8 Ide Kreatif Kamar Anak Unik dan Keren yang Bikin Betah

8 Ide Kreatif Kamar Anak Unik dan Keren yang Bikin Betah | Foto artikel Arsitag
Desain kamar anak dengan perabot serba kayu // home-designing.com
 

Jika anak Anda memasuki periode “The Play Years, biasanya pada fase ini anak-anak senang sekali beraktivitas dan bereksplorasi. Pada dasarnya, eksplorasi adalah proses menemukan hal baru yang akan membantu mengembangkan kemampuan anak. Dengan bereksplorasi, anak juga mempelajari banyak hal serta mendapatkan pengalaman berharga. Explorasi tidak harus di ruang terbuka, namun Anda bisa menyediakan kamar tidur anak yang kreatif dan unik agar mereka bisa bermain dan berimajinasi seperti beberapa desain berikut ini!

Kamar Anak dengan Wall Climbing
Kamar anak dengan papan wall climbing  // stylebyemilyhenderson.com

Kamar anak dengan papan wall climbing  // stylebyemilyhenderson.com
 

Olahraga panjat tebing agaknya akan menjadi favorit anak yang aktif. Selain meningkatkan konsentrasi, aktivitas ini pun berpotensi menambah stamina anak. Panjat tebing ternyata dapat dilakukan di dalam rumah, terutama pada kamar si kecil, lho. Dekorasi dinding kamar anak Anda dengan memasang papan keras minimum berketebalan 15 sentimeter yang memiliki point climbing. Sebagai pengaman, tambahkan bantal-bantal pengaman di bawahnya atau kasur lantai yang empuk.

Berkemah dengan Tenda Putih
Kamar anak dengan tenda putih dari kayu // cuckooland.com

Kamar anak dengan tenda putih dari kayu // cuckooland.com
 

Jika anak Anda suka bertamasya dan punya jiwa petualang, bantu anak Anda mendekorasi kamarnya dengan tempat tidur berbentuk tenda yang unik. Rak kayu berbentuk serupa, menambah estetika ruang di samping sisi fungsional. Lukisan kuda pada dinding memperkuat tema koboi yang diharapkan. Sebagai penyempurna, background warna putih yang cerah memberikan kesan lega. Menciptakan kamar yang nyaman untuk tidur bahkan bermain.

Baca juga: Desain Kamar Anak Kekinian yang Bisa Kamu Rencanakan dari Sekarang via Hipwee.com
 

Kamar Anak dengan Desain Army
Tempat tidur bergaya army // circlelamp.info

Tempat tidur bergaya army // circlelamp.info
 

Kamar anak juga bisa difungsikan sebagai bentuk mengimajinasikan cita-cita mereka. Dukung cita- citanya sebagai tentara dengan menggunakan dekorasi warna dan furnitur bertema army. Anak Anda bahkan akan bersemangat mengundang temannya bermain bersama.

Solusi Headboard Peta Dunia
Kamar tidur dengan pajangan peta dunia // amityworrel.com

Kamar tidur dengan pajangan peta dunia // amityworrel.com
 

Cara kreatif berikutnya untuk memotivasi imajinasi dan jiwa petualang anak adalah dengan memasang stiker peta dunia pada headboard. Selain sebagai dekorasi kamar, peta dunia yang detail dapat  digunakan untuk anak belajar mengenal banyak negara di dunia.

Berkreasi dengan Blackboard
Kamar tidur anak dengan blackboard besar // int2architecture.ru

Kamar tidur anak dengan blackboard besar // int2architecture.ru
 

Anak-anak sering berimajinasi dengan menggambar karakter kartun yang mereka sukai, hingga menulis kata yang baru mereka kenal. Jangan sampai kreativitas mereka terbatas karena tidak ada ruang atau media yang mewadahinya. Anda perlu menyediakan blackboard di kamar anak dengan bentuk yang unik seperti pentagon, serta dilengkapi kapur warna-warni. Desain kamar yang cerah dan sejuk akan memicu anak dalam berkreasi.

Dekorasi Kamar Anak dengan Lego
Kamar anak dengan desain lego // moolton.com

Kamar anak dengan desain lego // moolton.com
 

Lego merupakan jenis mainan aktivitas yang banyak digemari anak-anak. Mengapa tidak menjadikan lego sebagai tema dekorasi kamar anak yang unik? Pengulangan bentuk dan perpaduan tiga warna yakni merah, kuning, dan hijau, membuat kamar anak menjadi cerah dan ceria. Hiasan lego raksasa menjadi material multifungsi yang difungsikan sebagai meja, sekaligus memperkuat aksen lego pada dinding.

Hutan Rimba di Kamar Anak
Kamar tidur dekorasi hutan dan binatang // homedesignlover.com

Kamar tidur dekorasi hutan dan binatang // homedesignlover.com
 

Untuk mengenalkan anak dengan alam, Anda bisa mendekorasi kamar anak bertema hutan. Pilihlah perabotan kayu, dekorasi pepohonan, dan boneka hewan. Anak akan betah dan nyaman di kamar dengan nuansa kebun binatang seperti ini. Tambahkan dekorasi tenda agar membangkitkan suasana seperti berkemah lebih terasa.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil yang Memadukan Gaya Skandinavian dan Boho-Chic
 

Kamar Anak dengan Tempat Tidur Bertingkat
Tempat tidur bertingkat // mybabydoo.com

Tempat tidur bertingkat // mybabydoo.com
 

Belajar berbagi dapat diajarkan sejak dini, termasuk berbagi ruang dalam kamar tidur. Desain kamar dengan tempat tidur bertingkat dapat membantu anak untuk belajar berbagi. Tidak lupa, untuk mendorong aktivitas gerak, buatlah dekorasinya seperti seolah berada di rumah pohon. Ciptakan suasana ceria dan hangat dalam sebuah ruangan melalui desain yang dapat membantu anak dalam berexplorasi.

Di era serba gadget dewasa ini, anak-anak dikhawatirkan kekurangan aktivitas gerak fisik karena lebih suka berdiam fokus di depan gadget. Menghadirkan perabotan seperti delapan contoh di atas, anak bahkan dapat banyak melakukan aktivitas fisik meski di dalam kamar. Jangan lupa libatkan selera anak Anda ketika memilih tema yang diinginkan. Ciptakan kamar yang mendukung tahap tumbuh kembang anak secara nyaman sekaligus mengasyikkan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Ajeng Herdiana

Lulusan Teknik Arsitektur 2019 ini menyukai dunia penulisan sejak di bangku SMP dan senang belajar Arsitektur dalam bentuk narasi. Selama kuliah, Ajeng aktif menjadi Ketua Jurnalis di Artur Magazine Universitas Mercu Buana. Dengan menulis, ia percaya bahwa sebuah kata bisa bermakna untuk kehidupan yang panjang, seperti kalimat yang menjadi pegangan hidupnya yaitu “ Tiada daya dan upaya melainkan pertolongan Allah”.