40 Foto dan Gambar Desain Rumah Minimalis Terkini

gambar gambar rumah minimalis

Rumah minimalis masih menjadi tren model rumah yang disukai oleh banyak orang. Hal ini dikuatkan dengan data pencarian netizen di mesin pencari Google yang menunjukkan bahwa kata kunci “rumah minimalis” selalu bertengger di posisi teratas dibandingkan model-model rumah lainnya. Gambar rumah minimalis yang menampilkan bentuk simpel dan kesan modern, menjadi salah satu faktor pemikat bagi para penggemarnya.

Namun, masih banyak orang yang salah mengerti dengan istilah “rumah minimalis”. Pada umumnya, mereka mengira, rumah minimalis adalah rumah dengan anggaran minimalis. Padahal, “minimalis” di sini maksudnya adalah gaya desain/style.

Gaya Desain Minimalis

Villa WRK karya Parametr Indonesia yang bergaya minimalis (Sumber: arsitag.com)

Gaya Desain minimalis lahir di era Modern sebagai respon terhadap gaya desain arsitektur yang grand dengan ornament yang berlebihan. Moto yang menjadi inti dari gaya minimalis adalah kutipan terkenal dari arsitek kenamaan Mies van der Rohe, “less is more” (lebih sedikit berarti lebih banyak). Artinya, desain minimalis mencoba untuk  sedapat mungkin mengakomodasi fungsi-fungsi sebuah bangunan dengan sesimpel atau sesederhana mungkin, tanpa dekorasi-dekorasi yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Jepang dan Skandinavia menjadi tempat gaya desain minimalis tumbuh subur. Ini didasari oleh gaya hidup banyak warganya yang memang menyukai kesederhaan dan tidak berlebih-lebihan. Seperti halnya yang tertuang dalam prinsip Zen, gaya hidup minimalis adalah gaya hidup yang mengutamakan hanya hal-hal yang esensial seperti ketenangan batin dan harmoni dengan alam.

Beberapa ciri umum gaya desain minimalis adalah sebagai berikut:

  • Garis-garis yang ‘bersih’
  • Bentuk geometris yang murni (umumnya kotak, persegi panjang, dan segitiga)
  • Komponen yang tegak lurus dan rapi
  • Pengulangan/repetisi yang menunjukkan keseragaman
  • Ruang terbuka yang simpel, tidak banyak berlekuk-lekuk/bersekat-sekat
  • Material yang simpel dan cenderung polos
  • Warna yang cenderung netral (putih, abu-abu, coklat)

Baca juga: Membedah Istilah Rumah Minimalis

Model Rumah Minimalis

Ada cukup beragam model rumah minimalis yang bisa dihasilkan dari prinsip desain minimalis. Tentu saja ini tergantung oleh kepiawaian dan selera dari sang arsitek maupun si pemilik rumah. Prinsip gaya minimalis memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi yang dapat membebaskan arsitek untuk berkarya.

Selat House karya Das Quadrat (Sumber: arsitag.com)

Ini adalah contoh model rumah minimalis yang umumnya dijumpai di Indonesia. Permainan geometris kotak dengan belahan jendela, garis awning, serta repetisi garis vertikal pada pagar menjadi ciri minimalis yang khas.

House at Taman Laguna karya Sontang Siregar (Sumber: arsitag.com)

Rumah karya Sontang Siregar ini merupakan contoh model rumah minimalis yang betul menekankan kesederhanaan; clean and simple. Bentuk yang benar-benar kotak dengan lubang-lubang jendela yang juga kotak, dinding yang benar-benar bersih, serta dominasi warna putih menjadikan minimalisme rumah ini betul-betul menonjol.

Baca juga: Yuk, Mengintip Rumah Super Minimalis karya Sontang Siregar

Villa Kamag karya Beni Sabara (Sumber: arsitag.com)

Gaya minimalis rumah ini sangat terasa dengan permainan geometris yang mengesankan sebuah kotak raksasa yang ditaruh di atas sebilah bidang dinding. Bersama warna cat dinding putih, dan abu-abu batu alam, dinding kaca beningnya menampilkan komposisi warna natural.

Tampak Depan Rumah Minimalis

Tiga tampak depan rumah berikut ini akan memperlihatkan dominasi garis-garis tegak lurus yang menjadi ciri khas rumah minimalis, baik itu berupa kisi-kisi kayu, pagar besi, garis-garis jendela kaca, bahkan garis belahan dinding.

Inset House karya Delution Architect (Sumber: arsitag.com)
Happy House karya Modernspace (Sumber: arsitag.com)
White Perforated Brick House karya Eben (Sumber: arsitag.com)

Gambar Rumah Minimalis

Beberapa gambar desain rumah minimalis berikut ini akan menunjukkan fleksibilitas gaya desain minimalis

Baca Juga: Inspirasi Rumah Gaya Jepang Dengan Sentuhan Minimalis. Banjarbaru Residence menggunakan permainan bentuk geometris segitiga dengan garis-garis horizontal dari material penutup dinding kayu. PB House menggunakan permainan atap yang diangkat sehingga menunjukkan garis-garis tiang/kolomnya. Sedangkan, Rumah Fadillah dirancang dengan menabrakkan bentuk geometris kotak dengan bidang-bidang kanopi teras dan garasi.

Banjarbaru Residence karya Monokroma Architect (Sumber: arsitag.com)
PB House karya DFORM (Sumber: arsitag.com)


Rumah Fadilla karya SOBAstudia (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis Sederhana

Rumah-rumah minimalis ini betul-betul menunjukkan kesederhanaannya. Selain ukurannya yang memang tidak besar, hampir tidak ada ornamen yang berlebihan. Semuanya tampil sesimpel mungkin, tetapi tetap dengan komposisi yang pas sehingga bentuknya kelihatan cantik.

E9 karya Dendy Darman (Sumber: arsitag.com)
A+A House karya Lukie Widya – LUWIST Spatial (Sumber: arsitag.com)
DJ House karya Sontang Siregar (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis Industrial

Gaya minimalis kerap kali dipadukan dengan gaya industrial yang menonjolkan material yang tidak diberi finishing seperti halnya beton ekspos dan komponen besi/baja yang umumnya dipakai untuk bangunan industri (pabrik).

Bare Minimalist karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Swadaya House by SUB (Sumber: arsitag.com)

AA Residence karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis Modern

Sebagai sebuah gaya desain yang lahir di zaman modern, gaya minimalis tidak jauh dari gaya modern, meski istilah ‘modern’ saat ini telah beralih makna dibandingkan saat pertama kali muncul. Saat ini ‘modern’ lebih berarti kekinian, mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Oleh karena itu, contoh-contoh minimalis modern di sini pun mengikuti perkembangan zaman saat ini. DDYW Residence menampilkan unsur modern pada rumah minimalis dengan menggunakan material plat aluminium pada façade depannya, sedangkan IPCW Residence bermain-main dengan bentuk geometris yang cenderung lebih futuristik. Adapun, Gading Residence menampilkan unsur modern dengan permainan pattern pagar dan jendela serta sentuhan warna hijau mudanya.

DDYW Residence karya Ivan Priatman Architecture (Sumber: arsitag.com)
IPCW Residence karya Ivan Priatman Architecture (Sumber: arsitag.com)
Gading Residence karya Atelier Cosmas Gozali (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis Skandinavia

Sebagaimana telah disinggung di awal artikel, Skandinavia menjadi lahan subur bagi desain minimalis. Oleh karena itu, gaya desain skandinavia yang mulai digemari saat ini sangatlah senada dengan gaya minimalis.

Haba House karya Dendi Darman (Sumber: arsitag.com)

Haliman 02 karya Helloembryo (Sumber: arsitag.com)

BBA Hikari House karya Alpha Interdesign (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis Mewah

Di bagian ini kita dapat melihat bahwa rumah minimalis bukan berarti rumah murah. Rumah minimalis bisa menjadi rumah yang sangat mewah, terutama bila menggunakan bahan-bahan material yang berkualitas premium.

R+E House karya DP+HS Architects (Sumber: arsitag.com)
SK Residence karya Rimba Construction (Sumber: arsitag.com)
IS House karya Studio Tonton (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis Split Level

Rumah split level artinya rumah yang memiliki lantai-lantai dengan ketinggian setengah level. Umumnya rumah ini didirikan di lahan yang memiliki kontur yang cukup curam. Banyak rumah split level dibangun dengan gaya minimalis. Berikut ini adalah contohnya.

White Cliff karya RDMA (Sumber: arsitag.com)

Splow House karya Delution Architect (Sumber: arsitag.com)
House at Pasteur karya Addo Architecture (Sumber: arsitag.com)

Interior Rumah Minimalis

Sebagaiman eksteriornya, interior rumah minimalis juga menekankan kesederhanaan, tidak banyak dekorasi yang rumit dan tidak diperlukan, serta memberikan kesan bersih dan rapi.

Interior 2E Residence karya Sontani Partners (Sumber: arsitag.com)
Misol House karya Somia Design (Sumber: arsitag.com)
Kamar mandi minimalis House 1 karya Tamara Wibowo (Sumber: arsitag.com)

Apartemen Minimalis

Apartemen pada umumnya memilik luasan yang lebih sempit dari landed house, karena berbagi ruang dengan unit-unit lainnya dalam satu gedung. Oleh karenanya, gaya minimalis yang hanya menonjolkan hal-hal yang esensial sangat pas untuk desain interior apartemen.

VL Apartment karya TRE Studio (Sumber: arsitag.com)
Apartmen Kebagusan karya La.casa (Sumber: arsitag.com)
One (+ One) Bedroom Apartment karya Akrkitekt.id (Sumber: arsitag.com)

Denah Rumah Minimalis

Berikut beberapa contoh denah rumah minimalis yang cenderung simpel, menggunakan grid yang yang sederhana, dan ruang open-plan untuk ruang keluarga, dapur, serta ruang makannya.

Denah Inset House karya Delution Architect (Sumber: arsitag.com)
Denah House X Gallery karya Dua Studio (Sumber: arsitag.com)
Lake House in West Java karya Eben (Sumber: arsitag.com)

Taman Rumah Minimalis

Taman minimalis pun menggunakan prinsip yang sama, yaitu dominasi garis, ruang terbuka yang luas, kesan bersih dan rapi.

Taman minimalis Aurora Villa karya Beni Sabara (Sumber: arsitag.com)
Taman minimalis Villa WRK karya Parametr Indonesia (Sumber: arsitag.com)
Taman minimalis rumah minimalis S+I House karya DP+HS Studio (Sumber: arsitag.com)

Semoga dengan banyaknya contoh di atas pembaca dapat lebih memahami konsep desain minimalis. Siapa tahu malah Anda jadi makin menggemarinya.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram