Bagaimana Cara Mendesain Interior Kamar Tidur Anak yang Lucu dan Ceria

Bagaimana Cara Mendesain Interior Kamar Tidur Anak yang Lucu dan Ceria | Foto artikel Arsitag
Cover:SIMPLE INTERIOR HOUSE di Lombok karya liska yulianti tahun 2013(Sumber: arsitag.com)

Desain interior kamar tidur sebagai area paling akrab dengan anak-anak bukanlah hal yang sepele. Kompleksitas kebutuhan dan angan-angan anak membuat proses desain kamar tidurnya harus detail. Bagi anak, kamar tidur adalah dunia mereka. Di kamar tidur mereka bisa beristirahat, belajar, dan bermain. Anak harus merasa nyaman dan aman saat berada di dalam kamar tidurnya. Itulah sebabnya, desain interior kamar tidur anak harus dirancang sekreatif dan seunik mungkin, serta disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan, dan cita-citanya, agar tidak membosankan. Malahan, ada harapan lebih agar desain interior kamar tidur bisa membangkitkan rasa ingin tahu, kreativitas, bahkan meningkatkan inteligensi mereka.

Ada beragam pilihan desain kamar tidur yang ditawarkan berbagai outlet furnitur. Memang desain mereka unik, lucu, dan sepertinya bagus untuk anak-anak. Akan tetapi, apakah itu benar-benar sesuai dengan kebutuhan anak?  Bukankah lebih unik jika bisa menuangkan ide kreatif Anda untuk kamar anak tersayang? Selain itu, desain tersebut pastilah lebih berkesan karena kamar tidur itu merupakan hasil pemikiran bersama Anda dan anak Anda. Nah, artikel ini akan memberikan tips dan trik bagaimana cara mendesain interior kamar tidur anak yang lucu dan ceria.

1. Desain interior kamar tidur sesuai cita-cita anak

The Canvas House di Pondok Indah, Jakarta karya PT. MODULA tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

The Canvas House di Pondok Indah, Jakarta karyaPT. MODULAtahun 2015(Sumber: arsitag.com)

Jika anak Anda bercita-cita menjadi pelaut, dukunglah angan-angannya itu lewat desain interior kamar bertopik laut ataupun perahu. Jika ia penggemar film ‘Popeye’, desain kamar bernuansa biru pastilah akan nyaman dan membuat suasana hatinya ceria. Wallpaper bermotif perahu, bentuk tempat tidur seperti sekoci, serta dinding bercat biru gelap berhiaskan ‘lifebuoy’ akan membuat angan-angannya setinggi langit.

Ang House karya CATIA interior design tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Ang House karya CATIA interior designtahun 2015(Sumber: arsitag.com)

Wallpaper motif kapal layar juga bisa mempercantik kamar tidur anak perempuan, tetapi kali ini dipadukan dengan warna-warna pastel yang lebih lembut. Desain interior seperti ini masih akan terasa nyaman dan cocok sampai anak tumbuh dewasa.

2. Desain kamar tidur hitam putih

Alanza Interior Design karya Alanza Architecture tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Alanza Interior Design karya Alanza Architecture tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Hitam putih? Untuk kamar anak? Apa cocok? Alanza Architecture menjawabnya dengan cerdik dan memukau. Hitam putih moo…moo… ‘Si Sapi’ pasti lucu dan sangat menyenangkan untuk anak-anak. Desain interior dengan motif warna sapi membuat anak merasa dekat dengan alam. Apalagi, taman bak padang rumput menjadi pemandangan dari jendela. Wah, jiwa petualang dan kecintaan anak akan alam pastilah tergugah!

3. Desain rumah di dalam kamar tidur

3. Desain rumah di dalam kamar tidur

Kamar tidur anak bergaya skandinavian di Griya Loka karya liska yulianti tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)
Kamar tidur anak bergaya skandinavian di Griya Loka karyaliska yuliantitahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Desain interior kamar tidur berbentuk rumah seolah-olah menciptakan dunia sendiri untuk anak. Wallpaper bergambar awan membuat rumah di atas awan sebagai perlambang harapan dan cita-citanya yang tinggi, memberinya rasa aman, nyaman dan kebebasan untuk bertanggung jawab terhadap ‘rumahnya’ sendiri.

Inset House di Jatibening, Bekasi karya Delution Architect tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Inset House di Jatibening, Bekasi karya Delution Architecttahun 2016(Sumber: arsitag.com)

SIMPLE INTERIOR HOUSE 2 di Jakarta karya liska yulianti tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

SIMPLE INTERIOR HOUSE 2 di Jakarta karya liska yuliantitahun 2016(Sumber: arsitag.com)

Wallpaper bermotif awan ataupun tetesan air, mungkin sudah tidak difavoritkan lagi untuk anak-anak berusia 10 tahun ke atas. Anda tidak perlu mengganti keseluruhan desain kamar tidurnya. Ganti saja wallpaper-nya dengan motif lain yang sesuai dengan perkembangan usianya. Motif peta dunia pastilah cukup menarik, sekaligus mendukung pendidikannya yang sedang mempelajari keadaan alam Indonesia dan dunia. Kalau Anda tidak menemukan toko yang menjual wallpaper dengan motif yang diinginkan, Anda bisa mengajak anak Anda menuangkan kreativitasnya dengan melukis di dinding kamarnya. Jika menggambar peta dunia sendiri di kamarnya, pastilah ia akan meraih nilai baik pada mata pelajaran IPS dan PPKn. Bahkan, lukisan dinding hasil karyanya akan memberi kepuasan tersendiri dan memberinya kesempatan untuk menuangkan ide-idenya.

Baca juga: 10 Tips Mengajarkan Anak dalam Menata Kamar Tidur Bersama

Project House Ciganitri (Child Room) di Bandung karya irvan ginanjar tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Project House Ciganitri (Child Room) di Bandung karyairvan ginanjar tahun 2017(Sumber: arsitag.com)

Dalam perkembangannya, desain interior kamar tidur untuk anak yang lebih dewasa masih bisa menggunakan rangka tempat tidur ‘rumah’yang lama. Anda hanya perlu mengganti wallpapernya dengan bata ekspos ataupun dengan warna favorit lainnya.

Baca juga: Tips Cerdas Menciptakan Kamar Anak untuk Jangka Panjang

4. Desain interior kamar tidur untuk dua anak

apartment rasuna & Residential di Jakarta karya dian hardiansyah tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

apartment rasuna & Residential di Jakarta karyadian hardiansyahtahun 2011(Sumber: arsitag.com)

Desain interior kamar tidur untuk dua anak ataupun anak kembar harus tetap memperhatikan batasan privasi tiap anak. Ada area yang bisa dipakai bersama, namun tetap harus ada area pribadi. Konsep ini untuk mengajarkan anak saling berbagi dengan tetap menghormati hak masing-masing.

Kamar Anak Permata Hijau di Jakarta Barat karya Hive Design & Build tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Kamar Anak Permata Hijau di Jakarta Barat karyaHive Design & Build tahun 2017(Sumber: arsitag.com)

Baca juga: Desain Kreatif Kamar Tidur untuk Banyak Orang

5. Desain interior kamar tidur untuk anak perempuan

Rumah Sudut di Singapura karya Lewin Nuramin tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)
Rumah Sudut di Singapura karyaLewin Nuramintahun 2012(Sumber: arsitag.com)

Untuk anak perempuan, ada hal lain yang harus diperhatikan pada desain interior kamar tidurnya. Sifat anak perempuan yang kerapkali lebih lembut, lebih rapi dan teratur, serta ‘lebih cepat dewasa’, ikut menjadi pertimbangan. 

Baca juga: Tips Mendesain Rumah yang Mudah Dibersihkan

Residence @ Somerset Kota Wisata di Cibubur karya Exxo Interior tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)
Residence @ Somerset Kota Wisata di Cibubur karya Exxo Interiortahun 2016(Sumber: arsitag.com)

Warna pink pastel mendominasi kamar tidur anak perempuan di Residence @ Somerset Kota Wisata yang dilengkapi dengan bean bag pink tua sebagai point of interest di pojok kamar.

6. Kamar tidur anak berukuran mungil

Kota Ayodhya apartment show unit 3 bedroom di Tangerang karya teddykoo (Sumber: arsitag.com)
Kota Ayodhya apartment show unit 3 bedroom di Tangerang karyateddykoo (Sumber: arsitag.com)

Desain kamar tidur anak mungil yang pernah tampil di majalah laras edisi Juli 2016 ini menampilkan sisinya yang apik walaupun ukurannya mungil. Kamar tidur untuk anak laki-laki ini dilengkapi dengan koleksi mobil mainan kesukaannya dan gambar mobil yang menghias dindingnya. Warna hijau pastel yang berpadu dengan putih memberi kesejukan sekaligus kesan lega bagi kamar tidur mungil ini.

Sama seperti dunia anak-anak yang penuh kreativitas dan angan-angan, demikian juga cara berpikir saat mendesain interior kamar tidur anak. Kembangkan ide-ide yang kreatif sebagai konsep desain kamar tidur anak. Buatlah kamar tidur anak yang nyaman, aman dan mendukung perkembangan psikologis dan fisik anak. Biarkanlah kamar tidur mereka menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses perkembangan imajinasi mereka yang lucu dan ceria.

Baca juga:

6 Ide Brilian Mengakali Kamar Tidur Kecil

Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Ukuran Kecil Yang Sederhana

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.