Desain Ruang Makan minimalis, Ruang Makan modern, Ruang Makan industrial

Foto inspirasi dan ide desain ruang makan minimalis, ruang makan modern, ruang makan industrial.


Tak hanya tempat untuk santap makanan, ruang makan juga menjadi salah satu tempat untuk berkumpul dengan keluarga. Ruang makan yang tepat adalah ruang yang dapat mengakomodasi kebutuhan penghuni rumah saat menggunakan ruang makan. Selain itu, ruang ini harus memenuhi kebutuhan ruang gerak pengguna dan furnitur yang digunakan. Dalam merancang desain ruang makan, mulailah dari melihat kebutuhan pengguna, seperti berapa orang anggota keluarga yang makan, atau apakah Anda sering mengundang orang untuk makan sehingga butuh kursi tambahan, dan sebagainya. Hal tersebut akan menentukan tahapan selanjutnya dalam merancang desain interior ruang makan seperti memilih furniture dan gaya ruangan.

Kriteria Desain Ruang Makan Ideal

Ruang makan haruslah bersih dan mudah dibersihkan karena aktivitas makan dilakukan di sini. Kenyamanan, tata letak penerangan, dan sirkulasi udara adalah hal-hal yang kerap menjadi perhatian rancangan desain ruang makan. Selain itu, peletakkan ruang makan yang dekat dengan dapur juga dianggap ideal karena akan memudahkan penyajian makanan dari dapur ke ruang makan.

Menata ruang makan dapat dimulai dengan menentukan furnitur utama yang digunakan dan kesan apa yang ingin didapatkan dari ruangan tersebut. Yang terpenting, ukuran meja dan kursi makan harus proporsional dengan ruang makan, serta memudahkan pergerakan dari penggunanya. Ciptakan suasana yang dapat membantu untuk lebih menikmati santap lauk Anda.

Jika ruang makan yang ada terbatas atau sempit, beberapa trik dapat dilakukan untuk mengakalinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan meja lipat, atau menggunakan meja ala Jepang yang tidak membutuhkan kursi. Setelah digunakan, meja makan dapat disimpan kembali dan ruang makan akan terasa lapang. Pemanfaatan dinding ruang makan juga dapat menjadi alternatif, di antaranya dengan membuat rak dinding untuk menyimpan peralatan makan. Pilihlah warna cat dinding cerah dan pastel karena selain menimbulkan kesan ruang menjadi lebih luas, warna-warna tersebut juga mempengaruhi kesan ruang makan.

 

Ragam Pilihan Desain Interior Ruang Makan

Apakah Anda pernah bingung ketika menentukan desain interior ruang makan? Jika ya, hal-hal di bawah ini dapat membantu Anda untuk membayangkan seperti apa rancangan yang sesuai dengan keadaan ruang pada rumah Anda.

Desain Interior Ruang Makan dan Dapur Menyatu

Untuk memudahkan pergerakan dan mengakali ruang yang sempit, buatlah dapur dan ruang makan dalam satu ruangan tanpa sekat. Untuk furnitur, gunakanlah yang seragam agar ruang makan dan dapur memiliki kesamaan tema.

Desain Interior Ruang Makan dan Dapur Terbuka

Ruang makan dan dapur yang terbuka dapat menjadi alternatif agar semakin banyak cahaya dan udara yang masuk ke dalam ruangan. Rancangan ruang ini harus memperhatikan kebersihan karena udara dan debu bisa saja masuk ke dalam. Desain ruang makan dan dapur terbuka biasanya menghadap ke arah ruang terbuka seperti taman, sehingga menambah pemandangan.

Desain Interior Ruang Makan dan Ruang Keluarga Menyatu

Selain menghemat ruangan, ruang makan sekaligus menjadi ruang keluarga juga dapat menjadi tempat berkumpul keluarga. Desain ruang ini biasanya tidak menggunakan meja makan yang besar dan kursi yang tinggi, melainkan ukuran meja yang lebih santai seperti meja makan ala Jepang yang rendah.


Ide desain seperti apa yang ingin Anda ciptakan dalam ruang makan Anda? Temukan berbagai contoh desain ruang makan di sini sebagai bahan inspirasi ruang makan Anda.