Desain Kamar Mandi minimalis, Kamar Mandi modern, Kamar Mandi industrial

Foto inspirasi dan ide desain kamar mandi minimalis, kamar mandi modern, kamar mandi industrial.

Filter

Bagaimana cara mendesain kamar mandi?

Mendesain kamar mandi dapat dimulai dengan menentukan gaya kamar mandi yang diinginkan berdasarkan ukuran kamar mandi. Kemudian sesuaikan dengan kebutuhan anda, apakah menginginkan kamar mandi dengan bak mandi atau shower, atau bahkan bathtub; membutuhkan kloset jongkok atau duduk, dan sebagainya.


Kamar mandi minimalis artinya tidak memiliki banyak aksesoris yang berlebihan. Desain kamar mandi minimalis sangat cocok diterapkan pada kamar mandi yang kecil karena mudah dibersihkan dan terlihat lebih lapang.


Apa saja kriteria kamar mandi yang baik?

Kamar mandi harus mudah dibersihkan, lantai tidak licin, pencahayaan cukup terang dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Dinding kamar mandi juga tidak boleh menyerap air karena selain akan berjamur, juga membuat kamar mandi semakin lembab. Dinding kamar mandi yang sering terkena air seperti area mandi dan shower sebaiknya diberi keramik.


Bagaimana memilih furnitur kamar mandi?

Furnitur kamar mandi seperti kloset, shower, keran dan wastafel sudah tentu terbuat dari bahan yang tahan air dan paparan sabun, seperti keramik dan stainless steel. Furnitur tambahan kamar mandi seperti rak alat mandi atau gantungan handuk sebaiknya terbuat dari plastik atau stainless steel, bukan dari bahan kayu yang mudah menyerap kelembaban, berjamur dan lapuk. Pilihlah furnitur kamar mandi yang menyesuaikan ukuran kamar mandi, untuk keleluasaan ruang gerak di kamar mandi.


Menggunakan furnitur yang 2 in 1 juga dapat menjadi alternatif furnitur kamar mandi. Kaca kamar mandi yang sekaligus sebagai rak penyimpanan dapat menjadi pilihan.


Bagaimana menata furnitur kamar mandi yang kecil?

Menata furnitur kamar mandi harus memegang prinsip keleluasaan gerak di dalam kamar mandi. Jika kamar mandi anda tergolong kecil, penggunaan kloset sudut dapat diterapkan. Penggunaan shower box juga menghemat penggunaan ruangan ketimbang menyediakan area shower sendiri.


Gunakan rak dinding untuk meletakkan perlengkapan mandi sehingga ruangan kamar mandi dapat terlihat lebih lapang. Jangan pernah meletakkan furnitur dengan ukuran yang besar. Gunakan furnitur serba guna seperti kaca kamar mandi yang sekaligus rak, atau wastafel yang sekaligus menjadi laci kamar mandi.


Bagaimana memilih keramik lantai dan dinding kamar mandi?

Lantai kamar mandi ialah bagian yang sudah pasti akan basah. Pilihlah keramik lantai kamar mandi yang tidak licin. Biasanya lantai kamar mandi memiliki pola/alur yang membuat lantai kamar mandi tidak licin jika dipijak. Pilihlah keramik lantai kamar mandi yang alurnya mudah disikat/dibersihkan sehingga tidak berjamur.


Dinding kamar mandi ialah bagian yang sering terkena air jika mandi. Penggunaan keramik dinding kamar mandi bertujuan untuk mencegah air menyerap ke dalam dinding yang membuat dinding menjadi lembab dan berjamur. Pilihlah keramik dinding kamar mandi yang mudah disikat dan dibersihkan sehingga kamar mandi akan terlihat bersih.


Bagaimana mengatur sirkulasi udara di kamar mandi?

Sirkulasi udara kamar mandi merupakan hal yang penting untuk menjaga kamar mandi tetap kering setelah dipakai. Sebaiknya kamar mandi memiliki akses ke udara luar seperti jendela atau ventilasi. Jika tidak memungkinkan, pikirkan penggunaan exhaust fan atau suction fan yang biasa dipasang di atas plafon kamar mandi. Sirkulasi udara kamar mandi yang lancar selain membuat kamar mandi menjadi tidak lembab, juga mengurangi bau dari kamar mandi.


Bagaimana mengatur pencahayaan di kamar mandi?

Pencahayaan di kamar mandi dapat berasal dari sinar matahari dan lampu. Saat siang hari, kamar mandi sebaiknya mendapatkan cahaya matahari yang banyak agar kamar mandi tidak lembab dan tetap kering. Cahaya matahari juga dapat membunuh jamur atau bakteri agar tidak berkembang biak di kamar mandi. Jika cahaya matahari tidak dapat mencapai kamar mandi melalui bukaan jendela atau ventilasi, penggunaan skylight dapat dilakukan. Skylight ialah lubang cahaya yang berada di langit-langit kamar mandi. Skylight dapat berupa genteng kaca atau penutup atap lainnya dengan bahan yang tembus cahaya.


Pemilihan lampu kamar mandi sebaiknya yang terang dan berwarna putih. Lampu kamar mandi yang berwarna putih dapat menimbulkan kesan bersih pada kamar mandi, selain itu pencahayaan yang baik dapat memudahkan dalam membersihkan kamar mandi.


Bagaimana merancang kamar mandi di dalam kamar tidur?

Kamar mandi di dalam kamar tidur dimaksudkan untuk memaksimalkan privasi serta kemudahan akses bagi si pemilik kamar. Yang perlu diperhatikan dari kamar mandi di dalam kamar tidur ialah bagaimana agar kelembaban kamar mandi tidak masuk ke dalam kamar tidur. Selain harus memenuhi kriteria kamar mandi yang tersebut di atas, kamar mandi di dalam kamar tidur harus diletakkan di sisi jauh dari tempat tidur atau furnitur lainnya di kamar tidur. Kamar mandi di dalam kamar tidur juga harus cepat kering dan mudah dibersihkan serta tidak mengeluarkan bau yang dapat masuk ke kamar tidur.


Pertimbangan renovasi kamar mandi

Merenovasi kamar mandi merupakan hal yang perlu dipertimbangkan masak-masak karena tidak hanya berkaitan dengan luas ruangan dan aktivitas ruangan, renovasi kamar mandi juga dipengaruhi oleh posisi plumbing atau pemipaaan air bersih maupun kotor, serta sanitasi dan drainase (pembuangan air dari wastafel dan floor drain). Renovasi kamar mandi juga harus memperhatikan letak septic tank agar pembuangan kloset menjadi efektif dan tidak mudah buntu.


Biaya renovasi kamar mandi juga harus dipikirkan karena harga furnitur kamar mandi seperti kloset, wastafel dan shower cukup menguras biaya. Sehingga butuh perencanaan yang matang untuk merenovasi kamar mandi agar nyaman, bersih, dan sehat.


Untuk mencari ide desain seperti apa yang kira-kira cocok dan sesuai dengan keinginan, Anda bisa memulainya dengan mencari contoh-contoh ide desain kamar mandi sebagai bahan inspirasi.