Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) 2021

Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) 2021 | Foto artikel Arsitag

Tipe rumah yang dipasarkan pada suatu perumahan di tahun 2021 pada umumnya masih diberi nama berdasarkan luas tanah dan bangunan rumah. Namun, ada pula beberapa pengembang perumahan yang memberi nama tipe rumah dengan nama-nama lain seperti dengan nama benda, nama bunga, nama planet, dan nama lain sesuai selera serta trik pemasaran dari pengembang tersebut.

Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) 2021

Kirana Residence at Taman Jaya tipe 60 karya Small Spce Interior, via: arsitag.com

Rumah tinggal sederhana adalah tempat tinggal berlantai satu yang dapat berfungsi sebagai tempat berlindung dan bernaung dari pengaruh keadaan alam di sekitarnya. Gambar rumah sederhana tidak mengandung unsur-unsur kemewahan, namun tetap tidak mengesampingkan keindahan atau estetika.

Terdapat tiga tipe rumah yang digolongkan ke dalam rumah sederhana, yaitu tipe 36, 45, dan 60. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai tipe-tipe rumah tersebut.

Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) 2021

Rumah tipe 36 karya Andiyanto Purwono, via: arsitag.com

Tipe 36

Rumah tipe 36 adalah rumah yang mempunyai luas bangunan 36 m2. Misalnya, contoh desain rumahdengan ukuran 6m x 6m = 36 m2. Rumah tipe 36 ini dapat dibangun di atas tanah seluas 60 m2 atau 72 m2. Jadi biasanya rumah tipe ini disebut dengan rumah tipe 36/60 atau 36/72. Tipe rumah 36 biasanya mempunyai 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. Rumah tipe 36 cocok untuk Anda yang sudah memiliki anak, tetapi menginginkan rumah yang tidak terlalu besar. Di samping itu, rumah minimalis type 36 tampak depan biasanya menampilkan fasad simpel yang mudah untuk Anda modifikasi sesuai selera dan kebutuhan.  

Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) 2021

Rumah tipe 36 karya Andiyanto Purwono, via: arsitag.com

Luas rumah tipe 36 yang terbatas membuat pemiliknya harus pintar-pintar menata ruang dan menambahkan beberapa ornamen agar ruangan tidak terlihat sempit. Hal ini dapat dimulai dari pemilihan barang-barang yang disimpan pada ruangan. Contohnya adalah pemilihan kursi. Pilihlah kursi yang tidak membuat ruangan menjadi sempit. Anda dapat meniru konsep rumah minimalis yang selalu mengutamakan efisiensi, baik dari desain ruangan hingga pemilihan furniturnya. Desain rumah minimalismenerapkan skema multifungsi, misalnya desain ruang keluarga yang bisa sekaligus menjadi ruang tamu, atau kamar tidur sekaligus ruang kerja. Demikian pula dengan furniturnya. Anda dapat memilih meja atau kursi yang menyediakan ruang untuk penyimpanan sehingga hemat tempat. 

Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) 2021

Kirana Garden Residence tipe 45 karya ABOV, via: arsitag.com

Tipe 45

Rumah tipe 45 adalah tipe rumah yang mempunyai luas bangunan 45 m2, contohnya ukuran rumah seperti 6 m x 7,5 m atau 8 m x 5,6 m. Rumah tipe 45 ini biasanya dibangun di atas tanah seluas 96 m2. Maka, rumah tipe ini sering juga disebut dengan rumah tipe 45/96. Ruangan yang biasanya tersedia pada rumah tipe ini antara lain 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, carport, dan teras rumah yang lumayan luas.

Rumah tipe 45, via: rumahmasadepan.com

Rumah tipe 45, via: rumahmasadepan.com

Ruangan yang tidak terlalu luas harus membuat kita pintar-pintar dalam menata ruang kamar tidur, mulai dari penempatan kasur, meja, lemari, dan barang lainnya. Bila perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan jasa desain rumah yang akan mempermudah proses perencanaan ruang sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Bahkan, halaman yang ada pada rumah tipe ini juga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan pemilihan dan rancangan taman yang tidak terlalu besar, tetapi tetap bisa menciptakan suasana asri pada rumah. 

Rumah tipe 60, via: kreasirumah.net

Rumah tipe 60, via: kreasirumah.net

Tipe 60

Rumah tipe 60 biasanya mempunyai ukuran bangunan 6 m x 10 m. Rumah ini sudah cukup luas dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga, garasi mobil, dan teras rumah. Rumah tipe 60 sudah dapat dikatakan cukup lega, tetapi dengan harga yang masih terjangkau.

Baca : Macam-Macam Desain Kamar Mandi

Sumber :

http://www.caramembuatmu.com

https://kolakaterbaru.blogspot.co.id

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.