Model Desain Rumah Sederhana Tapi Indah Dan Mewah

model rumah sederhana tapi indah

Memiliki model rumah sederhana tapi indah adalah impian seluruh keluarga, terutama bagi pasangan yang baru menikah dan memiliki keluarga baru. Tak mengherankan, bisnis properti saling berlomba untuk menghasilkan desain rumah sederhana terbaru yang sangat populer karena bisa menghasilkan keuntungan bisnis yang menjanjikan.

Ada banyak desain rumah sederhana yang ditawarkan sehingga Anda bisa memilih kapan saja Anda ingin membeli rumah.

Dari sekian banyak jenis style rumah dijual yang ada, rumah minimalis sampai sekarang masih diminati oleh masyarakat yang sedang mencari properti idamannya. Rumah minimalis ditandai dengan kesederhanaan yang dibuktikan dengan kurangnya penggunaan ornamen, namun tetap berkesan modern dan artistik.

Dengan memilih sentuhan gaya minimalis, Anda akan terkesan menampilkan gaya yang cantik, tegas, dan elegan. Ingat, pemilihan style yang simpel adalah cerminan diri dan sifat Anda. Pemilik rumah akan memiliki kesan simpel, chic, dan kontemporer.

Beberapa tips dalam artikel berikut ini membantu Anda memahami bahwa sesungguhnya konsep desain simpel tidak membatasi Anda untuk mendapatkan model rumah sederhana tapi kelihatan mewah.

Rumah sederhana di lahan sempit

Hunian simpel sangat populer di antara kalangan masyarakat yang memiliki anggaran terbatas untuk memiliki rumah. Artinya, dengan dana yang terbatas, ada juga model rumah sederhana terbaru dengan luas bangunan optimal yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Detail & tekstur

1. Detail & tekstur
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Rumah sederhana karya Dendy Darman di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, via arsitag.com

Rumah sederhana karya Dendy Darman di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, via arsitag.com

Memiliki rumah yang tidak cukup besar bukan berarti Anda tidak bisa menampilkan style dan estetika pada model rumah sederhana tapi indah. Jika Anda memilih tipe rumah ini, Anda bisa mengeksplorasi warna, material, tekstur, dan bentuk pada tampilan eksterior maupun interior agar hunian mungil Anda tampak lebih mewah dan indah.

Rumah sederhana bernama E-9 di Bandung karya arsitek Dendy Darman ini menampilkan perpaduan detail fungsional, pemilihan material, dan komposisi tekstur yang tepat. Hasilnya, tampilan hunian menjadi cantik dan terasa super nyaman.

2. Rumah sederhana yang memaksimalkan ruang

2. Rumah sederhana yang memaksimalkan ruang
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Desain rumah sederhana 3 kamar tidur karya Delution di Jakarta, Indonesia, via arsitag.com
Desain rumah sederhana 3 kamar tidur karya Delution di Jakarta, Indonesia, via arsitag.com

Dalam model rumah sederhana tapi indah, kunci utama adalah terletak pada kenyamanan dengan cara memaksimalkan setiap ruangan sehingga tetap bisa membebaskan area gerak Anda.

Memaksimalkan ruang bukan berarti membuat ruangan yang berukuran luas atau super besar, tetapi menciptakan ruangan yang efisien dengan penempatan furniture yang efektif sehingga menyisakan area gerak orang dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah, baik pergerakan horisontal, maupun vertikal.

Rumah sederhana di Jakarta karya Delution di atas adalah salah satu contoh bentuk rumah tipe 6x15 dengan 3 kamar tidur + 1 kamar tidur pembantu yang bisa diterapkan di rumah Anda.

Baca juga: Jasa Desain Rumah Minimalis dengan Inspirasi

3. Rumah sederhana dengan split level

3. Rumah sederhana dengan split level
Desain rumah sederhana split level 3 kamar tidur karya RDMA via arsitag.com
Desain rumah sederhana split level 3 kamar tidur karya RDMA via arsitag.com

Ada solusi lain yang bisa Anda terapkan untuk model rumah sederhana tapi indah di lahan sempit yaitu konsep split level. Konsep rumah kecil sederhana tapi mewah ini sudah cukup populer digunakan untuk mengakali rumah dengan lahan yang tidak luas, terutama yang dibangun di area berkontur atau perbukitan.

Konsep split level berkaitan dengan teknik konstruksi untuk menciptakan ruangan dengan menonjolkan perbedaan ketinggian lantai. Perbedaan ketinggian lantai pada rumah berkonsep split level ini justru membuat seluruh ruangan terlihat lebih besar dan lapang.

Rumah sederhana di lahan luas

Anda memiliki lahan luas namun anggaran terbatas? Gampang solusinya! Anda tidak salah pilih, karena desain rumah sederhana sangat cocok bagi Anda.

1. Konsep centralized

Model depan rumah sederhana tapi mewah dengan jendela besar dan teras yang luas, TJ_House karya Studio Air Putih, via arsitag.com

Kecenderungan pemilik rumah dengan lahan luas adalah mencoba memaksimalkan setiap sudut lahan yang ada tanpa memperhatikan fungsi dan estetika. Hasilnya, desain rumah terkesan serampangan dan tidak terfokus pada tema yang simpel, namun tetap indah.

Konsep centralized sangat tepat untuk diterapkan pada lahan luas dengan anggaran minim. Konsep ini memusatkan massa bangunan hanya pada bagian tengah lahan dengan ruang terbuka atau halaman di sekelilingnya.

Model rumah sederhana tapi indah rumah kesemek karya duatitik architecture, via arsitag.com

Model rumah sederhana di atas disebut Rumah Kesemek karya Duatitik Architecture, yang merupakan renovasi rumah lama tahun 1920-an di Malang, Jawa Timur, Indonesia. Rumah yang didesain dengan pendekatan fungsional ini mencoba memadukan gaya kolonial modern dan tropis (dengan tritisan atap yang lebar) sehingga sangat cocok dengan kondisi iklim di indonesia.

Desain rumah sederhana ini memiliki konsep centralized dengan ruang-ruang yang saling terhubung secara bebas sehingga tampaknya tidak ada batas antara ruang satu dengan yang lainnya.

Desain rumah sederhana ini memiliki konsep centralized dengan ruang-ruang yang saling terhubung secara bebas sehingga tampaknya tidak ada batas antara ruang satu dengan yang lainnya.
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Rumah sederhana di lahan yang luas dengan ruang tamu yang nyaman karya MIV Architects via arsitag.com
Rumah sederhana di lahan yang luas dengan ruang tamu yang nyaman karya MIV Architects via arsitag.com

Salah satu rumah sederhana di lahan tanah yang luas adalah DC Residence di kota Makasar karya MIV Architects.

Konsep utama pada rumah ini mengadopsi desain bangunan tropis dengan memiliki teritisan yang lebar untuk melindungi bangunan dari cahaya matahari ataupun daun pepohonan yang gugur.

2. Rumah tumbuh

‘Rumah tumbuh’ dalam arti sederhana adalah konsep konstruksi rumah yang masih menyisakan ruang untuk kemungkinan pengembangan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah di kemudian hari.

Artinya, Anda bisa merancang master plan secara keseluruhan, namun tidak perlu membangun seluruh rancangan tersebut sekaligus, tetapi hanya bagian tertentu yang Anda butuhkan sesuai anggaran dan kebutuhan saat ini.

Karena itu, ‘rumah tumbuh’ biasanya merupakan model rumah sederhana yang tidak terlalu besar, namun bisa berada di lahan luas. Konsep ini juga dapat menekan biaya pengeluaran untuk konstruksi rumah.

Prinsip utama dari rumah tumbuh adalah kekuatan dan daya tahan secara struktural karena kemungkinan adanya tambahan pengembangan lebih lanjut di kemudian hari.

Seperti halnya AA Residence karya Bitte Design Studio, Anda dapat menerapkan konsep rumah tumbuh dengan membangun sebagian lahan yang masuk budget dan mengembangkan sisa tanah yang luas di kemudian hari.

Seperti halnya AA Residence karya Bitte Design Studio, Anda dapat menerapkan konsep rumah tumbuh dengan membangun sebagian lahan yang masuk budget dan mengembangkan sisa tanah yang luas di kemudian hari.
Desain rumah sederhana AA Residence karya Bitte Design Studio, via arsitag.com

Contoh lain lagi adalah Rumah Gerbong karya Studio Sae.

Rumah yang sekaligus berfungsi sebagai kantor firma arsitektur ini dibangun dengan konsep rumah tumbuh yang dapat ditambah seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kebutuhan ruang.

Rumah yang sekaligus berfungsi sebagai kantor firma arsitektur ini dibangun dengan konsep rumah tumbuh yang dapat ditambah seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kebutuhan ruang.
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Rumah minimalis sederhana dengan konsep rumah tumbuh karya Studio Sae via arsitag.com
Rumah minimalis sederhana dengan konsep rumah tumbuh karya Studio Sae via arsitag.com

Model rumah sederhana di kampung

Memiliki hunian di perkampungan tentu saja tidak membatasi Anda untuk berekspresi dalam desain dan memiliki model rumah sederhana di kampung tapi kelihatan mewah.

Memiliki hunian di perkampungan tentu saja tidak membatasi Anda untuk berekspresi dalam desain dan memiliki model rumah sederhana di kampung tapi kelihatan mewah.
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Rumah minimalis dengan model seperti di kampung dengan pintu dan jendela kayu dengan kesan jadul, karya Ismael Solehudin Architecture via arsitag.com
Rumah minimalis dengan model seperti di kampung dengan pintu dan jendela kayu dengan kesan jadul, karya Ismael Solehudin Architecture via arsitag.com

Anda bisa menerapkan desain minimalis kontekstual. Artinya, menurut Bill Raun, konsep tersebut menekankan bahwa hunian memiliki kaitan dengan lingkungan atau bangunan yang berada di sekitarnya.

Keterkaitan tersebut dapat diciptakan melalui proses menghidupkan kembali elemen spesifik yang ada dalam lingkungan atau bangunan lama di sekitarnya ke dalam bangunan baru.

Bagaimana caranya? Misalnya, gunakan motif-motif desain setempat, seperti bentuk massa, pola, dan irama bukaan, serta ornamen desain yang digunakan. Agar lebih menyatu dengan lingkungan setempat, Anda juga bisa menerapkan material setempat sehingga bangunan Anda tidak terlihat ‘out of place’ di tengah lingkungan perkampungan yang sederhana.

Beberapa contoh model rumah sederhana murah meriah berikut ini bisa membantu Anda mempertimbangkan desain manakah yang tepat bagi Anda.

60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Model rumah sederhana 2 kamar tidur dengan taman tengah  karya AKANOMA YU SING, via arsitag.com
Model rumah sederhana 2 kamar tidur dengan taman tengah karya AKANOMA YU SING, via arsitag.com

Rumah sederhana tapi mewah 2 lantai

Anda juga bisa memiliki model rumah sederhana tapi mewah 2 lantai meskipun dana Anda tidak banyak. Berikut ini adalah beberapa contoh desain rumah sederhana yang dapat Anda terapkan untuk hunian Anda sendiri.

Desain karya Atelier Cosmas Gozali pada gambar berikut menampilkan model rumah sederhana tapi kelihatan mewah yang sangat tepat untuk diterapkan pada lahan sempit dengan anggaran minim.

Desain rumah sederhana tapi mewah 2 lantai dengan carport, Sunter Residence karya Atelier Cosmas Gozali, via arsitag.com
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Desain rumah sederhana tapi mewah 2 lantai dengan carport untuk 2 mobil, "S" house karya Nikko Lendra, via arsitag.com
Desain rumah sederhana tapi mewah 2 lantai dengan carport untuk 2 mobil, "S" house karya Nikko Lendra, via arsitag.com

Rumah minimalis super mewah dengan model yang simpel

Selain rumah-rumah sederhana, style minimalis ternyata juga cocok diaplikasikan untuk rumah-rumah mewah. Beberapa model rumah mewah berikut membuktikan bahwa langgam ini ternyata membuat rumah mewah tampil lebih elegan.

Selain rumah-rumah sederhana, style minimalis ternyata juga cocok diaplikasikan untuk rumah-rumah mewah. Beberapa model rumah mewah berikut membuktikan bahwa langgam ini ternyata membuat rumah mewah tampil lebih elegan.
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Desain rumah super mewah karya Studio TonTon via arsitag.com
Desain rumah super mewah karya Studio TonTon via arsitag.com
Desain rumah super mewah karya Studio TonTon via arsitag.com
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Rumah mewah dengan jendela besar karya Rakta Studio via arsitag.com
Rumah mewah dengan jendela besar karya Rakta Studio via arsitag.com
Rumah mewah dengan jendela besar karya Rakta Studio via arsitag.com
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Model rumah mewah keren dengan batu alam marmer karya Studio Kuskus via arsitag.com
Model rumah mewah keren dengan batu alam marmer karya Studio Kuskus via arsitag.com

Desain interior apartemen minimalis sederhana tapi tampil mewah

Bila memiliki rumah tapak di kota-kota besar seperti Jakarta telah menjadi semakin tak terjangkau, tinggal di apartemen menjadi salah satu pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

Apartemen memang memiliki luasan yang biasanya relatif lebih sempit daripada rumah tapak. Akan tetapi, bukan berarti ukuran yang sempit itu menghalangi Anda untuk memiliki hunian yang nyaman.

Apartemen sederhana yang didesain dengan baik tetap dapat membuat Anda hidup dengan nyaman plus nilai tambahnya yaitu mudah dibersihkan karena ukurannya yang kompak.

Berikut ini beberapa contoh desain interior apartemen minimalis sederhana yang tampil mewah

Berikut ini beberapa contoh desain interior apartemen minimalis sederhana yang tampil mewah
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Desain interior apartemen sederhana karya Fiano via arsitag.com
Desain interior apartemen sederhana karya Fiano via arsitag.com
Desain interior apartemen sederhana karya Fiano via arsitag.com
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Desain interior apartemen simpel 2 kamar tidur karya Design Donk via arsitag.com
Desain interior apartemen simpel 2 kamar tidur karya Design Donk via arsitag.com
Desain interior apartemen simpel 2 kamar tidur karya Design Donk via arsitag.com
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Desain interior apartemen studio sederhana karya Co+in Collaborative Lab via arsitag.com
Desain interior apartemen studio sederhana karya Co+in Collaborative Lab via arsitag.com
Desain interior apartemen studio sederhana karya Co+in Collaborative Lab via arsitag.com
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Desain interior apartemen sederhana 2 kamar tidur karya HelloEmbryo via arsitag.com
Desain interior apartemen sederhana 2 kamar tidur karya HelloEmbryo via arsitag.com
Desain interior apartemen sederhana 2 kamar tidur karya HelloEmbryo via arsitag.com
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
60 Model Desain Rumah Sederhana Tapi Mewah Dan Indah 2022
Desain interior apartemen sederhana 1 kamar tidur yang tampil mewah karya Studio Piu via arsitag.com
Desain interior apartemen sederhana 1 kamar tidur yang tampil mewah karya Studio Piu via arsitag.com

Ribuan model desain Rumah Sederhana lainnya dapat Anda lihat di sini.

Dari sekian banyak model rumah sederhana terbarumanakah yang menarik perhatian Anda?

Bila Anda ingin membangun rumah bersama Arsitag, konsultasi gratis di sini.

Bila Anda arsitek dan ingin proyek-proyek Anda dikenal orang melalui Arsitag, daftar di sini.

Ikuti Instagram Arsitag di sini dan temukan inspirasi dan informasi rumah sederhana terbaik tiap hari.

Baca juga: Ide Desain Rumah Sederhana

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram