Desain Apartemen Minimalis Mungil yang Cantik dan Hemat Ruang

Desain Apartemen Minimalis Mungil yang Cantik dan Hemat Ruang | Foto artikel Arsitag
Contoh rancangan apartemen mungil nan praktis di Taipei, Taiwan (Sumber: freshome.com)
 

Lokasi yang strategis menjadi salah satu pertimbangan kaum urban untuk tinggal di tengah kota. Karena itulah, hunian yang dekat dengan pusat bisnis, pusat hiburan, jalan protokol, hingga pusat perbelanjaan menjadi pilihan favorit. Selain lokasi, hunian yang nyaman dan praktis juga menjadi pertimbangan penting. Nah, apartemen kecil berukuran 22m2 di Taipei, Taiwan yang dirancang oleh A Little Design dari Taiwan ini menawarkan desain apartemen minimalis yang cantik dan nyaman, sekaligus hemat ruang dan multifungsi.

Memanfaatkan Sudut Apartemen dengan Optimal
Meja yang berfungsi ganda sebagai sudut ideal untuk membaca (Sumber: freshome.com)

Meja yang berfungsi ganda sebagai sudut ideal untuk membaca (Sumber: freshome.com)
 

A Little Design merancang semua bagian dalam apartemen mungil seoptimal mungkin. Seolah tidak ada sudut apartemen yang dibiarkan kosong, guna memenuhi kebutuhan hidup yang nyaman. Meja dengan kabinet-kabinet terbuka dipilih untuk mengisi sudut ruangan. Meja dibangun menyatu dengan sofa memiliki desain yang simpel, minimalis, dan multifungsi. Cocok untuk tipe apartemen mungil.

Sofa Lebar Untuk Sudut Baca Sekaligus Tempat Kerja
Sofa di lantai dasar apartemen (Sumber: freshome.com)

Sofa di lantai dasar apartemen (Sumber: freshome.com)
 

Di sudut apartemen lainnya, Anda akan menemukan sebuah sofa besar dan panjang. Sofa ini tak lain adalah sofa yang dirancang menyatu dengan meja multifungsi sebelumnya. Jendela besar yang tepat berada di belakang sofa membuat area ini menerima cahaya matahari yang melimpah. Oleh karena itu, sofa ini bisa menjadi sudut ideal untuk membaca.

Tak berhenti sampai di situ saja, sofa lebar ini juga bisa berfungsi sebagai tempat tidur untuk tamu dan bagian bawahnya terdapat pula laci-laci penyimpanan. Sementara itu, di depan sofa terdapat meja lipat yang bisa dibuka saat hendak dipakai untuk bekerja.

Desain Apartemen Minimalis dengan Tangga Multifungsi
Tangga dengan banyak fungsi (Sumber: freshome.com)

Tangga dengan banyak fungsi (Sumber: freshome.com)
 

Tak hanya berfungsi sebagai sarana untuk menuju lantai atas, tangga ini rupanya bukanlah tangga biasa. Bagian bawah tangga digunakan untuk meletakkan kulkas beserta lemari untuk menyimpan berbagai keperluan dapur. Selain itu, tangga juga dipakai untuk mengakses kabinet-kabinet yang dibuat menyatu dengan dinding. Desain apartemen minimalis ini sungguh praktis, bukan?

Baca Juga: 7 Kreasi Cerdik Manfaatkan Ruang Bawah Tangga via Kompas.com
 

Dapur Mungil yang Nyaman
Dapur mungil di apartemen kecil (Sumber: freshome.com)

Dapur mungil di apartemen kecil (Sumber: freshome.com)
 

Meskipun kaum urban memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, bukan berarti keberadaan dapur lantas dihilangkan. Dapur tetap dibutuhkan untuk aktivitas-aktivitas ringan menyiapkan makanan dan minuman. Di apartemen rancangan A Little Design ini, dapur mungil terlihat rapi dan nyaman karena lemari es dan berbagai keperluan dapur disimpan di bawah tangga. Dapur dipakai untuk menempatkan kitchen sink, kompor, dan sebagian perlengkapan dapur lainnya.

Desain Kamar Mandi yang Komplet dan Luas
Desain kamar mandi serba putih (Sumber: freshome.com)

Desain kamar mandi serba putih (Sumber: freshome.com)
 

Desain kamar mandi ini terbilang lengkap dan manis untuk sebuah apartemen berukuran kecil. Bathtub dan closet diletakkan di sisi kanan dan kiri kamar mandi, sedangkan sebuah wastafel diposisikan di tengahnya. Cerdiknya, warna putih dibuat mendominasi sehingga kamar mandi terasa begitu lega. Ditambah cahaya alami dari jendela, kesan sempit dan sesak langsung sirna.

Ruang Kerja di Lantai Atas
Ruang kerja mungil di lantai atas (Sumber: freshome.com)

Ruang kerja mungil di lantai atas (Sumber: freshome.com)
 

Lantai atas apartemen mungil ini tak hanya digunakan sebagai kamar tidur. Salah satu sudutnya dirancang sebagai ruang kerja dengan meletakkan sebuah meja mungil. Lagi-lagi, meja kerja ini bisa disimpan masuk saat tidak digunakan sehingga lantai memiliki ruang lebih luas.

Desain Tempat Tidur Utama yang Simpel dan Minimalis
Tempat tidur utama di lantai atas (Sumber: freshome.com)

Tempat tidur utama di lantai atas (Sumber: freshome.com)
 

Lantai atas secara khusus disiapkan untuk tempat tidur utama. Trik menyiasati ruang yang sempit pun diterapkan, yakni memasang tempat tidur besar. Memilih tempat tidur berukuran besar yang memenuhi ruangan membantu mengurangi kekacauan visual di area kamar tidur.
 

Denah apartemen (Sumber: freshome.com)

Denah apartemen (Sumber: freshome.com)
 

Nah, pembagian ruang secara terencana dan kreatif tampak sangat menonjol pada gambar desain apartemen minimalis A Little Design ini. Setiap sudut dan celah apartemen dimanfaatkan secara optimal. Penentuan furnitur pun dilakukan dengan cermat. Furnitur-furnitur tersebut memiliki fungsi ganda, sehingga sangat praktis untuk sebuah apartemen berukuran kecil dan menciptakan suasana yang nyaman.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.