Desain Patio Taman Belakang Rumah Impian Super Cantik

Desain Patio Taman Belakang Rumah Impian Super Cantik | Foto artikel Arsitag
Patio taman karya Mary Barensfeld // barensfeld.com
 

Untuk memenuhi kebutuhan relaksasi, fungsi rumah diharapkan dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai. Tidak hanya area di dalam rumah, taman belakang juga menjadi area yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai tempat bersantai dan berkumpul. Keunggulan dari taman belakang adalah meskipun outdoor, tetapi privasi tetap terjaga lantaran umumnya dibatasi dengan dinding atau pagar. Manfaatkan potensi ini untuk menyulap taman belakang sebagai patio.

Berbeda dengan taman, patio adalah area outdoor yang didesain sebagai tempat duduk ala ruang makan atau ruang keluarga, dan biasanya beralaskan perkerasan. Jika Anda tertarik untuk membuat patio impian di taman belakang rumah, berikut adalah beberapa inspirasi desain yang super cantik. Anda dapat berkreasi dengan memadupadankan antar-desain yang ada maupun disesuaikan dengan konsep utama dari rumah Anda.

1.Simpel nan Modern
Patio taman karya Secret Gardens // secretgardens.com.au

Patio taman karya Secret Gardens // secretgardens.com.au
 

Apakah Anda suka dengan desain minimalis modern? Jika iya, cobalah meniru desain karya Secret Gardens asal Australia sebagai inspirasi untuk membuat patio taman belakang. Patio berada di pojok taman dengan pemberian warna yang kontras. Lantai perkerasan dengan berbeda level menjadikan area patio memiliki batas imajiner yang jelas. Visual warna monokrom menampilkan area patio yang elegan.

2.Deco Modern dengan Ubin Motif
Patio taman karya Elysian Landscapes // elysianlandscapes.com

Patio taman karya Elysian Landscapes // elysianlandscapes.com
 

Mengusung gaya deco modern, patio taman ini tampak memukau dengan penggunaan ubin motif atau tegel. Harmoni diciptakan melalui pemilihan kursi dan bangku yang berkarakter ramping, sehingga patio tidak terlihat penuh. Lebih dari itu, pemasangan pohon peneduh juga penting sehingga bersantai di patio taman belakang lebih nyaman.

3.Keren dengan Gaya Art Deco
Patio taman karya Mary Barensfeld // barensfeld.com

Patio taman karya Mary Barensfeld // barensfeld.com
 

Ciri-ciri gaya arsitektur art deco di antaranya garis-garis tegas, bentuk geometris, sisi melengkung, beton ekspos, dan warna yang tegas. Tampak jelas pada contoh desain patio hunian di San Francisco ini.

Pemberian kontras melalui bangku taman nyatanya sama sekali tidak mengganggu, tetapi justru serasi bahkan membuatnya tampak menarik. Uniknya lagi, segala kesan kaku dari material hardscape yang ada berhasil diimbangi melalui tanaman yang penuh dan rimbun. Kehadiran tanaman yang dominan sangatlah penting, terutama bagi iklim tropis di Indonesia agar pengalaman bersantai di patio halaman belakang tetap teduh dan nyaman.

4.Menghadirkan Elemen Alam
Patio taman karya Terremoto // gardenista.com

Patio taman karya Terremoto // gardenista.com
 

Penggunaan lantai kayu untuk patio adalah pilihan tepat agar taman belakang tetap terlihat alami. Selain itu, elemen kayu juga membuat suasana terasa lebih adem sekalipun dengan cuaca terik matahari. Tingkatkan kenyamanan tempat santai di taman rumah dengan menanam pohon berkarakter rindang. Apalagi, dengan variasi pohon dan semak, menjadikan patio seolah-olah layaknya taman di tengah hutan.

Baca juga: 8 Desain Pagar Minimalis yang Bikin Tampilan Rumah Makin Kerenvia Liputan6.com
 

5.Memberi Kontras
Patio taman karya Mary Barensfeld // barensfeld.com

Patio taman karya Mary Barensfeld // barensfeld.com
 

Secara umum, taman belakang karya Mary Barensfeld Architectures ini memang sangat epik. Tampak jelas bahwa taman belakang sengaja dirancang untuk bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul dan bersantai. Tentunya ditunjang dengan pembuatan ruang khusus untuk patio.

Area patio dibuat kontras menggunakan dominasi warna putih dari mulai lantai sampai furnitur bangku dan mejanya. Pemberian kontras seperti ini penting agar tampilan patio taman belakang tidak membosankan. Asyiknya lagi, tempat nongkrong di rumah bakal menjadi spot favorit untuk foto bersama, nih!

6.Ala kafe
Patio taman karya Yeild Design // gardenista.com

Patio taman karya Yeild Design // gardenista.com
 

Anda suka nongkrong di kafe? Bagaimana jika menciptakan suasana kafe itu sendiri di rumah? Ya, tak ada salahnya untuk Anda mendesain patio di taman belakang dengan nuansa ala kafe. Hal itu bisa dilakukan dengan memilih desain bangku dan meja yang tepat, menambahkan lampu hias, hingga memberi ornamen pemercantik. Jika memang diperlukan, Anda bahkan dapat merenovasi bagian fasad rumah yang menghadap taman belakang tersebut agar suasananya benar-benar seperti kafe yang Anda inginkan.

7.Tetap Cantik di Area Terbatas
Patio taman karya Kim Hoyt // gardenista.com

Patio taman karya Kim Hoyt // gardenista.com
 

Taman belakang kadang kala merupakan sisa lahan yang tidak terlalu luas. Namun, hal itu bukan kendala untuk membuat patio yang cantik dan keren. Kursi anyam berwarna abu-abu tampak sangat serasi dengan paving batu sebagai lantai. Selain dipenuhi banyak tanaman, nuansa asri semakin kuat karena pagar menggunakan bahan kayu dengan warna alaminya.

Baca juga: Asyiknya Punya Ruang Duduk Di Taman Belakang Rumah Seperti Ini
 

8.Patio di Tepi Kolam Renang
Patio taman karya Arista Cero // archdaily.com

Patio taman karya Arista Cero //archdaily.com
 

Patio karya Arista Cero yang berlokasi di Kota Meksiko juga sangat menarik untuk menjadi inspirasi jika taman belakang rumah Anda memiliki kolam renang. Area patio menyediakan tempat istirahat selepas berenang atau sekadar bersantai bersama anggota keluarga dengan pemandangan langsung ke arah kolam. Pemberian atap bisa menjadi solusi untuk menghindari panas yang terlalu terik khas iklim tropis.

Menikmati udara outdoor tak melulu harus meninggalkan rumah, bukan? Nongkrong di taman rumah kini akan jauh menyenangkan dengan kehadiran patio. Jangan ragu untuk menambahkan dekorasi kesukaan Anda agar hasilnya memuaskan. Jangan lupa, undang kerabat dekat Anda untuk menikmati udara sore sambil menikmati barbeku sederhana.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.