Ide Kreatif Desain Backsplash Dapur yang Unik dan Cantik

Ide Kreatif Desain Backsplash Dapur yang Unik dan Cantik | Foto artikel Arsitag

Desain backsplash dapur  dengan material akrilik karya Rootslab, via arsitag.com

Sebagai jantung rumah, dapur merupakan ruangan yang istimewa. Biarpun hanya digunakan untuk kegiatan memasak, jangan sampai Anda melupakan tampilan dapur. Terutama bagian dinding yang pertama kali terlihat ketika memasuki dapur.

Selain fungsinya untuk melindungi dinding dari cipratan air atau bahan makanan saat memasak dan mencuci peralatan dapur, backsplash juga bisa jadi pemanis dekorasi. Backsplash sendiri merupakan bagian vertikal dari dapur yang biasanya terletak di antara kabinet atas dan kabinet bawah. Ada banyak desain backsplash dapur yang membuat estetika dapur lebih cantik.

Mengingat desain dinding dapur berfungsi melindungi dinding dari cipratan, biasanya bahan yang digunakan pada backsplash dapur adalah material yang waterproff dan mudah dibersihkan. Nah, beberapa ide desain bakcsplash dapur berikut ini dapat Anda jadikan inspirasi untuk mempercantik tampilan dapur Anda di rumah.

Pilihan Keramik Warna Hitam untuk Tampilan Modern
Blacksplash dapur dengan keramik warna hitam, foto oleh Naomi Hébert, via unsplash.com

Blacksplash dapur dengan keramik warna hitam, foto oleh Naomi Hébert, via unsplash.com
 

Penggunaan keramik menjadi pilihan paling favorit untuk desain backsplash dapur yang manis dan indah. Selain karena relatif hemat biaya, bahan tersebut juga mudah dibersihkan dari cipratan noda-noda minyak. Pilihan warna dan motif dinding dapur cantik pun sangat beragam. Meskipun terlihat sederhana, justru backsplash berwarna hitam mampu menonjolkan kesan cantik dari ruangan dapur yang didominasi warna putih. Bersama dengan kursi stool warna hitam, backsplash ini berhasil menciptakan dapur monokrom hitam putih yang super keren.

Dapur Minimalis yang Keren dengan BacksplashKotak-Kotak
Desain backsplash dapur minimalis dengan backsplash keramik kotak-kotak, karya Studio Saya, via arsitag.com

Desain backsplash dapur minimalis dengan backsplash keramik kotak-kotak, karya Studio Saya, via arsitag.com
 

Anda sedang mencari ide tembok dapur yang cocok untuk dapur minimalis? Pemilihan backsplash keramik kotak-kotak putih akan menyulap dapur minimalis Anda terlihat semakin keren dan menarik. Biarpun terlihat simpel, namun tampilannya berkelas dan indah dipandang. Motif ini cocok untuk diterapkan pada dapur dengan gaya Skandinavian serba putih. Garis nat keramik kotak-kotak dapat memecah kesan monoton dari warna serba putih dengan sebuah pola teratur yang cantik.

Baca juga: 6 Tips Meng-Upgrade Dapur Rumah untuk Anda yang Mulai Sering Masak di Rumah
 

Elegan dan Mewah dengan Backsplash Marmer
Desain backsplash dapur dengan material marmer yang tampil mewah karya Atelier Hara, via arsitag.com

Desain backsplash dapur dengan material marmer yang tampil mewah karya Atelier Hara, via arsitag.com
 

Inspirasi desain backsplash dapur selanjutnya menghadirkan kesan yang elegan sekaligus mewah. Alasannya terdapat pada penggunaan backsplash dari bahan marmer yang terlihat berkelas. Selain itu, marmer juga dikenal tahan lama dan tangguh. Dengan konsep yang matang, pemilihan warna backsplash pun terlihat mewah, sehingga menambah kesan cantik dan alami pada area dapur yang memadukan warna putih gading dan kayu.

Dapur Tampak Luas dengan Material Kaca
Desain backsplash dapur dengan kaca gelap karya Rakta Studio, via arsitag.com

Desain backsplash dapur dengan kaca gelap karya Rakta Studio, via arsitag.com
 

Selain keramik dan marmer, Anda pun bisa menggunakan backsplash dari bahan kaca atau cermin. Akan tetapi, memang terbilang sangat jarang orang menggunakan kaca sebagai backsplash. Padahal, material tersebut mampu membawa tampilan dapur yang terkesan lebih mewah. Selain itu, keunggulan kaca atau cermin ampuh memberi kesan luas dan lega pada dapur, sehingga cocok juga untuk dapur sempit. Namun jangan lupa, pastikan Anda menggunakan material kaca yang dirancang khusus untuk kondisi dapur.

Cantik dan Unik dengan Motif Teraso
Permainan motif cantik dengan backsplash dapur solid surface karya Co+in Collaborative Lab, via arsitag.com

Permainan motif cantik dengan backsplash dapur solid surface karya Co+in Collaborative Lab, via arsitag.com
 

Inspirasi dapur berikutnya terlihat cantik dan mewah dari kombinasi warna abu-abu dan hitam yang berkilauan. Efek motif teraso yang berkesan vintage memang tidak mudah lekang oleh waktu. Tampilannya tetap elegan dan sangat Instagrammable. Pemilihan pola backsplash ini menghadirkan kesan indah pada dapur. Apalagi, dengan tambahan lighting yang tepat dari pemilihan lampunya untuk bagian backsplash, dapur Anda bakal semakin terlihat stylish.

Tampilan Unik dan Beda dengan Bata Ekspos
Desain backsplash dapur berani dengan bata ekspos karya Erwin Kusuma, via arsitag.com

Desain backsplash dapur berani dengan bata ekspos karyaErwin Kusuma, via arsitag.com
 

Buat Anda yang ingin tampil sederhana dan berbeda dari yang lain, coba terapkan desain backsplash dapur dengan bata ekspos seperti ini. Selain unik, ruangan dapur terlihat lebih menarik dan hangat untuk tempat berkumpul dan memasak. Ditambah lagi, bukaan kaca jendela membuat cahaya yang masuk berhasil menciptakan suasana dapur yang alami dan sejuk. Bahkan, di saat yang bersamaan juga menghadirkan gaya industrial yang elegan.

Baca juga: Desain Rumah Split Level dengan Skylight Super Keren
 

Dapur Bergaya Vintage dengan Keramik Motif Tegel Kunci
Desain backsplash dapur keramik motif tegel kunci karya DBC Interior, via arsitag.com

Desain backsplash dapur keramik motif tegel kunci karya DBC Interior, via arsitag.com
 

Siapa bilang hanya kafe saja yang bisa menerapkan konsep sentuhan zaman dulu yang unik dan lucu? Coba kombinasikan ide tersebut untuk dapur Anda dengan pemilihan keramik bermotif antik yang ditata dengan apik. Motif tegel kunci kembali marak digemari karena polanya yang membangkitkan nostalgia masa lalu yang manis.

Banyak orang kembali teringat akan masa kecilnya di dapur nenek yang selalu dipenuhi harumnya kue dan masakan yang lezat.  Anda pun dapat menciptakan memori itu ke dapur Anda dengan menggunakan keramik tegel kunci ini sebagai backsplash dapur.

Material keramik sangat mudah dibersihkan dan cenderung awet. Anda tinggal menentukan warna atau motif yang diinginkan. Kemudian, sesuaikan dengan bujet dan tema dapur Anda. Manfaatkan pilihan desain backsplash dapur cantik dan unik di atas sebagai inspirasi menarik untuk Anda coba!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

FX Prasetyo

Mulai menapaki dunia menulis sejak tahun 2014, FX Prasetyo mencoba membuka dunia dan memberikan manfaat bagi banyak orang melalui tulisan. Bekerja dengan waktu yang fleksibel adalah yang disukainya, selain juga menyenangi sepakbola dan hiking.



Hubungi ARSITAG