Desain Taman Minimalis

Foto inspirasi dan ide desain taman minimalis.



Cari: desain taman skandinavia  desain taman klasik  desain taman industrial  desain taman tradisional  desain taman modern  desain taman asian  desain taman kontemporer  desain taman tropis 

Bagi sebagian orang, memiliki taman di area rumah menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ruang terbuka. Taman sebagai area terbuka, menjadi ruang untuk masuknya cahaya dan mengalirnya udara di dalam rumah sehingga rumah menjadi tempat yang nyaman dan sehat untuk ditinggali.

Masalah yang sering terjadi, banyak orang memiliki lahan yang tidak cukup besar untuk membuat sebuah taman. Karena terbatasnya lahan tersebut, beberapa orang menghabiskan lahannya untuk bangunan sehingga tidak ada ruang terbuka yang tersisa sebagai taman. Apa akibatnya? Hal tersebut menyebabkan kualitas udara di dalam bangunan kurang baik dan rumah cenderung tidak sehat.

Bagaimana untuk mengatasi situasi tersebut ? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan desain taman minimalis ke dalam hunian. Taman minimalis ini tidak melulu membutuhkan lahan yang luas. Dengan lahan terbatas, owner tetap dapat membuat sebuah taman di dalam rumahnya. Sesuai dengan namanya, taman minimalis berarti sebuah taman yang didesain minimalis dengan mengutamakan fungsi keberadaan taman dan tetap menampilkan unsur estetik taman.

Bagaimana cara untuk mendesain taman minimalis? Sebelum proses desain dilakukan, ada hal – hal yang harus dijadikan pertimbangan terlebih dahulu. Ada dua hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum mendesain taman minimalis, yaitu luas area dan posisi area taman.

- Berapa luas area yang dimiliki untuk dijadikan taman?

Luas area akan menentukan desain taman minimalis seperti apa yang dapat dibuat. Jika luas area tidak memungkinkan, taman tetap dapat dibuat secara vertikal. Ini sering disebut sebagai vertical garden.

- Dimana posisi taman yang ingin didesain?

Posisi lahan yang akan dijadikan taman akan menentukan desain taman minimalis seperti apa yang sesuai. Apakah lahannya berada di samping rumah, depan rumah, belakang rumah, atau ingin di dalam rumah (innercourt). Pertimbangan posisi tersebut akan berpengaruh terhadap jenis taman seperti apa, elemen apa saja, hingga jenis tanaman apa yang kira - kira dapat diaplikasikan dan baik digunakan.

Elemen taman sendiri ada dua macam, yaitu elemen taman softscape dan hardscape. Elemen taman softscape (elemen lunak) itu terdiri atas semua jenis tanaman yang dapat digunakan untuk membuat taman. Sementara elemen taman hardscape (elemen keras) meliputi elemen – elemen dalam taman yang berupa ornamen taman serta elemen dekoratifnya seperti patung, batu – batuan, kolam, lampu taman, dan sebagainya.