Desain Rumah Kontemporer

Foto inspirasi dan ide desain rumah kontemporer.


Desain Rumah Kontemporer

Desain rumah kontemporer banyak disalahartikan sebagai sama saja dengan desain rumah modern. Namun modern dan kontemporer punya beberapa perbedaan. Desain modern mengacu ke era modern yang sudah lewat, yaitu sekitar awal abad ke-20 sampai tahun 1970-an. Sementara itu, kontemporer artinya sesuatu yang kekinian. Gaya desain modern adalah gaya desain yang muncul pada kurun waktu modernisme dari awal abad ke-20 sampai 1970-an tersebut, sedangkan gaya kontemporer adalah gaya desain yang sedang tren saat ini. Oleh karena kurun waktunya tidak tetap, gaya desain kontemporer senantiasa berubah-ubah. Namun, mengacu pada saat artikel ini ditulis yakni awal abad ke-21, maka beberapa ciri desain rumah kontemporer adalah sebagai berikut.

Tampilan Minimalis dengan Unsur Ekletis

Gaya minimalis yang simpel menjadi semacam template dasar untuk gaya desain kontemporer. Namun, desain rumah kontemporer biasanya tidak ‘sepolos’ atau ‘sebersih’ gaya minimalis. Gaya kontemporer kerap memasukkan campuran gaya-gaya lainnya untuk menambah ‘warna’ pada gaya minimalis. Karena itu, bisa dibilang desain rumah kontemporer agak lebih ‘centil’ daripada rumah minimalis. Desain rumah kontemporer lebih berani menggunakan dekorasi yang eklektik.

Open Plan Interior

Ini adalah kesamaan desain rumah kontemporer dengan desain rumah modern. Bisa dibilang, ini adalah prinsip desain modern yang terbawa sampai masa kini. Open plan interior meniadakan sekat-sekat antar ruang sehingga ruangan terasa lebih lega. Biasanya ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dijadikan satu tanpa sekat, biasanya hanya dipisahkan oleh furnitur atau perbedaan pada finishing lantai, dinding, atau atap. Misalnya: lantai dapur memiliki pola keramik yang berbeda dengan ruang makan atau ruang keluarga dilapisi oleh karpet berbulu yang nyaman.

Permainan Material dan Tekstur

Desain rumah kontemporer banyak memainkan kekayaan pola dan tekstur dari material. Dengan makin berkembangnya teknologi, makin beragam pula material bangunan dan finishing yang bisa dimanfaatkan untuk desain arsitektur dan interior. Oleh karena itu, desain rumah kontemporer banyak memanfaatkan keanekaragamannya, seperti misalnya memadukan serat-serat alami lantai marmer dengan pola herringbone kayu pada dinding dan rangka-rangka material tembaga pada perabot.

Tone Warna Netral

Meskipun ada beberapa desain kontemporer yang bermain dengan warna warni yang berani, kebanyakan desain rumah kontemporer menggunakan warna netral seperti putih, hitam, beragam shade abu-abu, dan cokelat. Kebanyakan warna cokelat berasal dari warna natural kayu. Kehadiran warna-warna terang yang berani biasanya berupa satu atau dua focal point yang memang sengaja ditonjolkan dalam ruangan tersebut.

Permainan Bentuk dan Pola

Teknologi masa kini juga memungkinkan permainan bentuk yang unik seperti misalnya bentuk-bentuk parametrik yang dapat dihasilkan oleh teknologi software komputer terkini dan dibangun melalui teknologi laser cutting atau 3D printing. Bentuk-bentuk unik ini bisa hadir dalam bangunan gedung atau arsitekturnya, maupun dalam bentuk furnitur, finishing (lantai, dinding, atau plafon), lighting, atau berbagai macam dekorasi.


Hubungi ARSITAG