Desain Dapur minimalis, Dapur modern, Dapur industrial

Foto inspirasi dan ide desain dapur minimalis, dapur modern, dapur industrial.


Apalah arti semua rumah tanpa adanya dapur? Dapur merupakan area servis yang menjadi salah satu dari tiga area utama yang harus dimiliki oleh sebuah rumah.  Karena merupakan salah satu area esensial, maka desain dapur minimalis atau modern pun juga harus diperhatikan dengan baik. Dalam merancang desain ruang dapur, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan agar Anda dapat memiliki dapur dengan desain yang baik serta efisien.

 

Apa Saja yang Harus Ada dalam Sebuah Dapur?

Berdasarkan fungsi dan kegiatan yang biasa dilakukan, sebuah model dapur biasa didesain dengan perangkat utama yang dikenal dengan kitchen set. Kitchen set terbagi menjadi tiga bagian utama, antara lain:

-          Upper Cabinet, yaitu kabinet dapur yang terletak di bagian atas

-          Lower Cabinet, yaitu kabinet dapur yang terletak di bagian bawah

-          Countertop, yaitu meja dapur yang berada di antara upper cabinet dan lower cabinet. Bagain ini adalah untuk meletakkan kompor serta sink untuk cuci piring.

Sebuah model dapur minimalis pun juga harus memiliki elemen-elemen sebagai berikut.

-          Sink (tempat cuci piring)

-          Cooker (kompor)

-          Kulkas

-          Oven

-          Cookerhood (pengisap asap)

 

-          Kulkas

-          Oven

-          Cookerhood (pengisap asap)

 

Tipe Dapur Seperti Apakah Dapur yang Anda Inginkan?

Menentukan tipe model dapur tentu membutuhkan pertimbangan dari ukuran serta luas ruang yang Anda miliki. Di Indonesia, ukuran ruang dapur cukup variatif, mulai dari berukuran 2x2, 2x3, hingga 3x3. Dengan ukuran tersebut, Anda bisa mendapatkan tipe-tipe dapur sebagai berikut.

-          Dapur Single Line

Dapur Single Line adalah desain dapur minimalis yang memiliki kabinet dengan satu garis lurus. Tipe dapur ini sangat cocok diterapkan jika Anda memiliki desain rumah dengan luas dapur yang kecil. Dengan gaya tersebut, Anda akan mendapatkan kesan dapur minimalis yang tidak terlalu memakan banyak ruang.

-          Dapur Double Line

Dapur Double Line adalah desain ruang dapur yang memiliki kabinet dengan dua garis lurus yang berhadapan dan memberi ruang seperti lorong di tengah. Desain dapur ini membutuhkan ruang lebih luas jika dibanding desain dapursingle line. Keuntungannya, jumlah kabinet dapur pun bisa lebih banyak.

-          Dapur L – Shape

Dapur L – Shape adalah model dapur dengan kabinet berbentuk huruf L. Desain dapurL – Shape menjadi salah satu desain yang paling banyak digunakan. Bentuk L membuat area sirkulasi di dapur lebih luas. Desain ruang ini sangat cocok digunakan baik untuk dapur dengan luas kecil hingga besar.

-          Dapur U – Shape

Dapur U – Shape adalah desain dapur dengan kabinet berbentuk huruf U. Desain dapur U – Shape membutuhkan ruangan dapur yang cukup luas jika dibanding dengan desain dapur lainnya.

-          Dapur G – Shape

Dapur G – Shape adalah desain dengan kabinet berbentuk huruf G. Sama seperti halnya desain dapur U – Shape, desain G – Shape juga membutuhkan ruangan dengan dapur yang luas.

-          Dapur Island Shape

Dapur Island Shape adalah desain dapur dengan kabinet terpisah dari upper cabinet dan lower cabinet. Berbeda dengan desain tipe dapur lainnya, desain dapurisland shape memiliki kabinet yang terpisah hingga memberikan kesan eksklusif dan mewah dalam interiornya. Desain ini membutuhkan dapur dengan luasan yang besar.

Gaya Desain Apa yang Anda Inginkan?

Sebelum menentukan desain ruang dapur Anda, ketahui terlebih dahulu desain rumah yang Anda miliki. Lalu jika Anda ingin memiliki dapur yang sederhana dan tetap menarik, desain dapur minimalis dapat dijadikan pilihan. Jika Anda merupakan penggemar cita rasa elegan dan eksklusif, Anda dapat memilih gaya desain kontemporer atau modern. Dan bila Anda tertarik dengan desain yang unik, pilihlah desain industrial untuk dapur Anda. Selain itu, pemilihan gaya dapur juga akan berpengaruh pada pemilihan material untuk kitchen set dan meja dapur.

Material Apa yang Harus dipilih Saat Mendesain Dapur?

Pemilihan material akan menentukan seperti apa kesan dan tampilan yang dihasilkan oleh dapur Anda. Dalam mendesain sebuah dapur, ada banyak material yang dapat Anda pilih, misalnya sebagai berikut.

Material Perangkat Dapur (Kitchen Set)

Berbagai pilihan material untuk kitchen set ada bermacam-macam, mulai dari Multiplek/Plywood, Blockboard, hingga MDF (Medium Density Fiberboard). Ketiga material tersebut adalah material berlapis yang di-press dengan tekanan tinggi dan memiliki kelebihannya masing-masing, baik dari segi tekstur, ketahanan, dan harga. Secara ketahanan, multiplek memiliki kualitas paling baik dan memiliki harga yang paling mahal di antara ketiganya. Sedangkan MDF, meskipun tidak tahan terhadap air, material ini lebih murah dan lebih fleksibel di antara yang lainnya.

Material Pelapis untuk Kitchen Set

Material pelapis yang Anda pilih akan menentukan tampilan dalam dapur Anda. Untuk material pelapis dapur, berikut adalah beberapa material yang dapat dipilih : HPL (High Pressure Laminate), Decosheet, dan Cat Duco. Untuk Anda yang menginginkan dapur dengan desain elegan, memilih Cat Duco dapat Anda jadikan pilihan. Sementara jika Anda ingin bahan pelapis yang mudah dibentuk, Decosheet adalah pilihan yang baik. Untuk desain dapur minimalis dan sederhana, HPL dapat Anda jadikan pilihan karena memiliki harga yang relatif murah dan praktis.

Material Meja Dapur

Memilih material untuk meja dapur juga perlu dipertimbangkan, baik dari segi ketahanan dan juga tampilan desainnya. Laminasi menjadi salah satu material yang populer saat ini karena murah dan banyak variasi. Jika Anda ingin mendapatkan kesan mewah dan klasik, material seperti marmer dan granit dapat Anda jadikan pilihan. Bila ingin menampilkan kesan natural, maka pilihan material seperti kayu atau beton dapat dijadikan pilihan. Sementara itu, untuk kesan desain kontemporer dapat Anda dapatkan dengan menggunakan material stainless steel.

Berapa Bujet yang dibutuhkan untuk Mendesain Dapur?

Selain merancang desain dapur, hal lain yang menjadi pertimbangan utama adalah biaya. Apakah Anda sudah menentukan bujet untuk mendesain dapur? Tentunya, besaran biaya akan tergantung dengan luasan dapur dan desain dapur minimalis seperti apa yang diinginkan. Apabila ternyata bujet kurang, apa yang harus dilakukan? Bagaimana agar tetap mendapatkan desain dapur yang cantik dan sesuai dengan bujet Anda?

Solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan jasa profesional arsitek dan desainer interior. Di Arsitag, kami siap untuk membantu Anda menemukan solusi sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang Anda miliki.