Inspirasi Desain, Dekorasi Interior Ruang Kamar Tidur Anda

Temukan Beragam Foto, Gambar, Design Untuk Inspirasi Kamar Tidur Anda

Filter

Dalam mendesain sebuah rumah, kamar tidur adalah ruang dalam rumah yang tergolong area privat. Fungsi utamanya sebagai tempat untuk beristirahat, menuntut kamar tidur untuk didesain senyaman mungkin bagi penghuninya. Berbeda dengan ruang-ruang yang lain, kamar tidur bersifat sangat pribadi. Itu sebabnya, desain kamar tidur biasanya akan menyesuaikan dengan selera dan karakter penghuninya. Bagaimana desain kamar tidur yang ideal? Dan bagaimana cara menata kamar tidur agar nyaman dan berfungsi optimal? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mendesain kamar tidur.

Aktivitas apa saja yang biasa dilakukan di kamar tidur?

Seiring berjalannya waktu, kamar tidur bukan lagi sekedar tempat yang digunakan sebagai area beristirahat dan melepas lelah. Sebagain orang menjadikan kamar tidur sebagai tempat untuk bekerja, melakukan hobi, membaca, menonton, atau sekedar duduk santai. Inilah kenapa Anda perlu untuk mengidentifikasi aktivitas apa saja yang biasa Anda lakukan di kamar tidur. Dengan mengetahui aktivitas apa saja yang akan dilakukan akan memudahkan Anda untuk mendesain kamar tidur sesuai dengan kebutuhan aktivitas.

Siapa pemilik atau penghuni (pelaku aktivitas) kamar tidur?

Ditujukan untuk siapa kamar tidur yang akan didesain? Apakah untuk pasangan suami-istri, untuk anak-anak, atau untuk tamu yang menginap di rumah Anda? Mengetahui siapa yang akan menempati kamar tidur diperlukan sehingga dapat menghasilkan desain yang sesuai dengan selera dan karakter si pemilik kamar tidur. Berdasarkan fungsi dan pelaku aktivitasnya, kamar tidur dapat dibagi menjadi tiga : kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan kamar tidur tamu. Tentunya, masing-masing kamar tidur tersebut akan memiliki desain yang berbeda-beda.

Kamar Tidur Utama

Kamar tidur utama adalah kamar tidur yang digunakan oleh pemilik rumah. Kamar tidur utama biasanya didesain dengan kamar mandi dalam. Ukuran kamar tidur utama biasanya lebih luas daripada kamar tidur yang lain. Desainlah kamar tidur utama Anda sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda dan pasangan.

Kamar Tidur Anak

Mendesain kamar tidur anak sangat variatif. Desain kamar tidur anak perempuan tentu akan berbeda dengan desain kamar tidur anak laki-laki. Desain kamar tidur anak umur 4 tahun pun akan berbeda dengan desain kamar tidur anak umur 12 tahun. Desain sebuah kamar anak yang akan dihuni oleh dua orang tentu akan berbeda dengan desain kamar anak yang akan digunakan seorang diri. Anda perlu memastikan untuk siapa kamar tidur anak yang Anda butuhkan agar mendapatkan desain kamar tidur anak yang berfungsi secara optimal.

Kamar Tidur Tamu

Kamar tidur tamu adalah sebuah kamar tidur khusus yang biasanya disiapkan untuk tamu yang menginap, baik saudara, teman, dan kerabat. Karenanya, Anda sebaiknya memilih desain yang netral untuk kamar tidur tamu.

Berapa ukuran dan luasan kamar tidur yang akan didesain?

Ukuran kamar tidur sangat bervariasi, mulai dari 2x3, 3x3, 3x4, atau lebih besar dari itu. Umumnya, ukuran kamar tidur yang paling sering digunakan adalah 3x3 dan 3x4. Ukuran tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan dasar sebuah kamar tidur mulai dari tempat tidur, nakas, lemari pakaian, dan meja rias. Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda memiliki kamar tidur dengan ukuran lebih kecil dari 3x3 ? Bagaimana cara mendesain kamar tidur kecil dan sempit?

Kamar Tidur Sempit (Ukuran < 9m2)

Pada dasarnya, luas atau sempitnya kamar tidur bersifat relatif, tergantung kebutuhan dan pemilihan furnitur yang digunakan. Untuk kamar tidur berukuran sempit, Anda dapat menyiasatinya dengan pemilihan warna terang untuk dinding, penggunaan dekorasi ruangan sesuai kebutuhan, pemilihan furnitur yang efisien dan fungsional, serta tata letak furnitur kamar tidur. Penggunaan pintu geser dapat Anda jadikan pilihan untuk menghemat sirkulasi kamar tidur dengan luasan terbatas. Jika Anda mau, Anda dapat menambahkan elemen dekorasi kaca dalam kamar tidur untuk memberikan kesan ruangan luas dalam kamar tidur. Tetapi perlu Anda ingat, perhatikan peletakan kaca di dalam kamar tidur agar tidak mengganggu tidur Anda.

Kamar Tidur Luas (Ukuran > 12m2)

Bagaimana dengan desain kamar tidur yang berukuran luas? Kamar tidur dengan ukuran yang luas membuat Anda lebih bebas dalam mengatur tata letak furnitur di dalamnya. Akan tetapi tata letak dan pemilihan furnitur yang salah dapat membuat kamar tidur Anda yang luas justru tampak sumpek. Jika ini terjadi, fungsi kamar tidur tidak dapat optimal. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih furnitur. Pilihlah furnitur sesuai kebutuhan agar kamar tidur Anda tidak terasa sumpek karena terlalu banyak furnitur yang tidak penting.

Bagaimana menata furnitur dalam kamar tidur?

Pemilihan furnitur yang efisien dan fungsional serta tata letak furnitur yang tepat dapat menghasilkan desain kamar tidur yang berfungsi secara optimal. Inilah kenapa memilih dan menata furnitur menjadi bagian penting saat akan mendesain kamar tidur. Saat akan menata furnitur, Anda perlu memperhatikan letak pintu dan jendela atau bukaan dalam kamar tidur. Apa saja furnitur yang dibutuhkan di kamar tidur?

Set Tempat Tidur

Dalam sebuah kamar tidur, ranjang atau dipan akan menjadi point of interest. Pilihlah model ranjang sesuai dengan konsep desain yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran ranjang, luas kamar Anda dan berapa penghuni kamar tidur.

Lemari Pakaian (Wardrobe)

Lemari pakaian biasa digunakan untuk menyimpan koleksi pakaian pemilik kamar. Usahakan untuk memilih lemari pakaian dengan desain yang sesuai dengan ranjang. Anda juga perlu memperhatikan ukuran lemari dan banyaknya koleksi pakaian Anda. Pilih lemari pakaian sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rak Samping (Nakas)

Nakas merupakan meja kecil yang diletakkan di samping tempat tidur. Nakas biasa difungsikan sebagai tempat lampu hias. Akan tetapi, jika kamar tidur Anda memiliki luas terbatas, Anda dapat meletakkan lampu hias pada dinding sehingga tidak perlu menggunakan nakas.

Meja Rias

Jika kamar tidur didesain untuk wanita, meja rias adalah salah satu furnitur yang perlu ada di dalam kamar tidur. Selain menjadi tempat untuk merias wajah, meja rias juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang pribadi wanita.

Selain furnitur dasar di atas, Anda dapat menambahkan furnitur dan dekorasi tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan aktivitas. Anda dapat menambahkan sofa untuk bersantai sambil membaca atau menonton. Anda dapat menambahkan rak buku untuk koleksi buku-buku Anda. Anda pun dapat menambahkan meja kerja ke dalam kamar tidur jika dibutuhkan. Yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan bahwa kamar tidur Anda memiliki luasan yang cukup untuk furnitur yang akan Anda tambahkan.

Konsep desain seperti apa yang diinginkan?

Ingin kamar tidur dengan gaya desain elegan, mewah, sederhana, ataupun minimalis adalah pilihan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan desain kamar tidur elegan, mewah, sederhana, maupun minimalis. Anda dapat memulainya dengan menentukan warna dan pemilihan dekorasi serta material furnitur.

Pemilihan Warna Kamar Tidur

Pemilihan warna, baik untuk dinding maupun furnitur penting dilakukan. Untuk kamar tidur, Anda sebaiknya memilih warna yang mampu memberikan kesan rileks dan menenangkan. Warna-warna seperti hijau, coklat, putih, abu-abu, ataupun biru dapat Anda jadikan pilihan. Warna putih dan abu-abu cenderung memberikan kesan minimalis dalam desain. Warna hijau dapat memberikan kesan natural. Sementara jika Anda suka dengan unsur kayu dan gaya desain scandinavian, Anda dapat mengkombinasikan warna-warna seperti coklat dan putih ke dalam desain kamar tidur. Jika Anda bosan dengan cat dinding, Anda pun dapat memilih wallpaper dengan variasi desain yang ditawarkan.

Dekorasi dan Material Furnitur Kamar Tidur

Pilihlah dekorasi dan furnitur untuk kamar tidur Anda sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda suka dengan desain klasik, menambahkan unsur ornamen dalam dekorasi kamar tidur Anda dapat dijadikan pilihan. Anda dapat memilih furnitur dengan detil ornamen seperti ukiran kayu sehingga menguatkan kesan klasik dan elegan. Jika Anda lebih suka desain kamar tidur minimalis modern, memilih dinding polos dengan warna-warna yang memberikan kesan bersih adalah pilihan yang tepat. Tambahkan furnitur-furnitur yang mengadapsi bentuk-bentuk geometris agar memperkuat kesan minimalis modern.

Berapa bujet yang Anda miliki untuk mendesain kamar tidur?

Bujet adalah hal krusial yang perlu Anda perhatikan. Memastikan bahwa biaya yang Anda butuhkan untuk mendesain kamar tidur sesuai dengan bujet yang Anda miliki sangat penting untuk dilakukan. Berapa kira-kira biaya yang Anda butuhkan? Apakah Anda telah memperhitungkan bujet Anda dengan biaya yang dibutuhkan? Apakah bujet Anda mencukupi? Bagaimana jika bujet yang Anda miliki ternyata minim? Apa yang harus Anda lakukan?

Disinilah tugas seorang profesional arsitek dan desainer interior. Selain membantu untuk menata kamar tidur Anda, adanya mereka akan membantu untuk menemukan solusi terbaik desain kamar tidur dengan biaya sesuai dengan bujet.

Anda dapat menemukan profesional arsitek dan desainer interior hanya di Arsitag. Selain dapat melihat profile dan berbagai inspirasi desain kamar tidur yang pernah mereka kerjakan, Anda dapat langsung mengontak dan berkonsultasi dengan mereka.