Desain Kamar Tidur Minimalis

Foto inspirasi dan ide desain kamar tidur minimalis.



Cari: desain kamar tidur skandinavia  desain kamar tidur klasik  desain kamar tidur industrial  desain kamar tidur tradisional  desain kamar tidur modern  desain kamar tidur asian  desain kamar tidur kontemporer  desain kamar tidur tropis 

Dalam sebuah rumah, kamar tidur merupakan area privat yang digunakan sebagai tempat beristirahat setelah seharian beraktivitas di luar rumah. Sesuai dengan fungsi tersebut, menciptakan sebuah ruang yang mampu memberikan efek psikologis damai, nyaman, menenangkan dan rileks menjadi keinginan setiap orang. Bagaimana caranya? Salah satu konsep yang dapat dijadikan pilihan adalah dengan menciptakan kamar tidur dengan desain minimalis.

Seperti apa itu konsep desain kamar tidur minimalis?

Kamar tidur minimalis merupakan ide desain yang digunakan untuk menciptakan ruangan dengan desain minimalis. Minimalis di sini dapat diartikan sebagai sebuah desain yang tidak banyak menggunakan jenis material maupun unsur dekoratif di dalamnya. Desain kamar tidur minimalis sangat cocok digunakan bagi mereka yang menginginkan kamar dengan suasana menenangkan dan tidak ramai.

Bagaimana cara untuk membuat kamar tidur minimalis?

Sebelum mendesain kamar tidur minimalis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dulu, antara lain adalah luas kamar tidur, posisi kamar tidur, fungsi kegiatan dalam ruangan dan material serta furniture ruangan.

- Luas kamar tidur

Sempit atau luasnya ruangan akan mempengaruhi impresi orang di dalam ruangan tersebut. Begitu pula dengan bagaimana menciptakan desain yang cocok dan tepat bagi ruangan. Desain minimalis menjadi salah satu desain yang dapat diterapkan dengan fleksibel baik dalam ruangan luas maupun sempit. Untuk kamar minimalis, hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan furniture dengan peletakan yang tepat. Karena untuk kamar dengan ukuran luas, jika penempatan furniture nya tidak tepat, akan ada ruang yang tampak kosong. Begitu pula ruangan di area yangs empit. Salah penempatan furniture akan mengakibatkan ruangan terasa penuh.

- Posisi kamar tidur dalam rumah

Dimana letak kamar tidur yang akan didesain? Apakah ada jendela, balkon, atau view ke arah luar seperti taman atau semacamnya? Hal ini akan berpengaruh pada bagaimana desain kamar yang cocok. Jika posisi rumah ada di area yang memungkinkan adanya bukaan keluar, maka akan menciptakan desain yang baik dan sehat karena cahaya dan udara dapat mengalir dengan baik.

- Kegiatan apa yang akan dilakukan

Apa saja yang akan dilakukan di dalam kamar tidur? Apakah hanya sekedar untuk tidur? Atau ada aktivitas lain yang akan dilakukan seperti membaca atau yang lainnya? Furniture apa yang dapat mendukung kegiatan tersebut? Dengan mengetahui aktivitas didalamnya akan memudahkan untuk mempersiapkan furniture apa saja yang dibutuhkan dalam kamar. Ini juga menjadi pertimbangan, apakah kira-kira luasan ruangan memungkinkan.

- Material dan furniture ruangan

Sesuai dengan definisi dari desain minimalis, desain minimalis tidak banyak menggunakan jenis material. Begitu juga dengan furniture. Desain minimalis cenderung menghasilkan desain yang sesuai dengan fungsi ruangan. Ini akan berpengaruh pada pemilihan furniture di dalamnya.

Kenapa memilih kamar tidur dengan desain minimalis?

Kebanyakan, desain kamar tidur minimalis ini menjadi solusi bagi keluarga-keluarga yang memiliki luas kamar tidur terbatas. Karena dengan luasan yang terbatas, pemaksimalan fungsi ruang dengan furniture yang sesuai dengan kebutuhan menjadi prioritas utama. Selain itu, desain kamar tidur minimalis ini sangat cocok jika ingin menghemat biaya karena dalam desain minimalis tidak terlalu banyak menggunakan unsur dekoratif. Bagi yang menyukai ketenangan dalam ruangan, desain kamar tidur minimalis juga dapat dijadikan pilihan terbaik. Bagaimana dengan Anda? Tertarik untuk mendesain kamar tidur Anda dengan desain minimalis?