Foto inspirasi dan ide desain ruang makan minimalis, ruang makan modern, ruang makan industrial.



Cari: Inspirasi ide desain ruang makan gaya minimalis  Inspirasi ide desain ruang makan gaya skandinavia  Inspirasi ide desain ruang makan gaya klasik  Inspirasi ide desain ruang makan gaya industrial  Inspirasi ide desain ruang makan gaya tradisional  Inspirasi ide desain ruang makan gaya modern  Inspirasi ide desain ruang makan gaya asian  Inspirasi ide desain ruang makan gaya kontemporer  Inspirasi ide desain ruang makan gaya tropis 

Makan di ruang makan, bagi sebagian orang biasanya hanya dilakukan pada acara-acara khusus, contohnya saat ada pertemuan keluarga besar. Kesibukan anggota keluarga di luar rumah menyebabkan acara makan bersama di ruang makan hanya efektif pada waktu-waktu tertentu seperti saat sarapan, makan malam, atau di akhir pekan ketika banyak anggota keluarga berada di rumah. Dengan sedikitnya waktu yang biasa kita gunakan di ruang makan, dekorasi dan ide desain seperti apa yang sebaiknya diterapkan untuk ruang makan kita?

Untuk Anda yang ingin mendesain ruang makan atau sedang berniat mendekorasi ulang ruang makan Anda, ada tiga hal yang bisa Anda pertimbangkan.

Furniture

Luas area ruang makan dan kapasitas jumlah anggota keluarga akan menentukan furniture seperti apa yang cocok dipilih. Dengan area ruang makan yang Anda miliki, baik luas maupun sempit, kira-kira bentuk meja makan seperti apa yang efektif untuk digunakan? Bundar atau kotak? Berapa ukurannya dan berapa kapasitasnya? Anda dapat menentukan kapastitas berdasarkan jumlah anggota keluarga Anda. Akan tetapi, Anda pun perlu mempertimbangkan luasan area ruang makan. Apakah cukup dengan jumlah anggota keluarga Anda dan apakah masih bisa lebih. Selain itu, Anda pun bisa menambahkan dekorasi pada dinding yang berhubungan dengan makanan atau mampu meningkatkan selera makan.

Konsep Ruangan

Pemilihan material furniture dan skema warna ruangan dapat menciptakan kesan tertentu dalam sebuah ruangan. Jadi, konsep ruangan seperti apa yang ingin Anda tampilkan di dalam ruang makan Anda? Apakah ruang makan yang minimalis, industrial, atau klasik? Lalu, bagaimana dengan warna ruangan? Pilihlah warna-warna yang mendukung konsep Anda dan dapat meningkatkan selera makan. Warna-warna yang bisa digunakan antara lain warna-warna hangat dan gelap.

Lighting

Pencahayaan yang tepat di dalam sebuah ruangan akan menciptakan suasana yang nyaman bagi penghuninya. Ruang makan bisanya menggunakan jenis pencahayaan yang disebut task lighting. Task lighting adalah sistem pencahayaan yang difokuskan pada suatu area dengan tujuan membantu aktivitas tertentu. Jarak penempatan lampu juga akan berpengaruh pada suasana yang ditimbulkan. Jika terlalu dekat jaraknya dengan meja makan, maka akan menimbulkan kesan tidak nyaman.

Bentuk, ukuran ruangan, dan material yang digunakan akan menciptakan desain ruang makan yang berbeda – beda. Jika Anda masih merasa ragu dan bingung, lihatlah beragam contoh ide desain untuk ruang makan rumah Anda, sehingga Anda dapat lebih banyak inspirasi baru untuk ruang makan Anda dan mendapat gambaran ruang makan seperti apa yang akan Anda miliki.