18 Desain Interior Ruang Tamu dan Kamar Tidur Sederhana

desain interior ruang tamu kamar tidur

Memiliki desain interior rumah kecil yang dirancang dengan hebat dan ditata secara fantastis adalah impian setiap orang. Namun, orang sering kali salah paham dengan menyatakan bahwa desain interior hanya membuang-buang uang saja karena rumah kecil tidak terlalu membutuhkan desain interior yang terlalu rumit. Faktanya adalah sebaliknya. Anda selalu dapat memilih ide desain interior murah, sederhana, namun menawan tanpa mengeluarkan banyak biaya dan menyebabkan masalah pada anggaran Anda.

Apakah desain interior?

aurang untuk menemukan solusi desain kreatif dalam menciptakan ruang-ruang fungsional di lingkungan interior yang mendukung kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan sang penghuni serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Desain interior mencakup berbagai komponen seperti pengembangan konseptual, sketsa ide-ide, perencanaan ruang, peninjauan lokasi, pemrograman, riset, komunikasi dengan pemangku kepentingan sebuah proyek, manajemen konstruksi, dan pelaksanaan desain.

Dengan mematuhi berbagai metode yang sistematis dan terkoordinasi termasuk riset, analisis, dan perpaduan keterampilan dan pengetahuan teknis yang luas ke dalam proses kreatif, desain interior murah tetap bisa menyatukan berbagai komponen tersebut agar kebutuhan dan sumber daya klien terpenuhi untuk menciptakan interior yang memenuhi tujuan proyek.

Sketsa desain interior kamar tidur yang sederhana karya Saichul Ludvi [Sumber: arsitag.com]

Desain interior rumah sederhana: Kreativitas & Ekonomis

Terlepas dari gaya yang akan Anda pilih untuk desain interior rumah minimalis Anda, pekerjaan ini tidak akan lengkap sampai Anda menambahkan beberapa aksen dan titik fokus yang ingin Anda tonjolkan. Untuk itu, Anda bisa mengadopsi segala macam strategi. Bahkan, dengan biaya minim pun Anda tetap bisa memiliki desain interior rumah sederhana yang unik dan orisinil. Berikut adalah solusi kreatif desain interior murah untuk ruang tamu dan kamar tidur yang sangat mudah Anda terapkan.

1. Teori warna

Keputusan tersulit ketika menata desain interior rumah kecil adalah warna apa yang tepat untuk sebuah ruang. Ini adalah salah satu cara paling murah dan termudah yang dapat Anda lakukan untuk mengganti tampilan sebuah ruangan agar terlihat lebih segar dan mampu mengubah suasana hati. Selain memberikan kenyamanan dan kemewahan dalam sebuah ruangan, dinding warna netral seperti abu-abu muda, beige, krem, dan sebagainya paling cocok untuk setiap musim. Anda bisa memadukannya dengan warna lain dalam satu ruangan.

Desain interior kamar tidur Summer Bliss Residence karya Meili Darmasetiawan [Sumber: arsitag.com]

2. Nuansa dinamis

Tentu saja, warna adalah cara yang sangat sederhana untuk menciptakan gaya pop. Jadi, jika Anda ingin mengubah suasana di rumah Anda dan membuatnya lebih dinamis dan bersemangat, pilihlah warna-warna berani. Kombinasikan dengan warna-warna furnitur dan buatlah ide baru. Beri campuran nuansa yang berbeda dan gunakan pola dan tekstur yang berbeda untuk membuatnya lebih menonjol seperti pada desain interior ruang tamu berikut ini.

Desain interior ruang tamu Urban Pop House karya Vindo Design [Sumber: arsitag.com]

3. Karya seni kreasi sendiri

Cara lain untuk menambahkan beberapa aksen pada desain interior rumah sederhana adalah menciptakan karya seni kreasi Anda sendiri, meskipun hanya sketsa simpel. Cara ini akan membuat ruangan terasa lebih personal dan intim. Anda dapat menambahkan sesuatu yang mewakili kepribadian Anda dalam dekorasi ruangan ini, misalnya dengan menempelkan dekorasi pola mozaik buatan sendiri atau sarung kursi ottoman dari kain perca warna-warni.

Desain interior ruang tamu Kemang Residence karya Vindo Design [Sumber: arsitag.com]

4. Kanvas berpola

Buatlah kanvas berpola khusus untuk dipajang di dinding. Anda bisa menggunakan template dari kardus, sketsa freehand, atau sesuatu yang sedikit lebih artistik seperti dalam gambar di bawah ini. Biarkan bakat seni Anda berbicara.

Desain interior kamar tidur Residential Project South Jakarta karya MA Interior Design [Sumber: arsitag.com]
Desain interior ruang tamu Villa Tamansari karya DAP Studio [Sumber: arsitag.com]

5. Pajang koleksi

Terkadang cara bagus untuk menghemat uang adalah menggunakan apa yang sudah Anda miliki. Jadi, Anda bisa menata desain interior rumah minimalis sederhana dengan memajang barang-barang koleksi Anda, bisa berupa apa saja mulai dari koleksi perangko sampai koin kuno dan buku tua. Gunakan rak-rak tempel jenis konsol untuk memajang koleksi Anda.

Desain interior ruang tamu Rumah Paris karya Vindo Design [Sumber: arsitag.com]

6. Solusi headboard

Tidak semua kamar tidur memiliki ruang yang diperlukan untuk headboard. Bahkan, jika kamarnya cukup besar, headboard bisa sangat mahal. Tetapi, headboard tidak hanya menyiratkan kenyamanan, namun juga tentang gaya dan efek yang diciptakannya dalam ruangan. Jadi, Anda bisa menciptakan efek itu dengan menggunakan metode lain yang lebih hemat, misalnya dengan memasang stiker dinding atau melukis headboard dengan gaya Anda sendiri.

Desain interior kamar tidur Residential Project South Jakarta karya MA Interior Design [Sumber: arsitag.com]

7. Cermin berbingkai

Selain membuat ruangan tampak lebih lapang, cermin memiliki banyak fungsi dalam ruangan. Cermin juga merupakan solusi desain interior murah dan fleksibilitasnya memungkinkan cermin untuk digunakan di hampir semua ruangan. Dengan bingkai yang indah, maka cermin pun bisa menjadi karya seni indah.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Minimalis Kontemporer

Desain interior ruang tamu Apartment Residence 8 Senopati karya yasinta tri wasiati [Sumber: arsitag.com]

8. ‘Mix’ tetapi jangan ‘match’

Pola pada umumnya adalah cara menciptakan focal point dalam ruangan. Pola biasanya digunakan pada aksen, tetapi juga bisa dicampur dan digunakan secara luas dalam desain interior rumah sederhana. Misal, kamar tidur ini memiliki banyak pola dan warna. Meski sangat berbeda, kamar ini berinteraksi dengan indah.

Desain interior kamar tidur Apartment at Pluit karya Architium Design [Sumber: arsitag.com]

Dengan konsep pola campuran yang sama, Anda juga bisa menciptakan tampilan yang baru dan segar pada desain interior ruang tamu Anda.

Desain interior ruang tamu Kemang Residence karya Vindo Design [Sumber: arsitag.com]

9. Buatlah galeri keluarga

Cara lain untuk menonjolkan kepribadian Anda dalam desain interior rumah minimalis sederhana adalah dengan memajang foto-foto berbingkai. Misal, Anda bisa membuat galeri keluarga khusus dengan menampilkan foto semua anggota keluarga di ruang tamu. Anda juga bisa menggunakan ide yang sama untuk ruangan lain agar lebih mengundang dan nyaman.

Desain interior ruang tamu UB House karya mki [Sumber: arsitag.com]

10. Proyek DIY

Terkadang Anda merasa perlu mengubah dekorasi ruangan Anda dan menambahkan sesuatu yang segar dan baru. Untuk desain interior murah, Anda tidak perlu membeli perabot baru, namun bisa membuatnya sendiri secara kreatif. Selain perasaan senang karena membuat hasil karya tangan sendiri dari daur ulang berbagai perabot, proyek DIY (Do-It-Yourself) adalah cara murah untuk menghias ruangan Anda. Jangan takut bereksperimen.

Proyek DIY Roemah Singgah #1 karya KsAD [Sumber: arsitag.com]

11. Tumpukan bantal

Desain interior ruang tamu Anda tampak membosankan? Tidak ada yang lebih nyaman selain dari setumpuk bantal empuk pada sofa Anda. Kumpulkan bantal dari yang ada di rumah Anda dan aturlah pada sofa Anda. Pilihlah bantal yang memiliki pola dan bentuk berbeda dalam aneka warna komplementer untuk tampilan yang tidak serasi, namun dinamis.

Desain interior ruang tamu Kota Ayodhya Apartment Show Unit 2 Bedroom karya Teddykoo [Sumber: arsitag.com]

12. Aksen tirai

Untuk desain interior rumah kecil dengan plafon rendah, window treatment ini dapat ditempatkan secara strategis. Buatlah ruangan tampak lebih tinggi dengan memasang tirai setinggi plafon.

Desain interior ruang tamu Apartment at Pluit karya Architium Design [Sumber: arsitag.com]

Selain memilih warna tirai yang pas untuk desain interior ruang tamu, Anda juga bisa menghias tirai dengan menggunakan pengikat dari syal, ikat pinggang, pita, dan lain sebagainya, atau aksesoris lain buatan sendiri untuk mempercantik tirai. Untuk cantik, tidak perlu mahal, bukan?

Desain gorden Modern Ethnic House karya Iwan Sastrawiguna [Sumber: arsitag.com]

13. Kanopi

Jika plafon Anda rendah, pasanglah tirai atau seprai lama yang berfungsi sebagai kanopi. Carilah kain dengan pola atau warna yang Anda suka dan gunakan tiang-tiang penyangga tirai. Menggantung tirai dari langit-langit juga dapat menonjolkan nilai arsitekturnya.

Desain interior kamar tidur Manhattan Villa at Canggu karya Yaph Studio [Sumber: arsitag.com]

14. Memajang piring

Piring dengan motif dan warna unik membuat dinding tampak lebih segar. Variasikan menurut ukuran, warna, dan tekstur. Pasanglah piring yang paling unik di tengah.

Desain interior ruang tamu Residential Project South Jakarta karya MA Interior Design [Sumber: arsitag.com]

15. Tumpukan buku

Masalah utamanya adalah banyak tumpukan buku di ruang tamu Anda. Mengapa tidak memanfaatkan koleksi buku Anda sebagai salah satu elemen desain interior ruang sederhana?

Tumpukan buku dengan sampul beraneka warna cerah tentu akan menarik perhatian. Susunlah buku pada rak dinding ruang tamu. Jika rak tidak cukup tinggi atau cukup luas untuk menampung koleksi buku Anda, susunlah di permukaan yang rata, seperti bangku atau meja.

Desain interior ruang tamu De's House karya Tridivan Architama [Sumber: arsitag.com]

16. Cantik alami

Mengapa menghabiskan banyak uang untuk menambahkan aksen padahal Anda sudah memiliki keindahan alami itu? Yup, untuk desain interior rumah kecil Anda yang bergaya alami, tidak ada salahnya mengekspos material alami seperti misalnya dinding batu bata, lantai beton, dinding batako, dan sebagainya. Perpaduan berbagai material ini menciptakan tekstur dan keindahan yang alami. Anda bisa menghidupkan suasana dengan menambahkan seprai dan sarung bantal warna cerah.

Desain interior kamar tidur Taman Tengah House at Kranggan karya AKANOMA YU SING [Sumber: arsitag.com]
Desain interior ruang tamu Taman Tengah House at Kranggan karya AKANOMA YU SING [Sumber: arsitag.com]

17. Teks kreatif

Inilah solusi yang tepat untuk desain interior murah pada dinding putih polos. Sesuaikan window treatment dengan teks. Cetak huruf dengan font favorit Anda dan pasang bingkai untuk mempercantiknya.

Desain interior ruang tamu Kota Ayodhya Apartment Show Unit 2 Bedroom karya Teddykoo [Sumber: arsitag.com]

18. Tambahkan tanaman

Tanaman atau bunga adalah salah satu cara terbaik untuk menghidupkan sebuah ruangan. Pasanglah tanaman pada vas bunga unik untuk tampilan yang baru.

Desain interior ruang tamu Home Interior Design karya Alexander Cal [Sumber: arsitag.com]

Jadi, sekarang Anda bisa melihat bahwa tidak butuh banyak biaya untuk menciptakan tampilan desain interior rumah minimalis yang kelihatan mahal. Ikuti saja tip dan trik tersebut di atas, maka Anda juga bisa memiliki desain interior yang menawan dengan anggaran minim.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram