Desain Atap minimalis, Atap modern, Atap industrial

Foto inspirasi dan ide desain atap minimalis, atap modern, atap industrial.



Cari: desain atap minimalis  desain atap skandinavia  desain atap klasik  desain atap industrial  desain atap tradisional  desain atap modern  desain atap asian  desain atap kontemporer  desain atap tropis 

Rumah terdiri atas tiga bagian utama, yaitu lantai, dinding, dan atap. Dari ketiga bagian tersebut, atap menjadi salah satu bagian yang cukup krusial. Fungsi utamanya sebagai bagian rumah yang menjaga dari terpaan panas dan hujan membuat desain atap harus dipertimbangkan, baik dari bentuk, pemilihan material, hingga sistem konstruksinya.

Indonesia sebagai negara tropis dengan curah hujan per tahun yang cukup banyak, membuat pemilihan jenis dan tipe atap perlu dipertimbangkan baik-baik. Bentuk atap terbaik untuk rumah dan bangunan di daerah tropis adalah rumah beratap miring. Dengan atap miring, akan memudahkan air hujan yang jatuh ke atap cepat turun ke tanah dan tidak terkumpul sehingga membebani atap. Akan tetapi, untuk situasi tertentu, beberapa keluarga memilih untuk menggunakan atap datar. Apakah ini bermasalah? Atap datar jika didesain dengan tepat dan memiliki fungsi tertentu tidak akan masalah.

Jenis atap apa yang kira-kira sesuai untuk rumah Anda?

Menentukan tipe atap mana yang ingin digunakan dalam rumah Anda dapat menyesuaikan dengan konsep rumah yang Anda gunakan. Jika Anda menginginkan konsep rumah tradisional maka bentuk atap bangunan atau rumah Anda tentu saja mengikuti standar aturan atap rumah tradisional.

Material apa saja yang bisa dijadikan pilihan?

Konsep akan menentukan bentuk atap. Bentuk atap akan menentukan struktur dan material apa yang dapat menjadi pilihan. Beberapa material penutup atap yang bisa dijadikan pilihan antara lain : genteng keramik, sirap, beton, metal,seng,asbes, dan kaca. Sementara untuk strukturnya, Anda dapat memilih struktur beton (dengan cor), kayu, dan juga baja. Dari konsep yang Anda tentukan sebelumnya, Anda bisa memilih material mana yang kira-kira cocok untuk memperkuat tampilan dari atap Anda.

Nah, konsep seperti apa yang Anda inginkan? Mulailah dengan mencari jenis dan bentuk atap mana yang sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Dari berbagai contoh yang Anda lihat, mungkin diantaranya ada yang dapat dijadikan bahan inspirasi.