Asyiknya Punya Ruang Duduk Di Taman Belakang Rumah Seperti Ini

Asyiknya Punya Ruang Duduk Di Taman Belakang Rumah Seperti Ini | Foto artikel Arsitag
Cover Tropical Palette di Singapore karya Salad Landscape Indonesia (Sumber: arsitag.com)
 

 

Tidak semua rumah memiliki taman pribadi di dalamnya. Bersyukur jika Anda memiliki taman yang cukup luas di rumah. Selain dapat membuat rumah menjadi lebih sejuk, taman berukuran luas juga bisa memberikan fungsi lainnya seperti menjadi ruang relaksasi dan pelepas penat setelah bekerja, serta menjadi taman bermain bagi anak-anak Anda.

Mengubah fungsi taman menjadi area multifungsi memang tidak mudah. Mungkin Anda membutuhkan tempat untuk relaksasi, tempat untuk mengadakan outdoor party, tempat untuk bersantai, tetapi di sisi lain anak Anda membutuhkan area bermain outdoor di halaman rumah. Jika demikian, salah satu cara paling gampang adalah dengan memilki ruang duduk di taman belakang rumah.

Dengan adanya ruang duduk, Anda tetap dapat melakakukan banyak kegiatan di sana dan anak juga dapat menggunakan ruang duduk tersebut sebagai area bermain. Jika tertarik, beberapa desain berikut ini dapat menunjukan betapa asyiknya punya ruang duduk di taman belakang rumah:
 

1. Ruang Duduk Taman Ametis Villa
 

Ruang duduk tamanRuang duduk taman Ametis Villa di Bali karya Studio TonTon (Sumber: arsitag.com)
 

Meskipun Anda tidak memiliki kolam renang di taman belakang rumah, tidak ada salahnya untuk menenmpatkan kursi malas dan membuat dek kayu di sana.
 

2. Ruang Duduk Taman Chris & Jennifer Villa

Ruang duduk tamanRuang duduk taman Chris & Jennifer Villa di Bali karya OG Architects (Sumber: arsitag.com)
 

Rumah-rumah bergaya tradisional Bali biasanya dilengkapi dengan taman belakang yang cantik. Untuk menikmati keindahannya, Anda bisa menempatkan beberapa kursi untuk bersantai.
 

3. Ruang Duduk Taman CRB House

Ruang duduk tamanRuang duduk taman CRB House di Cirebon karya Eki Achmad Rujai (Sumber: arsitag.com)
 

Rumah industrial minimalis juga tidak terlepas dari taman. Namun, agar ruang duduk di taman tetap dapat menyatu dengan desain utama rumah bergaya industrial minimalis, Anda bisa coba membuat kursi panjang seperti di CRB House.
 

4. Ruang Duduk Taman Architecture Semi Detached House

Ruang duduk tamanRuang duduk taman Architecture Semi Detached House di Jakarta karya Rully Tanuwidjaja (Sumber: arsitag.com)
 

Tidak masalah jika taman yang dimiliki berukuran sempit karena Anda bisa membangun taman dengan konsep vertical garden. Nah, salah satu kursi yang cocok untuk taman tersebut adalah kursi gantung.
 

5. Ruang Duduk Taman Selat House

Ruang duduk tamanRuang duduk taman Selat House di Surabaya karya Das Quadrat (Sumber: arsitag.com)
 

Salah satu pelengkap kolam rumah adalah gazebo. Anda bisa memanfaatkan gazebo tersebut sebagai ruang duduk di taman belakang. Jadi, Anda bisa bersantai sambil membaca-baca buku tanpa perlu kepanasan.
 

6. Ruang Duduk Taman Emerald View

Ruang duduk tamanRuang duduk taman Emerald View di Jakarta karya Fiano (Sumber: arsitag.com)
 

Jika Anda memiliki teras belakang rumah berukuran cukup luas, maka Anda bisa menempatkan beberapa kursi santai untuk berkumpul, bersantai, dan bermain bersama keluarga.
 

7. Ruang Duduk Taman Bersantai Villa

Ruang duduk tamanRuang duduk taman Bersantai Villa di Bali karya OG Architects (Sumber: arsitag.com)
 

Dua buah kursi malas, payung taman, kolam renang, dan dek kayu adalah kombinasi lengkap untuk mempercantik taman belakang di rumah Anda.
 

8. Ruang Duduk Taman ETT House

Ruang duduk tamanRuang duduk taman ETT House di Tangerang karya Triplus Homes (Sumber: arsitag.com)
 

Terakhir, Anda bisa membangun gazebo multifungsi di taman belakang. Fungsinya bisa sebagai ruang duduk, ruang bermain, ruang bersantai, atau bahkan menjadi mushola.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.