Desain Rumah Minimalis

Foto inspirasi dan ide desain rumah minimalis.



Cari:

Rumah minimalis menjadi salah satu konsep rumah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Desainnya yang simpel dan sederhana menjadi salah satu alasan konsep rumah minimalis banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Sesuai dengan namanya, desain minimalis merupakan desain yang coba memanfaatkan jenis material dan bahan bangunan seminimal mungkin, tetapi tetap menghasilkan desain rumah yang nyaman dan menarik secara estetika. Awalnya, konsep desain minimalis ini muncul sebagai perlawanan terhadap desain bangunan yang dianggap boros bahan material dan tidak ramah lingkungan.

Rumah dengan desain minimalis biasanya menampakkan kesan polos dan tidak ada terlalu banyak ornamen, kecuali ornamen tersebut memang memiliki fungsi tertentu bagi bangunan. Dengan kata lain, setiap desain dalam rumah minimalis selalu memiliki fungsi tertentu bagi bangunan itu sendiri.

Apa saja ciri - ciri rumah dengan desain minimalis? Jika ditarik kesimpulan berdasarkan penjelasan di atas, berikut adalah ciri – ciri rumah yang memiliki desain minimalis.

  • Menggunakan jenis material yang minim.
  • Tampilan desain polos dan bersih tanpa ornamen.
  • Desain biasanya menyesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan ruangan
  • Menggunakan konsep ruang terbuka.
  • Bentuk bangunan biasanya menggunakan bentuk – bentuk geometris.
  • Menggunakan garis – garis tegas baik vertikal maupun horisontal sebagai bagian dalam desain.
  • Memiliki banyak bukaan dalam rumah.

Rumah-rumah seperti apa yang banyak menggunakan desain minimalis?

Rumah minimalis sangat cocok diaplikasikan untuk rumah - rumah yang dibangun di lahan sempit. Lahan yang sempit menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi arsitek dan desainer untuk dapat menciptakan desain rumah yang mampu mengakomodir kebutuhan ruang penghuni rumah sebagai pelaku aktivitas dalam ruangan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa desain minimalis dapat diaplikasikan dalam rumah dengan kondisi yang berbeda.

Konsep ruang terbuka adalah salah satu ide desain yang dapat dijadikan inspirasi dalam rumah minimalis. Bagaimana bentuk ruang yang terbuka dalam rumah minimalis? Ruang terbuka ini biasanya muncul di area publik dan semi publik dimana ruang – ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan/atau dapur berada di satu ruangan besar tanpa ada sekat berupa dinding.

Apa saja material yang dapat digunakan untuk menampilkan rumah dengan desain minimalis?

Pilihan material yang dapat digunakan bermacam-macam. Untuk menciptakan desain dengan tampilan minimalis, beberapa material berikut dapat digunakan antara lain beton, batu bata (ekspose), cat, kayu, batu alam, kaca, baja, dan lain – lain. Akan tetapi, dalam penggunaannya di lapangan, biasanya tidak semua material digunakan. Hanya satu atau dua jenis material yang digunakan sehingga nantinya desain rumah tidak terkesan ramai.