Tips Memakai Cermin untuk Desain Interior Rumah yang Cantik

Tips Memakai Cermin untuk Desain Interior Rumah yang Cantik | Foto artikel Arsitag
Desain interior dengan cermin cantik, karya Michael Lauw Studio, via arsitag.com

Di antara sekian banyak opsi pajangan untuk rumah, dekorasi cermin adalah salah satu yang banyak digunakan. Selain berguna menjadi penghias, cermin juga merupakan benda yang punya fungsi sendiri. Terlepas dari fungsi utamanya untuk menampikan bayangan, cermin juga berguna untuk memberikan kesan luas pada ruangan yang sempit.

Namun, perlu diketahui bahwa meletakkan cermin sebagai hiasan ruangan tidak dapat dilakukan sembarangan, lho. Simak tips desain cermin berikut ini untuk mendapatkan tampilan terbaik di rumah Anda.

Cermin sebagai Focal Point Ruangan
Cermin bulat sebagai focal point, foto oleh Camylla Battani, via unsplash.com

Cermin bulat sebagai focal point, foto oleh Camylla Battani, via unsplash.com
 

Sama seperti dekorasi rumah yang lain, aplikasikan dekorasi menggunakan cermin sebagai pusat dalam ruangan. Caranya adalah meletakkanya di lokasi yang mudah dilihat. Pada desain ini, cermin bulat digantung tinggi tepat di atas perapian yang berfungsi sekaligus sebagai rak. Berbagai hiasan di sekitar cermin membuat posisi cermin sebagai focal point semakin kokoh.

Cermin Setinggi Dinding untuk Berikan Kesan Luas
Desain cermin setinggi dinding, foto oleh Michal Jarmoluk, via pixabay.com

Desain cermin setinggi dinding, foto oleh Michal Jarmoluk, via pixabay.com
 

Punya kamar berukuran kecil? Anda bisa menyiasatinya dengan memilih cermin sebagai salah satu bagian dari dekorasi. Memilih cermin yang besar dan setinggi dinding akan membuatnya mampu memantulkan bayangan ke seisi ruangan. Efeknya, kamar tidur tidak hanya terlihat jadi semakin luas, tetapi juga lebih tinggi. Tertarik mencoba?
 

Baca juga: Cara Memilih Pot yang Pas untuk Mempercantik Dekorasi Tanaman Hias Anda
 

Cermin pada Dinding Berwarna Gelap
Cermin pada dinding hijau gelap, foto oleh Aaina Sharma, via unsplash.com

Cermin pada dinding hijau gelap, foto oleh Aaina Sharma, via unsplash.com
 

Salah satu ketakutan ketika ingin menerapkan warna gelap pada dinding adalah kesan kelam yang ditimbulkannya. Padahal, jika Anda pintar berkreasi, dinding berwarna gelap sekalipun bisa tampil bersinar. Caranya, tentu saja dengan menggunakan cermin. Coba lihat dekorasi cermin ruang tamu di atas. Cermin bisa mengubah nuansa dinding hijau gelap yang melingkupinya. Hasilnya, alih-alih terlihat kelam, ruangan ini justru semakin elegan.

Cermin Bulat di Meja Lorong
Cermin di atas meja selasar, foto oleh Milada Vigerova, via unsplash.com

Cermin di atas meja selasar, foto oleh Milada Vigerova, via unsplash.com
 

Meja lorong memiliki fungsi untuk menyambut tamu yang datang dari arah depan menuju ruang tamu. Selain meletakkan banyak dekorasi dan hiasan di atas meja, Anda juga bisa menggantungkan sebuah cermin di atasnya. Letakkan pada posisi yang tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, agar siapa saja yang melintas bisa memanfaatkannya untuk berhias.

Cermin di Ruang Makan
Cermin di ruang makan, foto oleh Max Vakhtbovych, via pexels.com

Cermin di ruang makan, foto oleh Max Vakhtbovych, via pexels.com
 

Jika ruang makan Anda terlihat terlalu kosong, memilih cermin sebagai dekorasi tentu tidak ada salahnya. Banyak orang berpikir bahwa cermin tidak punya fungsi sama sekali di ruang makan. Padahal, jika ditempatkan pada posisi yang pas, keberadannya bisa menambah cahaya dalam ruangan berkat kemampuannya memantulkan sinar lampu. Selain itu, menurut fengsui, meletakkan cermin di dekat meja makan diyakini bisa mendatangkan kekayaan dan keberuntungan.
 

Baca juga: Desain Rumah Kekinian di Sydney dengan Berbagai Detail Interior Menarik
 

Standing Mirror yang Fungsional
Cermin standing minimalis yang cantik, foto oleh Liana Mikah, via unsplash.com

Cermin standing minimalis yang cantik, foto oleh Liana Mikah, via unsplash.com
 

Kalau di rumah Anda masih banyak tersedia ruang kosong, memilih standing mirror akan menjadi cara yang ampuh untuk mempercantik ruangan. Anda bisa memilih berbagai desain dan meletakkannya di tempat mana pun yang Anda suka.

Pada desain di atas, sang desainer memilih meletakkan standing mirror bersisian dengan meja kerja. Bingkai kayunya yang minimalis tampil kontras dengan background serba putih di sekelilingnya. Perpaduannya dengan interior benar-benar apik dan membuatnya sedap dipandang mata.

Pada dasarnya, Anda bisa meletakkan cermin di ruangan apa saja yang Anda inginkan termasuk kamar mandi. Beberapa contoh di atas bisa dijadikan inspirasi yang menarik. Sudah menjatuhkan pilihan?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."



Promo Brand
NEW