Tips Praktis Memilih Variasi Cat Putih

Tips Praktis Memilih Variasi Cat Putih | Foto artikel Arsitag

Putih tetap saja putih, benarkah? Namun tidak sesederhana itu. Berikut adalah beberapa pilihan cat putih dengan berbagai efek yang sangat berbeda

Benarkah putih itu hanya satu warna? Cat warna putih bisa terlihat terang (atau bahkan lembut) seperti halnya warna lain. Putih juga memiliki berbagai variasi corak dan warna sehingga membuat proses seleksi agak rumit. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk memilih cat putih yang tepat.

Dinding putih adalah warna abadi. Tergantung pada ruang, warna putih dapat terlihat klasik atau kontemporer. Tergantung pada tone-nya, warna putih akan terkesan hangat atau dingin. Hasilnya adalah dinding latar yang sempurna di hampir setiap ruang.

1. Putih krem (creamy white). Ruang tamu bercat putih bisa menjadi tempat yang sangat menenangkan. Untuk hasil terbaik, gunakan corak putih yang sedikit berbeda dan memadukannya dengan warna lain. Variasi ini akan mencegah ruang tamu berkesan terlalu dingin.Cat warna putih krem pada rumah tamu (Sumber: designplayground.it)

1. Putih krem (creamy white). Ruang tamu bercat putih bisa menjadi tempat yang sangat menenangkan. Untuk hasil terbaik, gunakan corak putih yang sedikit berbeda dan memadukannya dengan warna lain. Variasi ini akan mencegah ruang tamu berkesan terlalu dingin.

2. Putih sejuk (cool white). Dinding putih sejuk sangat cocok dengan pengaturan furnitur dan jendela putih. Warna ini menciptakan ruang homogen yang tenang dan memiliki sedikit kontras. Putih polos yang sejuk ini sangat cocok pada ruang kontemporer karena memberikan kesan modern.Cat warna putih sejuk pada kamar tidur (Sumber: designsponge.com)

2. Putih sejuk (cool white). Dinding putih sejuk sangat cocok dengan pengaturan furnitur dan jendela putih. Warna ini menciptakan ruang homogen yang tenang dan memiliki sedikit kontras. Putih polos yang sejuk ini sangat cocok pada ruang kontemporer karena memberikan kesan modern.

3. Putih lembut (soft white). Memadukan warna putih dengan hitam akan menciptakan kesan Art Deco yang sangat elegan. Bahkan, dengan begitu banyak kontras, tampilan ini masih tampak seperti kanvas kosong yang bisa dipadankan dengan warna lain. Solusinya, Anda bisa memadukan warna cat putih yang agak lembut dengan warna putih bersih furnitur atau kusen pintu dan jendela.Variasi warna cat putih pada ruang keluarga (Sumber: guihd.com)

3. Putih lembut (soft white). Memadukan warna putih dengan hitam akan menciptakan kesan Art Deco yang sangat elegan. Bahkan, dengan begitu banyak kontras, tampilan ini masih tampak seperti kanvas kosong yang bisa dipadankan dengan warna lain. Solusinya, Anda bisa memadukan warna cat putih yang agak lembut dengan warna putih bersih furnitur atau kusen pintu dan jendela.

4. Putih salju (snow white). Sebuah cara yang sangat klasik untuk mengerjakan lis adalah mengecatnya dengan warna cat putih salju mengkilap. Corak putih salju juga terlihat pada furnitur dan kusen pintu dan jendela, yang mempertegas ruang dan menciptakan tampilan yang harmonis.Interior kamar tidur modern (Sumber: elledecor.com)

4. Putih salju (snow white). Sebuah cara yang sangat klasik untuk mengerjakan lis adalah mengecatnya dengan warna cat putih salju mengkilap. Corak putih salju juga terlihat pada furnitur dan kusen pintu dan jendela, yang mempertegas ruang dan menciptakan tampilan yang harmonis.

5. Putih antik (antique white). Bila Anda ingin ruang yang lebih tradisional, warna putih antik paling cocok karena terkesan nyaman. Dalam ruang makan ini, cat dinding bata ekspos warna abu-abu adalah pilihan yang cocok karena memberikan tampilan yang lebih dinamis.Warna putih antik pada dapur rumah pertanian modern (Sumber: cityfarmhouse.com)

5. Putih antik (antique white). Bila Anda ingin ruang yang lebih tradisional, warna putih antik paling cocok karena terkesan nyaman. Dalam ruang makan ini, cat dinding bata ekspos warna abu-abu adalah pilihan yang cocok karena memberikan tampilan yang lebih dinamis.

6. Putih gading (ivory white). Banyak orang menyukai tampilan lemari putih untuk dapur, tetapi tidak ingin ruang mereka terkesan terlalu dingin. Dalam kasus ini, carilah warna putih yang sedikit bercorak gading. Anda juga dapat menambah kehangatan dalam dapur Anda dengan penggunaan lantai kayu dan efek lampu halogen yang terang.Perpaduan warna putih gading dan lantai kayu pada dapur rumah modern (Sumber: showcasekitchensny.com)

6. Putih gading (ivory white). Banyak orang menyukai tampilan lemari putih untuk dapur, tetapi tidak ingin ruang mereka terkesan terlalu dingin. Dalam kasus ini, carilah warna putih yang sedikit bercorak gading. Anda juga dapat menambah kehangatan dalam dapur Anda dengan penggunaan lantai kayu dan efek lampu halogen yang terang.

7. Putih abu-abu (gray white). Warna putih keabu-abuan yang sejuk akan menjadi tampilan modern pada dinding latar ala museum untuk memberikan aksen dan memajang karya seni.Warna putih abu-abu rumah modern (Sumber: weheartit.com)

7. Putih abu-abu (gray white). Warna putih keabu-abuan yang sejuk akan menjadi tampilan modern pada dinding latar ala museum untuk memberikan aksen dan memajang karya seni.

8. Putih hangat (warm white). Penggunaan warna putih dengan corak khaki (kecoklatan) menciptakan nuansa organik dalam ruang makan. Jenis warna ini memberikan kesan yang sangat hangat dan ramah.Warna putih hangat di ruang makan (Sumber: weheartit.com)

8. Putih hangat (warm white). Penggunaan warna putih dengan corak khaki (kecoklatan) menciptakan nuansa organik dalam ruang makan. Jenis warna ini memberikan kesan yang sangat hangat dan ramah.

Sumber:

http://www.homebunch.com

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.