Desain Dapur minimalis, Dapur modern, Dapur industrial

Foto inspirasi dan ide desain dapur minimalis, dapur modern, dapur industrial.



Cari: desain dapur minimalis  desain dapur skandinavia  desain dapur klasik  desain dapur industrial  desain dapur tradisional  desain dapur modern  desain dapur asian  desain dapur kontemporer  desain dapur tropis 

Makan merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Oleh karena itu, dapur, sebagai tempat untuk mengolah makanan, menjadi salah satu kebutuhan dasar dalam sebuah rumah. Menyiapkan, memasak, dan menyimpan menjadi tiga aktivitas utama yang biasa dilakukan di dalam dapur. Dengan fungsinya tersebut, desain seperti apa yang bisa diterapkan dalam dapur kita?

Untuk Anda yang ingin mendekorasi ulang dapur Anda atau sedang ingin mendesain dapur baru, Anda dapat mempertimbangkan hal-hal di bawah ini.

Apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah dapur?

Karena fungsinya sebagai area penyimpanan dan tempat memasak, dapur memiliki kebutuhan khusus jika dibandingkan dengan ruangan lain. Beberapa furniture dasar yang biasa ada di dapur antara lain : kabinet, bak cuci piring, dan area untuk persiapan. Disebut sebagai area basah, pemilihan material untuk furniture nya juga ada pertimbangan-pertimbangan tertentu, seperti harus tahan air, tahan panas, kuat, mudah dibersihkan, tidak licin, dan tahan lama.

Ide desain apa yang ingin Anda tampilkan untuk dapur Anda?

Model dapur seperti apa yang ingin Anda tampilkan? Apakah minimalis, industrial, scandinavian, atau klasik? Luas atau sempit area ruangan dapur Anda, akan menentukan seperti apa penataan dapur yang dapat dilakukan agar optimal. Bentuk dapur apa yang kira-kira Anda pilih? Apakah L-shape atau U-shape? L-shape adalah bentuk dapur secara umum. Sementara dengan memilih U-shape, area penyimpanan Anda akan lebih maksimal. Akan tetapi untuk bentuk U-shape dibutuhkan ruang dapur yang cukup luas. Untuk itu, pertimbangkan, berapa luasan area dapur Anda sebelum memilih bentuk dapur yang akan diterapkan.

Bagaimana menciptakan dapur yang fungsional dan tetap indah?

Dapur yang fungsional adalah hal pertama yang harus diciptakan. Tetapi, bukan berarti mengesampingkan keindahan ruangan. Anda dapat mendekorasi dapur Anda dengan warna-warna yang mendukung aktivitas sekaligus menampilkan kesan indah. Tidak hanya itu, pencahayaan juga dapat menciptakan suasana tertentu dalam dapur Anda. Anda dapat memilih general lighting (menyeluruh) maupun task lighting (menyorot area tertentu) untuk area dapur Anda.

Jika Anda masih bingung dan takut untuk bereksperimen dengan dapur Anda, mulailah dengan mencari contoh-contoh ide desain dapur untuk rumah Anda sehingga Anda dapat menemukan berbagai desain dapur yang menginspirasi.