Desain Kolam Kontemporer

Foto inspirasi dan ide desain kolam kontemporer.


Awalnya, desain kolam dalam sebuah rumah berfungsi sebagai estetika semata. Kolam menjadi dekorasi dalam rumah yang menambah nilai keindahan. Seiring berjalannya waktu, kolam bukan lagi sekedar elemen dekorasi. Kini, kolam menjadi elemen yang dibutuhkan dalam rumah yang mendukung memberikan ketenangan. Air sebagai unsur alam dalam sebuah kolam mampu memberikan ketenangan. Efek air dan gemericiknya mampu menenangkan pikiran dan kejiwaan penghuni rumah.


Kolam apa yang akan Anda buat?

Jenis kolam ada bermacam-macam. Kolam dapat dibedakan berdasarkan bentuk, gaya, tipe, dan fungsi. Berdasarkan fungsinya, kolam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Kolam apa yang akan Anda buat? Sesuaikan desain kolam dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa jenis kolam yang paling sering dibuat.


Kolam renang

Jika Anda suka berenang, menambahkan kolam renang dalam rumah Anda adalah pilihan yang tepat. Selain dapat menjadi ruang beraktivitas Anda berenang, kolam renang dapat menjadi tempat untuk bersantai bersama keluarga sekaligus elemen estetik sebuah rumah. Selain itu, desain kolam renang dalam rumah adalah sebuah prestise bagi sebagian orang.


Kolam hias

Jika Anda hanya sekedar ingin menambahkan unsur estetika ke dalam rumah, membuat kolam hias dapat menjadi pilihan. Selain menambah keindahan rumah Anda, kolam hias mampu merilekskan dan memberikan ketenangan bagi Anda bersama keluarga.


Kolam ikan

Mendesain kolam ikan dalam rumah dapat dipilih jika Anda adalah seorang yang gemar memelihara ikan. Hobi Anda dapat tersalurkan dan nilai estetika rumah Anda bertambah.


Dimana letak, ukuran, dan luasan area untuk kolam?

Dimana posisi kolam berada akan menentukan fungsi dari kolam tersebut. Dimana letak kolam yang ingin Anda buat? Sebuah kolam hias atau kolam ikan yang diletakkan di depan atau di halaman rumah, biasanya berfungsi untuk menyambut tamu. Kolam yang dibuat di samping rumah berfungsi sebagai pemanis ruangan. Sementara kolam yang dibuat di belakang berfungsi sebagai unsur dekorasi.


Bagaimana dengan luasan lahan yang Anda miliki untuk kolam? Apakah cukup luas dan memungkinkan untuk dibuat kolam renang? Atau hanya cukup untuk kolam hias dan kolam ikan saja? Untuk tahu apakah lahan yang Anda miliki cukup atau tidak, Anda perlu mengetahui standar ukuran untuk desain kolam, baik itu kolam renang, kolam hias, ataupun kolam ikan.


Kolam renang

Pada dasarnya, ukuran standar khusus desain kolam renang untuk rumah tinggal pribadi tidak ada. Akan tetapi, idealnya untuk mendapatkan kenyamanan gerak dalam berenang, sebuah kolam renang setidaknya memiliki ukuran kolam renang minimal 2.5m x 5m dengan kedalaman minimal satu meter. Jika luasan area untuk kolam renang sempit, apa yang harus dilakukan?Anda dapat mencoba untuk mendesain kolam renang minimalis.


Kolam hias dan Kolam ikan

Kolam hias ataupun kolam ikan memiliki luasan lahan yang fleksibel. Tidak ada batasan luasan lahan untuk membuat desain kolam hias dan kolam ikan. Anda dapat membuat desain kolam hias dan kolam ikan baik dengan lahan luas ataupun sempit. Khusus untuk kolam ikan, Anda perlu mempertimbangkan kedalaman kolam untuk menjaga ikan-ikan dalam kolam Anda aman. Berapa idealnya kedalaman kolam ikan? Kolam ikan idealnya memiliki kedalaman satu meter. Sementara itu, jika Anda hanya ingin membuat kolam hias, kedalaman 60cm atau kurang dari itu tidak apa.


Aspek apa saja yang perlu diperhatikan saat mendesain kolam ?

Setelah mengetahui jenis kolam apa yang akan dibuat beserta luasannya, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek ketika mulai mendesain kolam, antara lain konsep desain dan aspek keamanan.


Konsep Desain

Konsep desain kolam seperti apa yang Anda inginkan? Anda lebih menyukai desain kolam modern, natural, atau minimalis? Anda ingin desain kolam Anda memberi kesan minimalis dan sederhana atau mewah dan elegan? Setiap pilihan konsep desain kolam yang Anda pilih, akan menentukan bentuk apa yang cocok untuk kolam Anda, material apa saja yang sebaiknya digunakan, dan dekorasi apa saja yang bisa ditambahkan. Pilihlah desain kolam untuk rumah Anda sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.


Keamanan

Mendesain ruang apapun, faktor keamanan adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Saat mendesain kolam, Anda perlu memilih material-material yang aman bagi keselamatan, baik dari tekstur, warna, dan jenis material. Standar ukuran dan ruang sebuah kolam pun harus Anda cermati dengan baik. Sebagai media penerangan malam, Anda pun harus mempertimbangkan pencahayaan yang tepat untuk area kolam. Selain menambah keindahan desain kolam. Salah satu alternatif pencahayaan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambah pencahayaan pada area pinggir kolam untuk memperjelas batas kolam.


Tipe kolam apa yang cocok untuk rumah Anda?

Tipe kolam dapat dibagi menjadi 3, yaitu kolam yang dibuat di atas tanah, kolam yang dibuat di bawah tanah, dan kolam yang dibuat di antara keduanya.


Kolam Atas Tanah

Desain kolam atas tanah adalah kolam yang dibangun di atas tanah. Dengan memilih kolam jenis ini, Anda akan memiliki desain kolam yang lebih tinggi dari permukaan lantai Anda. Desain kolam atas tanah cocok Anda terapkan jika Anda memiliki anak di bawah umur.


Kolam Bawah Tanah

Desain kolam bawah tanah adalah kolam yang memiliki permukaan tepat sejajar dengan permukaan lantai. Untuk tipe desain kolam bawah tanah, Anda perlu mempertimbangkan berapa kedalamanan kolam yang aman.


Kolam Antara Atas dan Bawah Tanah

Desain kolam antara atas dan bawah tanah merupakan kolam yang dibangun di antara keduanya, memiliki permukaan yang lebih tinggi dan kedalaman di bawah tanah. Ini adalah pilihan desain kolam yang aman secara umum.


Pilihlah tipe kolam sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan fungsi utama kolam dibuat dan aspek keamanan bagi Anda dan keluarga.


Berapa bujet yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kolam?

Apakah Anda telah menyiapkan bujet untuk membuat kolam? Membuat kolam hias dan kolam renang tentu membutuhkan anggaran biaya yang berbeda. Secara ukuran dan fungsi, membuat desain kolam renang tentu membutuhkan biaya yang lebih mahal dibanding kolam hias ataupun ikan. Selain mahal pembuatan, kolam renang juga butuh perawatan secara berkala yang memakan biaya. Ini perlu Anda pertimbangkan dengan baik sebelum mengambil keputusan.


Berapa bujet minimal yang dibutuhkan untuk membuat kolam? Besarnya biaya yang Anda butuhkan untuk membuat kolam renang ataupun kolam ikan tentunya tergantung dari desain dan spesifikasi material yang akan digunakan. Apabila Anda masih ragu dengan bujet yang Anda miliki, langkah yang tepat adalah dengan mengkonsultasikannya kepada profesional di bidangnya.


Seorang profesional arsitek dan desainer akan membantu Anda untuk mendapatkan solusi desain sesuai kebutuhan dan bujet. Anda akan terbantu mengestimasikan bujet yang diperlukan untuk membuat kolam sesuai selera dan keinginan Anda.


Arsitag adalah tempat yang tepat untuk menemukan profesional terbaik yang akan membantu Anda. Selain dapat melihat profil mereka, Anda dapat melihat desain-desain kolam yang pernah mereka kerjakan. Anda pun dapat langsung menghubungi mereka.