dan jenis ini sering dilihat terutama di kota-kota besar. Bahkan di kota kecil juga bisa untuk ditemukan jasa konstruksi gedung ini. Kontraktor ini bisa digunakan untuk membuat banyak gedung yang berfungsi untuk berbagai keperluan, seperti untuk fasilitas umum, gedung pemerintahan, gedung kantor perusahaan, sarana pendidikan, kesehatan, apartemen, hotel, dan masih banyak jenis lainnya. Konstruksi ini umumnya merupakan proyek yang besar karena gedung akan mempunyai banyak lantai. Bahkan sekarang ini juga banyak negara yang bersaing membuat gedung tertinggi di dunia seperti gedung Burj Khalifa yang ada di Dubai. Contoh konstruksi bangunan untuk gedung ini adalah sebagai berikut ini.

Gedung Plaju Office by HMP Architects (Sumber: arsitag.com)

2. Jasa konstruksi teknik

Ini merupakan jenis kontraktor kedua yang melibatkan pembangunan struktur yang direncanakan sebelumnya sehingga memerlukan orang yang ahli di bidangnya. Biasanya untuk jenis kontruksi teknik ini akan digunakan untuk infrastruktur sehingga akan berguna untuk kepentingan masyarakat luas sehingga tidak boleh main-main ketika mengerjakannya atau juga tahap sebelumnya ketika melakukan perhitungan, pemilihan bahan, dan juga pertimbangan lainnya.

3. Jasa konstruksi jalan

Untuk jenis jasa konstruksi selanjutnya adalah konstruksi jalan yang dapat digunakan untuk proyek penggalian, pengurugan, pembuatan struktur drainase. Untuk jenis konstruksi jalan ini biasanya dikerjakan oleh pemerintah dan proyeknya didapatkan dari proses tender. Namun, saat ini banyak juga developer swasta yang menggunakan jasa konstruksi jalan untuk membangun jalan di kompleks-kompleks perumahan.

Konstruksi jembatan Siliwangi Bridge karya Aristokrasi Prima Rivan Consultan (Sumber: arsitag.com)

4. Jasa konstruksi berat

Ini merupakan jenis jasa konstruksi untuk proyek utilitas yang ada di sebuah negara. Proyek ini memerlukan pertimbangan yang sangat matang agar dapat membangun sarana dan prasarana pemerintah dengan baik. Jenis proyek yang dikerjakan dalam konstruksi berat ini misalnya adalah bendungan, pemipaan, sarana transportasi air dan udara, dan juga konstruksi berat lainnya. Pembiayaan konstruksi ini didanai oleh pemerintah maupun swasta yang bekerjasama agar pembangunannya dapat berjalan dengan lancar.

5. Jasa konstruksi industri

Ini merupakan jenis proyek selanjutnya yang merupakan proyek tingkat tinggi untuk manufaktur dan juga proses produksi yang besar. Untuk jenis ini, biasanya kontraktor dan juga konsultan arsitekturnya akan diambil dalam satu kantor yang sama. Hal tersebut tentu saja untuk memudahkan pekerjaan di lapangan dalam hal koordinasi karena skala proyek ini yang merupakan proyek besar sehingga tanggung jawabnya juga besar.

Gedung Rumah Sakit PGI Cikini karya Global Rancang Selaras (Sumber: arsitag.com)

Selain dari jenis-jenis konstruksinya, hal yang mempengaruhi dalam sebuah proyek adalah dari teknologi konstruksi bangunan yang digunakan. Teknologi konstruksi bangunan adalah teknologi yang digunakan dalam suatu proyek yang menyangkut bahan konstruksi atau material yang digunakan dalam proyek tersebut dan metode pembangunannya. Hal tersebut harus diperhatikan dengan baik karena setiap material konstruksi mempunyai karakteristik bahan sendiri dengan metode pelaksanaan proyek yang juga berbeda. Setiap proyek mempunyai keunikan sendiri sehingga harus dipilih yang paling cocok baik dari segi material atau bahan konstruksi dan metode pemasangannya.

Gedung Platinum Condominium karya Monokroma Architect (Sumber: arsitag.com)

Apabila akan membuat suatu bangunan, jasa konstruksi bangunan harus mengetahui dengan pasti bahan yang cocok untuk rumah tersebut, baik dari segi kecocokan dengan kondisi alam dan lokasi rumah dan dari segi pertimbangan lainnya. Seorang kontraktor harus menguasai konstruksi bangunan rumah yang diinginkan pemiliknya dan memilih material yang dapat bertahan lama atau awet. Hal tersebut perlu dipertimbangkan matang-matang sebelum akan melakukan proyek bangunan rumah tersebut. Itulah sebabnya konsultan arsitektur profesional biasanya dapat banyak membantu karena mereka berpengalaman dengan berbagai macam jenis material yang ada di pasaran.

Untuk pertimbangan memilih bahan konstruksi misal ada beberapa bahan yang bisa digunakan seperti berikut ini:

  • Konstruksi bangunan beton bertulang yaitu bangunan yang menggunakan struktur beton yang diperkuat dengan jaringan tulangan besi atau baja.
  • Konstruksi bangunan baja yaitu bangunan menggunakan struktur baja yang merupakan material yang kuat dan lebih ringan dibandingkan beton. Akan tetapi, kelemahannya tidak tahan api dan harganya relative lebih mahal. Konstruksi baja biasanya digunakan untuk bangunan semi permanen karena dapat dibongkar pasang dengan cepat.
  • Konstruksi bangunan baja composite, yaitu bangunan yang menggunakan struktur baja yang digabungkan dengan struktur lainnya, misalnya kayu atau beton.

Pihak kontraktor harus paham mengenai kelebihan dan kekurangan setiap bahan sehingga dapat menentukan bahan yang tepat untuk digunakan dalam proyek tersebut. Kontraktor harus ahli dalam membuat struktur konstruksi bangunan hingga memilih bahan material yang cocok untuk digunakan agar membuat rumah ataupun gedung bisa berdiri, bukan hanya tegak, tetapi juga dapat bertahan lama karena mempunyai pemilihan bahan yang tepat.

Gedung Fraser Residence karya Envirotec yang menggunakan struktur beton (Sumber: arsitag.com)

Mencari kontraktor yang tepat adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan sebelum membuat sebuah rumah. Anda bisa untuk menggunakan kontraktor rumah dan bangunan dengan pertimbangan sebagai berikut ini:

  • Cek kredibilitas perusahannya. Cermati dengan seksama apakah perusahaan kontraktor yang akan dipilih itu bisa dipercaya atau tidak. Memilih perusahaan kontraktor dengan kredibilitas bagus adalah syarat utama untuk menemukan kontraktor yang akan mengerjakan proyek sesuai dengan yang Anda harapkan.
  • Cek pengalaman dan portofolionya. Lihat bangunan yang pernah dibuatnya apakah rapi atau tidak, sesuai dengan harapan pemilik gedung atau tidak. Mendapatkan kontraktor yang berpengalaman akan dapat membuat proyek konstruksi Anda dapat berjalan lancar.
  • Teliti penawaran harganya. Lakukan perbandingan harga dengan seksama antara beberapa kontraktor sehingga Anda dapat memilih kontraktor yang memberikan penawaran harga yang terbaik. Akan tetapi, jangan langsung tergiur dengan harga yang lebih murah. BIsa jadi kualitasnya ikut berkurang.

Gedung perkantoran One Tower karya Wicaksono Pandyo Prasasto (Sumber: arsitag.com) 

Dengan berbagai pertimbangan di atas,  Anda yang membutuhkan jasa untuk konstruksi bangunan untuk proyek gedung dan juga bangunan seperti rumah dan jenis lainnya terutama di Jakarta dan wilayah Jabodetabek bisa memanfaatkan jasa Arsitag. Arsitag adalah platform digital yang menyediakan jasa arsitek, desainer interior, renovasi, hingga juga kontraktor yang ada di jabodetabek dan sekitarnya. Arsitag akan menghubungkan Anda dengan banyak perusahaan kontraktor yang bisa dipilih yang sesuai dengan kriteria klien sendiri sehingga proyek pembangunan dapat lebih mudah dan murah.

 

Baca juga:

Peraturan Bangunan yang Perlu Diketahui

Membangun Rumah Tahap 12: Pembangunan

 

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto

Dudung Rahmanto memiliki hobi memancing dan bersantai dengan keluarga. Keinginan terbesarnya adalah mempunyai atau menjadi bagian dari sebuah startup berpotensi unicorn yang bisa membantu memecahkan masalah masyarakat luas.

More Posts