5 Desain Kamar Tidur Sekaligus Ruang Belajar yang Super Nyaman

5 Desain Kamar Tidur Sekaligus Ruang Belajar yang Super Nyaman | Foto artikel Arsitag

Desain kamar dan ruang belajar, foto oleh Gabriel Beaudry, via unsplash.com


 

Tak ada yang lebih nyaman dibandingkan kamar tidur. Kamar adalah tempat untuk beristirahat, mengekspresikan diri, berkumpul bersama keluarga tersayang, hingga tempat belajar dan bekerja. Apalagi, di masa pembelajaran jarak jauh atau daring saat ini.

Memiliki ruang khusus untuk belajar menjadi kebutuhan yang penting untuk anak. Suasana belajar yang nyaman akan membuat anak lebih fokus dan cepat memahami pelajaran. Tidak harus membuat ruangan khusus, Anda juga bisa membuat desain kamar tidur sekaligus ruang belajar. Ingin melihat beberapa inspirasi yang bisa Anda tiru? Simak berikut ini.

Di Bawah Tempat Tidur
Tempat tidur tingkat dengan ruang belajar dan bermain di bawahnya, karya Tata Griya Nusantara, via arsitag.com

Tempat tidur tingkat dengan ruang belajar dan bermain di bawahnya, karya Tata Griya Nusantara, via arsitag.com
 

Tak perlu khawatir jika kamar anak memiliki luas yang sempit, Anda bisa menatanya dengan menggunakan tempat tidur tingkat seperti yang satu ini. Manfaatkan area di bawah tempat tidur menjadi area belajar mungil yang nyaman. Aksesnya pun lebih mudah, saat beranjak dari tempat tidur anak akan langsung bertemu dengan area belajarnya melalui tangga mungil. Tak hanya menarik dari segi desain, tetapi juga nyaman untuk digunakan, kan?
 

Baca juga: Simak Ruang Kerja Dalam Kamar untuk Anda yang Super Produktif
 

Dekat dengan Jendela
Ruang belajar dekat jendela dalam kamar tidur, foto oleh FlooringClarity, via flickr.com

Ruang belajar dekat jendela dalam kamar tidur, foto oleh FlooringClarity, via flickr.com
 

Pencahayaan pada ruang belajar sangat penting dan harus mendapat perhatian ekstra. Selayaknya desain ruang kerja, ruang belajar dengan pencahayaan alami serta sirkulasi udara yang baik, akan berdampak positif dalam proses belajar. Untuk itu, Anda bisa menempatkan meja belajar dekat dengan jendela kamar. Pencahayaan yang alami dari jendela akan membuat anak lebih semangat dan fokus belajar. Apabila Anda memiliki ruangan yang tertutup tanpa cahaya matahari, penggunaan lampu tambahan sangatlah penting. Namun, sebaiknya atur suhu dan cahaya yang tepat agar proses belajar anak tetap nyaman dan kondusif.

Tambahkan Rak Penyimpanan
Pastikan anak memiliki rak penyimpanan yang cukup, karya Samma Architect, via arsitag.com

Pastikan anak memiliki rak penyimpanan yang cukup, karya Samma Architect, via arsitag.com
 

Untuk kamar tidur yang bergabung dengan ruang belajar, mengorganisasi barang sama pentingnya dengan memajang. Seperti menata ruang kerja dalam kamar, menyediakan tempat penyimpanan yang cukup bertujuan menjaga kerapian dan kenyamanan. Oleh karena itu, rak penyimpanan yang memadai dengan desain yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak wajib untuk ditambahkan. Rak penyimpanan ini berfungsi untuk menyimpan berbagai buku, kertas, serta perlengkapan belajar anak lainnya. Hal ini penting agar kamar tetap rapi dan bersih.

Anda bisa menambahkan rak dinding di atas meja belajar dan beberapa tempat penyimpanan kecil di atas meja untuk menyimpan berbagai pernak-pernik milik anak.

Sentuhan Pribadi yang Personal
Ruang belajar yang sesuai dengan karakter anak, via pixabay.com

Ruang belajar yang sesuai dengan karakter anak, via pixabay.com
 

Bagi anak, merasa memiliki rasa kepemilikan atas dekorasi di kamar mereka adalah hal yang penting, termasuk di area belajar. Apabila diperlukan, Anda bisa menambahkan papan pengumuman minimalis untuk memajang foto, kartu pos, atau koleksi lain yang menurut anak dapat menginspirasi. Sebab, area belajar tidak hanya digunakan untuk mengerjakan tugas, tetapi juga bisa menjadi area untuk mereka menyalurkan hobinya sehari-hari.

Anda juga bisa berdiskusi dengan anak mengenai dekorasi dan aksesoris yang ingin dihadirkan di ruang belajar. Dengan begitu, anak pun akan merasa senang dan semakin semangat belajar. Namun, jangan terlalu berlebihan, ya. Dekorasi yang terlalu banyak akan membuat anak sulit fokus.
 

Baca juga: 8 Ide Kreatif Kamar Anak Unik dan Keren yang Bikin Betah
 

Lesehan
Ruang belajar dengan konsep lesehan, karya Delution, via arsitag.com

Ruang belajar dengan konsep lesehan, karya Delution, via arsitag.com
 

Tidak harus menggunakan satu set meja belajar lengkap, penggunaan meja kayu lesehan pun sangat menarik dijadikan inspirasi area belajar mini untuk anak. Mainkan warna pada motif karpet dan bantal untuk menambah kenyamanan. Anda juga bisa menggunakan beanbag. Nyaman sekali, bukan?

Bagaimana? Ternyata kamar yang bergabung dengan ruang belajar tetap bisa terasa nyaman dan menarik, kan? Diskusikan dengan anak sebelum mulai mendekorasi ya.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.