Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60)

Rumah Sederhana (Tipe 36, 45, 60) | Foto artikel Arsitag

Tipe rumah yang dipasarkan pada suatu perumahan pada umumnya diberi nama berdasarkan luas tanah dan bangunan rumah. Namun, ada pula beberapa pengembang perumahan yang memberi nama tipe rumah dengan nama-nama lain seperti dengan nama benda, nama bunga, nama planet, dan nama lain sesuai selera serta trik pemasaran dari pengembang tersebut.

Kirana Residence at Taman Jaya tipe 60 karya Small Spce Interior (Sumber: arsitag.com)Kirana Residence at Taman Jaya tipe 60 karya Small Spce Interior (Sumber: arsitag.com)

Rumah tinggal sederhana adalah tempat tinggal berlantai satu yang dapat berfungsi sebagai tempat berlindung dan bernaung dari pengaruh keadaan alam di sekitarnya. Rumah sederhana tidak mengandung unsur-unsur kemewahan, namun tetap tidak mengeyampingkan keindahan atau estetika.

Terdapat tiga tipe rumah yang digolongkan ke dalam rumah sederhana, yaitu tipe 36, 45, dan 60. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai tipe-tipe rumah tersebut.

Rumah tipe 36 karya Andiyanto Purwono (Sumber: arsitag.com)Rumah tipe 36 karya Andiyanto Purwono (Sumber: arsitag.com)

Tipe 36

Rumah tipe 36 adalah rumah yang mempunyai luas bangunan 36 m2. Contohnya adalah sebuah rumah dengan ukuran 6m x 6m = 36 m2. Rumah tipe 36 ini dapat dibangun di atas tanah seluas 60 m2 atau 72 m2. Jadi biasanya rumah tipe ini disebut dengan rumah tipe 36/60 atau 36/72. Tipe rumah 36 biasanya mempunyai 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. Rumah tipe 36 cocok untuk Anda yang sudah memiliki anak, tetapi menginginkan rumah yang tidak terlalu besar.

Rumah tipe 36 karya Andiyanto Purwono (Sumber: arsitag.com)Rumah tipe 36 karya Andiyanto Purwono (Sumber: arsitag.com)

Luas rumah tipe 36 yang terbatas membuat pemiliknya harus pintar-pintar menata ruang dan menambahkan beberapa ornamen agar ruangan tidak terlihat sempit. Hal ini dapat dimulai dari pemilihan barang-barang yang disimpan pada ruangan. Contohnya adalah pemilihan kursi. Pilihlah kursi yang tidak membuat ruangan menjadi sempit.

Kirana Garden Residence tipe 45 karya ABOV (Sumber: arsitag.com)Kirana Garden Residence tipe 45 karya ABOV (Sumber: arsitag.com)

Tipe 45

Rumah tipe 45 adalah tipe rumah yang mempunyai luas bangunan 45 m2, contohnya ukuran rumah seperti 6 m x 7,5 m atau 8 m x 5,6 m. Rumah tipe 45 ini biasanya dibangun di atas tanah seluas 96 m2. Maka, rumah tipe ini sering juga disebut dengan rumah tipe 45/96. Ruangan yang biasanya tersedia pada rumah tipe ini antara lain 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, carport, dan teras rumah yang lumayan luas.

Rumah tipe 45 (Sumber: rumahmasadepan.com)Rumah tipe 45 (Sumber: rumahmasadepan.com)

Ruangan yang tidak terlalu luas harus membuat kita pintar-pintar dalam menata ruang kamar tidur, mulai dari penempatan kasur, meja, lemari, dan barang lainnya. Halaman yang ada pada rumah tipe ini juga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan pemilihan tanaman yang tidak terlalu besar, tetapi tetap bisa menciptakan suasana asri pada rumah.

Rumah tipe 60 (Sumber: kreasirumah.net)Rumah tipe 60 (Sumber: kreasirumah.net)

Tipe 60

Rumah tipe 60 biasanya mempunyai ukuran bangunan 6 m x 10 m. Rumah ini sudah cukup luas dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang keluarga, garasi mobil, dan teras rumah. Rumah tipe 60 sudah dapat dikatakan cukup lega, tetapi dengan harga yang masih terjangkau.

Baca : Macam-Macam Desain Kamar Mandi

Sumber :

http://www.caramembuatmu.com

https://kolakaterbaru.blogspot.co.id

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.