Desain Kamar Tidur minimalis, Kamar Tidur modern, Kamar Tidur industrial

Foto inspirasi dan ide desain kamar tidur minimalis, kamar tidur modern, kamar tidur industrial.


Kamar tidur adalah salah satu ruang di dalam rumah yang tergolong sebagai area privat. Fungsi utamanya sebagai tempat untuk beristirahat tentu menuntut bentuk desain senyaman mungkin bagi pemiliknya. Pastinya, Anda menginginkan penataan ruang tidur yang sesuai dengan selera dan karakter Anda. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mendesain kamar tidur, contohnya adalah sebagai berikut.

Kamar Tidur sebagai Ruang Istirahat dan Aktivitas Tambahan

Bukan hanya menjadi tempat beristirahat setelah beraktivitas di luar rumah, sebagian orang juga menjadikan kamar tidur sebagai tempat untuk beragam aktivitas lainnya. Tak heran jika ada beberapa yang sengaja menggabungkan kamar tidur dengan aktivitas hobi atau bahkan tempat untuk bekerja. Selain selera, mengetahui fungsi tambahan yang Anda butuhkan adalah salah satu langkah pertama yang diperlukan dalam menentukan desain kamar tidur.

Untuk Siapa Kamar Tidur ditujukan

Berdasarkan fungsi dan siapa penghuninya, kamar tidur tidak hanya memiliki satu tujuan dan mempunyai beberapa perbedaan. Misalnya, kamar untuk tamu yang tentu saja berbeda untuk kamar pemilik rumah. Jenis kamar tidur terbagi menjadi tiga, yaitu kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan kamar tidur tamu. Ketiganya tentu memiliki perbedaan baik secara luas, fungsi, maupun desain kamar tidur yang sesuai dengan penghuni kamar tersebut.

Luas Ruang Kamar Tidur

Ukuran kamar tidur sangat bervariasi, mulai dari 2x3, 3x3, 3x4, atau bahkan lebih besar. Umumnya, ukuran kamar tidur yang paling sering digunakan adalah 3x3 dan 3x4. Ukuran tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan dasar sebuah kamar tidur mulai dari tempat tidur, nakas, lemari pakaian, dan meja rias. Namun, terkadang luas ruang kamar tidur bisa menjadi salah satu tantangan dalam menentukan furnitur desain interior kamar. Ketahui apa yang diberikan oleh luas ruangan dan seperti apa cara untuk menatanya.

Misalnya, pada kamar tidur sempit (ukuran <9m2), Anda dapat menyiasatinya dengan pemilihan warna terang untuk dinding, penggunaan dekorasi ruangan sesuai kebutuhan, dan pemilihan furnitur yang efisien dan fungsional. Salah satu tips untuk desain kamar tidur sempit bisa pada pemilihan pintu. Penggunaan pintu geser dapat Anda jadikan pilihan untuk menghemat sirkulasi kamar tidur dengan luas yang terbatas.

Pada kamar tidur luas (ukuran >12m2), tata letak furnitur dan desain kamar tidur tentu bisa lebih bebas. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat kamar tidur Anda malah terlihat padat dan berantakan. Pilihlah furnitur sesuai kebutuhan dan fungsi yang Anda butuhkan pada kamar tidur Anda.

Pemilihan Furnitur

Pemilihan furnitur yang efisien dan fungsional serta tata letak furnitur yang tepat dapat menghasilkan desain kamar tidur yang berfungsi secara optimal. Inilah mengapa memilih dan menata furnitur menjadi bagian penting saat akan mendesain kamar tidur. Perlu diingat, perhatian pada letak pintu dan jendela atau bukaan dalam kamar tidur juga penting saat mendesain. Yang jelas, utamakan furnitur esensial seperti tempat tidur, lemari pakaian,  rak samping (nakas), dan meja rias. Jika masih ada cukup ruang pada kamar, Anda dapat menambahkan furnitur dan dekorasi tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan aktivitas.

Konsep Desain Kamar Tidur Sesuai Selera

Setiap orang memiliki selera yang berbeda. Entah itu elegan, minimalis, modern, semua bisa saja dilakukan pada desain kamar tidur Anda. Setelah mengetahui selera Anda, pemilihan warna serta dekorasi material furnitur pun akan menjadi konsentrasi utama Anda. Sebaiknya, Anda memilih warna-warna yang mampu membawa suasana tenang. Warna-warna seperti hijau, coklat, putih, abu-abu, ataupun biru dapat Anda jadikan pilihan.

Pilihlah dekorasi dan furnitur untuk kamar tidur sesuai kebutuhan. Jika Anda suka dengan desain klasik, menambahkan unsur ornamen dalam dekorasi kamar tidur Anda dapat dijadikan pilihan. Anda bisa memilih furnitur dengan detil ornamen seperti ukiran kayu sehingga menguatkan kesan klasik dan elegan. Jika Anda lebih suka desain kamar tidur minimalis modern, memilih dinding polos dengan warna-warna yang memberikan kesan bersih adalah pilihan yang tepat. Tambahkan furnitur-furnitur yang mengadapsi bentuk-bentuk geometris agar memperkuat kesan minimalis modern.

Berapa bujet yang Anda miliki untuk mendesain kamar tidur?

Bujet adalah hal krusial yang perlu Anda perhatikan. Pastikan jumlah biaya yang Anda butuhkan untuk mendesain kamar tidur favorit. Berapa kira-kira biaya yang Anda butuhkan? Apakah Anda telah memperhitungkan bujet Anda dengan biaya yang dibutuhkan? Apakah bujet Anda mencukupi? Bagaimana jika bujet yang Anda miliki ternyata minim? Apa yang harus Anda lakukan?

Di sinilah jasa profesional arsitek dan desainer interior datang untuk Anda. Selain membantu untuk menata dan mendesain kamar tidur, Anda pun juga akan mendapatkan solusi terbaik desain kamar tidur dengan biaya sesuai bujet.

Temukan arsitek dan desainer interior profesional hanya di Arsitag. Selain dapat melihat profil dan berbagai inspirasi desain kamar tidur yang pernah kami kerjakan di sini, Anda pun dapat langsung mengontak dan berkonsultasi dengan kami.