Desain Kamar Mandi Minimalis

Foto inspirasi dan ide desain kamar mandi minimalis.



Cari: desain kamar mandi skandinavia  desain kamar mandi klasik  desain kamar mandi industrial  desain kamar mandi tradisional  desain kamar mandi modern  desain kamar mandi asian  desain kamar mandi kontemporer  desain kamar mandi tropis 

Sebuah rumah sederhana setidaknya memiliki 3 ruang pertama yang dibutuhkan, yaitu kamar (sebagai tempat beristirahat/berkumpul), dapur (untuk menyiapkan makanan), dan kamar mandi (sebagai area membersihkan diri). Dari ketiga ruang tersebut, kamar mandi menjadi salah satu ruang yang perlu mendapat perhatian khusus.

Kamar mandi disebut sebagai area lembab atau basah karena menjadi pusat tempat keberadaan saluran air kotor dan air bersih. Ini sebabnya desain kamar mandi perlu memperhatikan beberapa hal, baik dari jenis material yang akan digunakan hingga karakter dari bahan tersebut. Salah satu konsep desain kamar mandi yang bisa dijadikan alternatif adalah desain kamar mandi minimalis.

Kenapa desain kamar mandi minimalis?

Kamar mandi minimalis merupakan kamar mandi yang didesain dengan konsep minimalis, yaitu dengan penggunaan material dan bahan bangunan seminim mungkin. Desain kamar mandi minimalis menjadi alternatif yang dapat dipilih jika ingin memiliki kamar mandi yang simpel dan tidak terlalu banyak elemen dekoratif di dalamnya. Biasanya desain ini dipilih karena simpel sehingga memberikan kesan bersih dan rapi. Kesan bersih dan rapi yang ditonjolkan oleh desain minimalis tersebut juga menjadi poin penting guna menciptakan sebuah kamar mandi yang sehat.

Apa ciri-ciri desain kamar mandi minimalis?

Desain minimalis identik dengan tidak adanya ornamen berlebih, selain memang yang dibutuhkan oleh ruangan tersebut. Ciri lainnya adalah dengan tidak banyak menggunakan jenis material. Desain minimalis juga ditandai dengan penggunaan garis – garis tegas dalam desainnya, baik yang digunakan dalam unsur dekoratif maupun bentukan ruangan. Hal ini mengacu pada desain minimalis yang lebih mengutamakan untuk menciptakan desain yang mendukung fungsi ruangan.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat akan mendesain kamar mandi minimalis?

Sebelum mulai mendesain, perlu untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini, antara lain seperti luas area, posisi, serta pemilihan material dan furniture.

- Luas area dan posisi kamar mandi

Masalah yang sering terjadi dari sebuah kamar mandi adalah tidak adanya bukaan sehingga ruang kamar mandi terasa pengap dan berbau akibat udara tidak dapat mengalir. Selain soal desain, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh posisi dan luas area kamar mandi itu sendiri. Posisi kamar mandi akan menentukan desain seperti apa yang baik dan sehat. Sementara luas kamar mandi berpengaruh pada banyaknya furniture yang dapat digunukan. Dimana posisi kamar mandi Anda? Berapa besar luasannya? Apakah memungkinkan dibuat bukaan sebagai tempat sirkulasi udara? Apakah mungkin untuk menambahkan bathub di dalamnya? Sirkulasi udara yang baik dan cahaya yang cukup ke dalam ruangan kamar mandi, baik untuk kenyamanan dan kesehatan bagi pemakainya.

- Pemilihan material dan furniture

Selain sebagai tempat untuk membersihkan diri, biasanya kamar mandi juga dijadikan tempat untuk menyimpan peralatan mandi. Sehingga butuh menyiapkan area sebagai tempat penyimpanan. Material seperti apa yang bisa digunakan? Dalam desain kamar mandi, jenis material menjadi pertimbangan utama, mengingat areanya yang terus menerus terkena air. Baik untuk material bangunan maupun material untuk furniture di dalamnya, harus dipilih bahan yang kuat, tahan air, dan tidak licin.

Desain kamar mandi minimalis sangat fleksibel untuk diterapkan dalam tipe rumah apapun dan luas berapapun. Bagaimana dengan Anda? Apakah kira-kira tertarik untuk menciptakan kamar mandi dengan desain minimalis?