Ide Desain Dekorasi Dinding Ruang Tamu Sederhana Tapi Keren

Ide Desain Dekorasi Dinding Ruang Tamu Sederhana Tapi Keren | Foto artikel Arsitag
Cover Budisari Residence di Bandung karya ARCHID Design & Build (Sumber: arsitag.com)
 

Menjaga silaturahmi dengan kerabat itu penting. Tujuannya agar hubungan dengan kerabat tetap terjaga dan tidak hilang kontak begitu saja. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga silaturahmi, salah satu caranya adalah dengan bertamu. Contohnya, Anda bisa mengundang kerabat untuk bertamu ke rumah untuk sekadar makan malam bersama atau saling mengobrol di ruang tamu.

Namun, Anda tidak percaya diri dengan penampilan ruang tamu di rumah? Masalah ukuran besar atau kecilnya ruang tamu memang sulit untuk diubah, tetapi masalah desain dan penampilan masih bisa diakali dengan cara yang sangat mudah.

Anda tidak perlu biaya yang sangat mahal untuk memperoleh ruang tamu yang cantik dan keren. Cukup dengan menambahkan beberapa dekorasi pada dinding, maka ruang tamu Anda akan terlihat keren. Tanpa membutuhkan biaya yang mahal, berikut ini beberapa ide desain dekorasi dinding ruang tamu sederhana yang akan membuat ruang tamu terlihat sederhana tapi keren:

1. Dekorasi Dinding Skandinavia

Dekorasi dindingDekorasi dinding Lavande Residence di Jakarta karya Vindo Design (Sumber: arsitag.com)
 

Untuk ruang tamu bergaya skandinavia, Anda bisa menambahkan dekorasi pigura gambar dengan tema Scandinavian Nordic Geometric yang sangat sederhana.

2. Dekorasi Dinding Kumpulan Foto

Dekorasi dindingDekorasi dinding R+E house di Jakarta karya DP+HS Architects (Sumber: arsitag.com)
 

Momen-momen yang diabadikan di dalam foto juga bisa menjadi dekorasi dinding yang indah ketika dirangkai menjadi suatu kesatuan.

3. Dekorasi Dinding Tipografi

Dekorasi dindingDekorasi dinding Scandinavian House di Tangerang karya Ruang Komunal (Sumber: arsitag.com)
 

Manfaatkan kata-kata mutiara yang bisa memotivasi Anda dalam keindahan seni tipografi sehingga menimbulkan kesan penuh semangat di dalam ruang tamu.

4. Dekorasi Dinding Karikatur

Dekorasi dindingDekorasi dinding Executive Room Clove Garden di Bandung karya Arkitekt.Id (Sumber: arsitag.com)
 

Selain itu, karya seni rupa unik lainnya yang dapat Anda manfaatkan sebagai dekorasi dinding ruang tamu adalah lukisan karikatur yang penuh makna.

5. Dekorasi Dinding Foto Keluarga

Dekorasi dindingDekorasi dinding Marshal House di Jakarta karya Yohanes Khouw (Sumber: arsitag.com)
 

Kehangatan sebuah keluarga yang diabadikan dalam sebuah foto bisa mengisi kekosongan pada dinding ruang tamu. Oleh karena itu, segeralah berfoto dengan keluarga besar Anda!

6. Dekorasi Dinding Kumpulan Bingkai

Dekorasi dindingDekorasi dinding IS House di Jakarta karya MINT-DS (Sumber: arsitag.com)
 

Tanpa kehabisan akal, Anda juga bisa menghias dinding ruang tamu dengan beragam bingkai. Isinya tidak melulu foto dan lukisan, bisa apa saja seperti motif kain batik dan tenun tradisional.

7. Dekorasi Dinding Lukisan Abstrak

Dekorasi dindingDekorasi dinding Private Residence Priuk Jaya di Jakarta karya PT Ergonomi Cipta Karya (Sumber: arsitag.com)

Dekorasi lainnya yaitu berupa lukisan abstrak dengan tema yang saling bersambungan antara satu lukisan dengan lukisan lainnya. Hasilnya, jika disusun bersebelahan, akan terlihat indah.

8. Dekorasi Dinding Cermin

Dekorasi dindingDekorasi dinding Saman House di Jakarta karya Platform Architects (Sumber: arsitag.com)
 

Cermin juga bisa digunakan sebagai dekorasi ruang tamu. Jadi, tamu yang sedang berkunjung dapat merapikan penampilan mereka sembari menunggu Anda.

9. Dekorasi Dinding Lukisan Pemandangan

Dekorasi dindingDekorasi dinding B+M House di Jakarta karya DP+HS Architects (Sumber: arsitag.com)
 

Lukisan adalah dekorasi paling mudah untuk menghias dinding ruang tamu. Tetapi temanya saja yang harus disesuaikan dengan interior ruang tamu. Misalnya, ruang tamu dengan batu alam dan dominasi warna gelap cocok menggunakan dekorasi lukisan pemandangan alam hitam putih.

10. Dekorasi Dinding Piring Hias

Dekorasi dindingDekorasi dinding Rumah Paris di Yogyakarta karya Vindo Design (Sumber: arsitag.com)
 

Dekorasi dinding yang terakhir adalah dengan menempelkan piring-piring bergambar pada dinding sehingga membuat ruang tamu Anda terlihat makin klasik.

Penambahan dekorasi tertentu pada dinding ternyata dapat merubah penampilan ruang tamu secara signifikan. Ruang tamu Anda yang dulunya terlihat membosankan akan terlihat keren dengan penambahan beberapa dekorasi di atas. Apakah Anda sudah siap untuk merubah ruang tamu sederhana Anda menjadi terlihat keren?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.