Desain Taman minimalis, Taman modern, Taman industrial

Foto inspirasi dan ide desain taman minimalis, taman modern, taman industrial.


Sesungguhnya, setiap rumah penting untuk memiliki sebuah taman. Keberadaan taman rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menciptakan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, taman juga bisa memberikan pencahayaan alami ke dalam rumah yang akan membuat rumah Anda sehat. Kesadaran untuk memiliki taman di rumah ini harus dimiliki terutama untuk Anda yang tinggal di tengah kota. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan saat Anda akan merancang desain taman di rumah?

 

Posisi Taman Rumah

Posisi akan menentukan ide desain taman seperti apa yang cocok untuk diterapkan, baik dari pemilihan tanaman yang cocok hingga gaya yang sesuai dengan lokasi taman. Berdasarkan lokasinya, taman di rumah dibedakan menjadi empat : taman depan, taman samping, taman belakang, dan taman dalam rumah (innercourt).

Taman Depan

Area depan adalah area yang terhubung langsung dengan lingkungan sekitar, sehingga taman depan juga akan dinikmati oleh orang-orang di sekitar Anda. Pastikan untuk membuat desain taman depan rumah yang mengandung estetika dan senada dengan desain rumah. Anda dapat memilih berbagai tanaman hias dengan warna-warna yang menyatu dengan nuansa rumah Anda.

Taman Samping

Area samping yang tidak terpakai oleh bangunan biasanya digunakan sebagai jalan alternatif atau jalan samping untuk masuk ke rumah. Daripada menjadikannya sebagai area yang jarang tersentuh, Anda dapat memanfaatkan area ini sebagai taman samping. Dan untuk tetap mewadahi fungsinya sebagai area sirkulasi, Anda dapat menambahkan desain jalan setapak dengan menggunakan paving block atau sejenisnya.

Taman Belakang

Manfaatkan lahan kosong di area belakang rumah Anda sebagai taman belakang. Dengan posisi area seperti ini , taman rumah Anda akan lebih privat dan dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Anda dapat menggunakan porsi ruang untuk kolam, gazebo atau patio. Pohon-pohon peneduh juga dapat ditambahkan ke dalam desain taman untuk menambah rasa nyaman, tenang, dan asri.

Innercourt

Innercourt adalah sebutan untuk taman yang berada di dalam ruangan. Jika Anda ingin menciptakan area hijau di antara ruang dalam rumah Anda, pilihlah beberapa tanaman hias dan juga tambahkan unsur air seperti kolam ikan. Suara gemericik air di dalam ruangan akan memberikan rasa tenang ke dalam rumah Anda.

Luas Lahan Menjadi Penentu Desain Taman

Luas dan sempitnya lahan akan menentukan desain taman seperti apa yang dapat diaplikasikan. Dengan lahan yang luas, Anda dapat dengan leluasa memasukkan elemen-elemen seperti kolam, patio, gazebo, dan tanaman-tanaman peneduh yang besar. Lalu bagaimana jika lahan untuk taman yang dimiliki sempit? Hal tersebut tak menjadi masalah untuk memiliki taman di rumah. Anda dapat memilih desain taman minimalis dan memilih tanaman hias yang tidak banyak memakan ruang. Anda juga dapat mencoba vertical garden. Vertical garden adalah taman yang didesain secara vertikal dengan dinding sebagai area. Jika Anda memiliki area rooftop yang tidak terpakai, Anda dapat memanfaatkannya sebagai roof garden. Hanya saja, membuat roof garden membutuhkan biaya yang cukup mahal dan perawatan yang tidak mudah.

 

Seperti Apakah Desain Taman di Rumah Impian Anda?

Desain taman rumah memiliki berbagai macam jenis . Apakah Anda sudah mengetahui desain seperti apa yang cocok untuk taman di rumah Anda? Berikut adalah beberapa jenis taman yang bisa Anda jadikan pilihan.

Taman Kering

Konsep taman ini tidak menggunakan unsur air di dalam desainnya, sehingga cocok untuk diaplikasikan di dalam rumah. Jenis tanaman yang dipilih adalah tanaman yang tidak banyak memerlukan air.

Taman Vertikal

Jenis taman rumah ini sangat cocok diaplikasikan untuk Anda yang tidak memiliki lahan di rumah. Manfaatkan dinding rumah sebagai bidang tanam untuk taman Anda. Taman vertikal akan membuat rumah Anda nampak menarik dan unik.

Roof Garden

Seperti namanya, roof garden adalah taman yang dibangun di bagian atap. Jenis taman ini dapat Anda jadikan pilihan jika lahan yang Anda miliki terbatas. Posisinya yang berada di atas rumah membuat taman menjadi eksklusif karena hanya dapat dinikmati oleh Anda dan keluarga.

Taman Minimalis

Bagaimana sebuah taman digolongkan sebagai model taman minimalis? Hal tersebut bergantung pada luas taman, penggunaan ornamen-ornamen sederhana, dan jenis tanaman yang tidak beragam dalam taman rumah.

Taman Jepang

Sesuai namanya, taman ini adalah jenis desain taman yang diadaptasi dari Jepang. Taman jepang identik dengan bonsai, bambu, dan kolam ikan koi. Sangat cocok diterapkan pada rumah minimalis.

Pilihan Elemen untuk Desain Taman Anda

Pada umumnya, elemen sebuah taman terbagi menjadi dua, yaitu softscape dan hardscape. Dalam sebuah desain taman, biasanya kedua elemen tersebut dikombinasikan sehingga menciptakan tampilan sebuah taman yang indah dan cantik.

Softscape (Elemen Lunak Taman)

Softscape adalah elemen-elemen lunak dalam sebuah desain taman. Yang termasuk dalam softscape yaitu berbagai jenis tanaman yang bisa dipilih untuk taman di rumah.


Hardscape (Elemen Keras Taman)

Ini adalah elemen-elemen keras atau kasar dalam sebuah desain taman. Hardscape cukup banyak jenisnya, mulai dari kolam, ornamental batu, paving block, batuan koral, pot, dek kayu, dan lain-lain.

Tentukan Bujet untuk Desain Taman

Yang paling utama selain memikirkan desain tentulah perumusan bujet pembangunan. Petakan kemampuan finansial Anda  agar ketika menggarap desain taman rumah Anda tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Namun, jika Anda masih bingung dalam perencanaan dan menyesuaikan dengan keinginan Anda, solusi yang paling tepat adalah menggunakan jasa profesional dari Arsitag.

Di Arsitag, Anda bisa menemukan solusi tanpa harus mengorbankan kebutuhan Anda bersama para arsitek dan desainer interior profesional. Di website Arsitag, Anda juga bisa melihat profil serta berbagai inspirasi desain taman yang telah mereka kerjakan. Mari wujudkan taman impian Anda dengan Arsitag.