Langkah-langkah Penting dalam Membangun Rumah Impian Anda

Membangun rumah baru atau merenovasi struktur bangunan yang sudah ada, adalah perjalanan menemukan jati diri, tentang keinginan, cara hidup dan tempat idaman Anda. Inilah kesempatan untuk menentukan hubungan dengan dunia luar, dengan keluarga dan diri sendiri.

Penting sekali untuk melakukan sedikit riset sebelum merencanakan perjalanan ini. Anda harus memiliki gambaran tentang hasil akhirnya dan berapa besar anggaran yang harus dikeluarkan.

Berikut adalah langkah-langkah dalam mewujudkan rumah impian Anda.

1. Tetapkan tujuan.

Langkah awal dalam mewujudkan rumah impian Anda adalah menetapkan tujuan dan mengambil langkah-langkah penting untuk mencapai tujuan itu. Tentukan setiap jawaban atas seluruh pertanyaan sehingga Anda dapat menetapkan tujuan tersebut.

Berikut adalah daftar beberapa pertanyaan:

  • Apa yang ingin dicapai?
  • Di manakah yang Anda inginkan?
  • Berapa besar biayanya?
  • Dapatkah impian itu benar-benar terwujud?
  • Apakah rencana A masuk akal?
  • Apakah rencana B?

3. Menetapkan anggaran.

Dalam membuat anggaran, mulailah dengan menentukan seberapa besar biaya yang terjangkau bagi Anda, dan bagaimana biaya rumah Anda sesuai dengan rencana keseluruhan. Buatlah perhitungan secara detail, termasuk segala sesuatu yang akan tercakup dalam proyek itu: harga tanah, biaya pajak dan perizinan, biaya desain dan pembangunan, tidak hanya konstruksi rumah tetapi juga tata taman, sekaligus furnitur dan dekorasi.

Anda bisa menggunakan program lembar kerja seperti MS Excel sebagai alat bantu yang sangat berguna untuk membuat anggaran, sehingga dapat terus diperbarui dan dimodifikasi sepanjang proyek itu.

3. Carilah lahan atau rumah tua yang terbengkalai.

Mungkin Anda menemukan rumah tua yang perlu beberapa perbaikan. Atau Anda ingin rumah di pegunungan atau dengan pemandangan laut, tapi itu tidak termasuk dalam daftar, karena alasan ekonomis atau lainnya. Intinya adalah, temukan sebuah tempat yang menjadi hak milik pribadi untuk membangun rumah idaman Anda.

4. Bentuklah sebuah tim.

Meskipun Anda mungkin berpikir dapat mengerjakannya sendiri, membentuk tim profesional yang sudah teruji keandalannya adalah pendekatan yang lebih baik. Jadi sebaiknya Anda mempercayakan investasi terbesar Anda kepada tim berpengalaman yang tidak akan mengecewakan Anda.

Arsitek dan pembangun akan menjadi anggota tim Anda yang paling penting. Mereka akan bertindak sebagai pemandu, terapis, penasihat, dan konselor sepanjang proses ini. Anda mungkin akan ingin menambahkan anggota tim lainnya, seperti desainer interior untuk menata rumah Anda, juga arsitek lanskap untuk membuat halaman indah yang akan menyempurnakan rumah Anda.

5. Terus fokus pada gambar rancangan.

Hampir setiap pemilik proyek besar, entah itu pengembang swasta, lembaga pemerintah atau badan korporasi, menyadari pentingnya perencanaan proyek secara detail sebelum mulai membangun. Pemilik ini tahu bahwa perubahan di atas kertas jauh lebih murah daripada perubahan setelah dibangun. Jadi mulailah tahap perencanaan dan desain yang mantap.

  • Pikirkan jawaban atas pertanyaan “bagaimana jika?”. Jangan merasa puas sampai Anda telah menjelajahi semua kemungkinan.
  • Pikirkan ide-ide besar. Membangun rumah, entah itu membangun dari awal atau renovasi, adalah sebuah proses untuk menciptakan sesuatu yang menjadi milik Anda. Jadi angankan hal besar dan miliki rencana besar. Luangkan banyak waktu untuk menangani anggaran, zonasi dan kode.
  • Jangan abaikan hal-hal kecil untuk saat ini. Kata kuncinya adalah detail, jadi pastikan setiap detail tertangani sehingga rumah ini akan menjadi kediaman Anda sendiri yang unik dan menunjukkan jati diri Anda.

6. Menerima hal-hal yang tak terelakkan.

Anda telah membuat rencana, memperoleh izin dan biaya yang cukup; sekarang yang harus dilakukan adalah membangun rumah Anda. Namun, beberapa kemungkinan tak terduga bisa terjadi. Yang penting adalah bagaimana Anda dan tim Anda bereaksi terhadap kesulitan ini dengan tetap tenang dan menjaga hubungan kerja sama yang baik.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan selama konstruksi:

  • Mantapkan pikiran. Ambillah semua keputusan sejak awal dan jangan berubah pikiran. Setelah pembangunan dimulai, akan dikenakan biaya waktu, uang dan mungkin perjalanan atau dua untuk terapis jika Anda berubah pikiran.
  • Tutup telinga terhadap hal-hal yang terjadi. Setiap lokasi konstruksi penuh dengan pekerja yang sering mengeluh. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengabaikannya.

7. Nikmatilah rumah baru Anda.

Kerja keras dan banyak uang yang terkuras untuk membangun akan terbayar lunas jika Anda bisa menikmati rumah baru Anda sepuasnya. Bersenang-senanglah saat menjelajah setiap ruangan dengan anggota keluarga. Renungkan bagaimana tempat ini membentuk kehidupan Anda dan menolong Anda untuk menjadi orang yang Anda inginkan.

Sumber:

http://www.houzz.com/ideabooks/17295883/list/so-you-want-to-build-7-steps-to-create-a-new-home

 

Artikel lainnya :

10 Cara Mempercantik Lantai Kayu Rumah Anda

Gaya Arsitektur Maroko

Rosida Widyastuti Simatupang

Rosida Widyastuti adalah lulusan angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) Batam sebagai Arsitek. Saat ini masih aktif bekerja sebagai arsitek freelance sekaligus penulis, editor, dan penerjemah lepas.

More Posts