Contoh Denah Rumah Minimalis Modern, Nyaman, dan Sederhana

contoh denah rumah

Jika Anda berpikir untuk memiliki rumah besar yang modern dan mengesankan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apabila Anda ingin penambahan banyak elemen yang berbeda, sebaiknya pikirkan ulang.

Konsep minimalis mengutamakan pemilihan elemen dan material polos, bentuk yang simpel, dan minim dekorasi. Desain rumah minimalis kecil dengan denah 2 dan 3 kamar berikut ini akan menunjukkan bagaimana membuat desain rumah modern yang simpel, namun mengesankan dan nyaman.

Keuntungan Rumah Minimalis Mungil Sederhana

Apa saja keuntungan memiliki rumah minimalis mungil?

Pertama, ekonomis. Biaya merancang, membangun, dan merawat hunian mungil lebih rendah daripada istana besar.

Kedua, efektif dan efisien. Karena ukurannya kecil, interior setiap ruang akan mendapatkan lebih banyak sinar matahari sehingga Anda mendapatkan suasana alami, ramah lingkungan, dan hemat energi.

Ketiga, fleksibel. Anda bisa mendapatkan denah lantai terbuka dan interior yang terhubung.





Bagaimana mendesain denah rumah minimalis 2 kamar?

Desain rumah minimalis 2021 juga cenderung menyiasati ukuran rumah yang kecil agar tetap nyaman dan tampak cantik. Salah satunya, denah rumah minimalis 2 kamar 1 lantai menjadi menjadi incaran banyak orang terutama pasangan muda yang baru menikah. Desain rumah minimalis ini memiliki harga yang lebih ekonomis sehingga banyak pengembang properti berlomba-lomba menciptakan tipe rumah ini. Selain itu, tipe rumah minimalis ini juga memiliki berbagai varian bentuk dan layout yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, baik bagi Anda yang masih lajang atau baru berkeluarga.

1. Konsep denah rumah minimalis 2 kamar

Bagi Anda yang memiliki lahan yang cukup luas, dan berada di area perkampungan atau tidak terletak di perumahan, ini adalah keuntungan besar karena Anda bebas berkreasi. Namun, jika Anda ingin mendesain denah rumah minimalis dua kamar yang lebih simpel, praktis, dan ekonomis, tidak ada salahnya mencoba beberapa trik berikut.

Denah rumah minimalis karya Parades Studio via arsitag.com

Gambar rumah di atas menampilkan konsep minimalis modern, nyaman, dan simpel. Sedangkan, di bawah ini adalah denah rumah minimalis sederhana 2 kamar yang dirancang oleh arsitek Yu Sing dengan konsep rumah tumbuh.

Baca juga: Membangun Rumah Tahap 9: Gambar Kerja / DED

Denah rumah minimalis karya Yu Sing via arsitag.com

Walaupun luas bangunan rumah minimalis ini terbatas, tetapi masih banyak lahan yang dapat digunakan saat ingin diperluas. Rumah ini didesain dengan 2 massa bangunan yang menghadap utara dan selatan untuk menghindari panas matahari timur dan barat. Di antara dua massa bangunan tadi ada taman tengah yang cukup luas sebagai sumber cahaya dan ventilasi silang.

Tampak depan minimalis karya Yu Sing via arsitag.com

Bagian fasad rumah terlihat natural karena menggunakan berbagai material ekspos, mulai dari dinding bata ekspos, lantai semen ekspos, dan atap fiber semen nonasbestos yang dirambati pohon. Material alami yang digunakan ini membuat rumah terlihat lebih berkarakter dan tidak perlu ada pengecatan ulang.

Ruang keluarga minimalis karya Yu Sing via arsitag.com

Masih serasi dengan fasad rumah, interior rumah juga didesain dengan material ekspos. Ruang tamu terasa lebih alami dengan penggunaan warna natural serta furnitur kayu. Dilengkapi dengan karpet besar, ruang tamu terasa semakin hangat dan nyaman.

Courtyard minimalis karya Yu Sing via arsitag.com

Masih dengan desain natural, area taman tengah ini dapat digunakan sebagai tempat bersantai yang nyaman. Cahaya matahari dan udara sejuk pun dapat masuk dengan leluasa ke dalam rumah karena area taman yang terbuka dan penggunaan atap transparan.

Kamar tidur minimalis karya Yu Sing via arsitag.com

Taman mungil di area kamar? Kenapa tidak? Penambahan sedikit area taman dengan bebatuan kecil di kamar tidur akan menjaga suhu kamar Anda tetap sejuk. Bayangan dari cahaya matahari yang masuk dari area taman pun menambah kenyamanan. Walaupun mungil, kamar ini sama sekali tidak terasa sesak.

Berikut ini adalah beberapa contoh lainnya yang bisa Anda pertimbangkan.

Denah karya Small Space Interior, via arsitag.com

Walaupun luasnya terbatas, penggabungan antara dapur dengan ruang makan dan ruang keluarga membuat hunian mungil lebih efisien dan nyaman. Anda bisa memiliki dua kamar berukuran sedang dengan kesan yang luas dan lapang. Kedua kamar yang menghadap ke taman pun memungkinkan pemandangan dapat masuk dengan sempurna dan memberi ilusi ruangan lebih luas.

2. Desain rumah sederhana 6x12

Salah satu tipe yang paling banyak dikembangkan oleh para developer perumahan yaitu desain rumah 6x12. Desain yang tepat untuk lahan ini adalah rumah tipe 45, artinya luas bangunan mempunyai luas kurang lebih 45 meter persegi.

Desain rumah sederhana 6x12 1 lantai, via rhkarya.com

Desain rumah 6x12 1 lantai, via snowpolodavos.com

Rumah tipe 45 sangat cocok untuk Anda yang memiliki anggota keluarga kecil. Rumah satu lantai ini memiliki dua kamar tidur, 1 kamar mandi, serta ruangan besar yang menyatukan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga.

Walaupun mungil, desain interior rumah di atas cukup nyaman dengan masih menyisakan lahan untuk taman belakang, depan, serta carport.

Bagaimana mendesain denah rumah minimalis 3 kamar?

Jika anggota keluarga Anda makin bertambah banyak atau kebutuhan lain yang mengharuskan penambahan jumlah kamar, Anda mungkin ingin menambah ruang. Kalau lahan masih mencukupi untuk pengembangan secara horizontal, Anda bisa mendesain rumah minimalis 2 kamar dengan sistem rumah tumbuh sesuai kebutuhan.

Namun, jika lahan sempit dan tidak memungkinkan pengembangan secara horizontal, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendesain pengembangan secara vertikal. Karena itu, sejak awal sebaiknya sudah merencanakan secara matang struktur bangunan rumah yang kokoh untuk lebih mudah dikembangkan di kemudian hari.

1. Denah rumah 3 kamar tipe ukuran 6x12

Untuk memiliki rumah 3 kamar tipe 6x12, Anda bisa mengembangkan desain rumah minimalis tipe 6x12untuk 1 lantai secara vertikal menjadi rumah 2 lantai.





Denah rumah minimalis 3 kamar tipe 6x12 karya DAP Studio, via arsitag.com

Rumah minimalis 3 kamar bisa jadi solusi untuk Anda yang memiliki anggota keluarga lebih banyak. Lantai satu juga didesain untuk menampung berbagai ruang utama yang ada pada rumah, seperti ruang tamu, ruang makan, dapur, serta satu kamar mandi. Sementara itu, lantai dua rumah difokuskan untuk kamar utama dengan luas yang cukup besar. Kamar utama ini juga dilengkapi dengan kamar mandi pribadi yang menyambung dari kamar tidur.

2. Contoh Denah rumah 3 kamar ukuran 7x9

Jika Anda ingin memiliki rumah 3 kamar tipe 7x9, Anda bisa mengembangkan denah rumah tipe 7x9 menjadi 2 lantai.

Denah rumah minimalis 7x9 2 lantai karya Melly Purnamahildha Tarman, via arsitag.com

Rumah tipe 7x9 dengan dua lantai dikatakan cukup untuk keluarga dengan anggota tiga hingga empat orang. Pada contoh rumah 2 lantai di atas, lantai satu didesain sebagai ruangan komunal yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan atau kegiatan anggota keluarga, seperti ruangan bersantai keluarga, ruang makan, dapur, dan ruang tamu.

Sementara itu, kamar tidur yang membutuhkan privasi lebih diletakkan di lantai dua. Anda dapat melihat ada 1 kamar utama berukuran besar dan 2 kamar tidur berukuran sedang. Desain ini sangat pas untuk Anda yang ingin membangun rumah impian yang nyaman untuk dua anak.

Denah rumah tipe 7x9 karya Small Space Interior, via arsitag.com

Apabila Anda menginginkan kamar tidur yang lebih luas, maka denah rumah di atas bisa jadi pilihan. Kamar tidur di lantai 2 memiliki luas ruangan yang sama-sama besar, sehingga dapat menampung seluruh kebutuhan, mulai dari lemari baju hingga meja belajar. Bahkan, kamar tidur utama pun memiliki kamar mandi pribadi, lho.

Masih sama seperti desain sebelumnya, lantai satu rumah ini didesain sebagai ruang komunal seperti dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Tak hanya itu, masih ada area taman yang cukup besar di bagian belakang yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan tambahan jika ingin merenovasi rumah di kemudian hari.

Denah Rumah Modern Minimalis 3 Kamar Tidur

Denah rumah modern minimalis kamar karya Rekabentuk via arsitag.com

Mau membuat taman di tengah rumah? Bisa! Denah rumah minimalis 1 lantai di atas bisa jadi inspirasi Anda. Membuat taman mungil di area tengah rumah bisa membuat suhu rumah lebih sejuk serta menjadi sarana masuknya cahaya matahari ke seluruh sudut rumah.

Tampak depan rumah minimalis 1 lantai 3 kamar karya Rekabentuk via arsitag.com

Bagian depan rumah ini sangat khas dengan desain minimalis karena bentuknya yang sederhana. Atap rumah yang runcing dipadukan dengan secondary skin di salah satu bagian fasad membuat rumah terlihat lebih modern. Selain menggunakan material semen ekspon, bagian fasad juga ditambahkan dengan dinding balok kayu serta jendela kecil yang memberikan aksen natural.

Interior rumah modern minimalis 1 lantai 3 kamar karya Rekabentuk via arsitag.com

Membangun rumah di lahan yang sempit tentu memiliki tantangan tersendiri. Denah rumah harus sesuai kebutuhan penghuni rumah. Nah untuk desain interior dapur berukuran mungil, Anda dapat melihat inspirasi yang satu ini. Menggunakan dominasi warna putih dan unsur kayu natural, dapur berbentuk U ini terlihat minimalis, luas dan bersih.

Contoh Denah Rumah Minimalis 2 Lantai di Lahan Hoek

Contoh denah rumah minimalis 2 lantai karya Parades Studio via arsitag.com

Denah rumah minimalis 2 lantai karya Parades Studio ini didesain di lahan hoek dengan bentuk yang tidak persegi atau mengecil ke belakang. Namun, dengan penataan yang baik, rumah minimalis pun bisa tidak terasa sempit.

Rumah minimalis di lahan hoek memiliki beberapa keunggulan, yaitu Anda bisa mendapatkan beberapa pemandangan yang berbeda dari berbagai sudut rumah.

Rumah minimalis dua lantai dengan bentuk memanjang ini memiliki desain ruangan yang sangat efisien dan menyesuaikan luas serta bentuk lahan yang tersedia. Dibangun dengan 2 lantai, rumah minimalis ini dapat menampung seluruh kebutuhan penghuni dengan sempurna.

Perspektif rumah minimalis 2 lantai karya Parades Studio via arsitag.com

Bentuk rumah yang seperti kubus dengan atap setengah segitiga memberi kesan yang lebih modern, namun tetap sederhana. Banyaknya bukaan dari jendela kaca besar yang diaplikasikan pada bagian depan rumah seperti menyatukan bentuk rumah dengan kondisi alam hijau di sekitarnya.

Baca juga: Rumah dengan Desain Minimalis Terkini

Denah Rumah Minimalis dengan Roster Terakota

Denah Rumah minimalis karya Parades Studio via arsitag.com

Siapa sangka rumah minimalis di Cimahi yang satu ini punya kolam renang? Ya, saat Anda mencermati denahnya, ternyata ada kolam renang indoor di sisi sebelah kiri.

Penggunaan roster menjadi elemen yang menarik dan memberikan kesan estetik. Roster ini berfungsi sebagai lubang sirkulasi udara dan pencahayaan di siang hari. Tak hanya itu, bata roster juga dapat memfilter cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah agar tidak terlalu menyengat dan membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih baik.

Denah Rumah Minimalis Modern Mewah

Denah, tampak depan, dan courtyard rumah minimalis modern mewah karya Endarasman via arsitag.com

Rumah minimalis mewah ini memadukan dua konsep rumah yaitu townhouse dan resort. Desain rumah dengan konsep Townhouse terlihat pada dinding roster untuk menyembunyikan pintu masuk, pemakaian kisi-kisi pada fasad lantai atas yang berfungsi menyamarkan ruang. Sedangkan, sisi belakang rumah ini menerapkan konsep resort di mana terdapat bukaan lebar yang dikombinasikan dengan elemen rekreatif seperti taman dan kolam renang.

Denah rumah minmalis ini juga disusun dengan mengedepankan privasi dan kenyamanan penghuni rumah. Area servis dan ruang komunal diletakkan dekat dengan area depan rumah, sementara area untuk beristirahat berada di belakang. Hal ini bertujuan agar aktivitas pribadi penghuni tidak dapat langsung diakses dan tidak berdekatan dengan jalan.

Ruang-ruang privat seperti kamar dan ruang keluarga juga ditata mengarah ke sisi belakang rumah yang menghadap ke taman dan kolam renang. Dengan begitu, konsep rumah resort ini pun dapat terwujud dan penghuni bisa mendapatkan pemandangan serta udara sejuk.

Denah Renovasi Rumah Minimalis 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

Atas (kiri: denah eksisting; tengah: denah renovasi lt.1; kanan: denah renovasi lt.2). Bawah: Perspektif Rumah Hasil Renovasi karya Endarasman via arsitag.com

Rumah minimalis yang satu ini merupakan hasil renovasi dari keinginan penghuni yang ingin memperbesar rumah. Layout ruangan ditata dengan memaksimalkan penggunaan lahan yang ada tanpa menghilangkan area taman, baik di depan maupun belakang rumah.

Rumah ini didesain menjadi dua lantai. Lantai dasar diisi oleh sebagian besar ruang hunian mulai dari ruang tamu, dapur, ruang makan, dan lainnya. Sementara itu, lantai atas hanya difungsikan sebagai ruang tidur.

Tak hanya memanfaatkan lahan dengan optimal, desain rumah juga mengusung konsep hemat energi dengan menempatkan berbagai bukaan besar sehingga akses aliran udara dan pencahayaan alami dapat masuk dengan maksimal.

Denah Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Roster Beton

Denah rumah minimalis 2 lantai dan tampak depannya karya Gubah Ruang via arsitag.com

Setiap rumah harus memiliki sirkulasi udara yang baik, salah satunya adalah dengan menggunakan dinding roster. Tak hanya menambah estetika hunian, dinding roster juga berperan sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya matahari. Dikombinasikan dengan dinding batu bata, tampilan fasad rumah yang satu ini terlihat alami, natural, serta mewah.

Denah Rumah Minimalis Modern Mewah di Tepi Danau

Denah rumah minimalis karya eben via arsitag.com

Massa bangunan pada denah rumah minimalis mewah ini terletak di antara dua taman, depan dan belakang, yang menghadap langsung ke danau.

Setiap lantai memiliki bentuk serta desain yang berbeda-beda tergantung fungsinya. Lantai dasar merupakan area komunal dan rekreasi yang dengan teras luas yang menghadap ke danau. Sementara itu, lantai atas didesain menjadi 1 kamar tidur utama yang luas.

1. Tampak Depan Rumah Minimalis Modern yang Eyecatching

Tampak depan karya eben via arsitag.com

Dirancang oleh eben, griya yang satu ini memiliki gaya kontemporer yang mengkombinasikan komposisi bentuk geometrik dengan sudut yang dinamis. Bagian atas yang seperti menjorok ke luar menghadirkan nuansa futuristik.

2. Tampak Samping yang Tidak Kalah Kece

Tampak samping karya eben via arsitag.com

Tak kalah dengan tampak depannya, tampak samping desain rumah minimalis ini pun sangat unik. Bangunan rumah seperti memiliki tiga layer rumah yang berbeda-beda. Bentuknya yang eye-catching ini membuat hunian terlihat lebih menarik, namun tetap nyaman sebagai hunian pribadi.

3. Bagian Belakang Hunian Minimalis Modern dengan View Danau Langsung

Bagian belakang karya eben via arsitag.com

Daya tarik utama dari hunian ini adalah pemandangan danau yang dapat langsung disaksikan secara leluasa dari area belakangnya. Area belakang dibuat dengan konsep semi outdoor tanpa tembok penghalang.

4. Couryard Minimalis Modern dengan Kursi Gantung Keren

Courtyard minimalis karya eben via arsitag.com

Tujuan utama dari rumah ini adalah menghilangkan batas antara bagian interior dan eksterior dengan menempatkan massa rumah di antara dua taman. Pemandangan danau yang berada di depan rumah sengaja dimaksimalkan agar dapat terlihat dari interior rumah.

5. Gambar Perspektif Bird Eye View Rumah Minimalis Modern Pinggir Danau

Gambar perspektif karya eben via arsitag.com

Saat melihat hunian ini, pasti seperti melihat rumah yang melayang. Atap gantung yang menjadi payung memberi ilusi melayang. Dinding permanen di area luar memang diminimalkan agar suasana alam yang indah di sekitar rumah dapat terlihat dengan jelas dan menyatu dengan interior rumah.

Jadi, apa pendapat Anda tentang berbagai rumah minimalis mungil ini? Mau memilih rumah mana? Atau ingin mendesain rumah impian? Untuk melihat ribuan desain-desain minimalis lainnya klik di sini! Follow us on Instagram!

Baca juga: 75 Model Desain Rumah Minimalis Sederhana Tapi Mewan dan Indah

Ide Denah Rumah Minimalis

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram