10 Desain Dapur Rumah Sederhana yang Penuh Kehangatan

10 Desain Dapur Rumah Sederhana yang Penuh Kehangatan | Foto artikel Arsitag
Cover: SIMPLE INTERIOR HOUSE 2 di Jakarta karyaliska yulianti tahun 2016  (Sumber: arsitag.com)

jump to :
- Desain Rumah Minimalis

Sebenarnya, dapur bukan sekedar tempat ‘Sang Juru Masak’  bekerja menunaikan tugasnya atau memamerkan kepiawaiannya menyajikan makanan kelas dunia. Dapur sebagai salah satu area yang wajib ada dalam sebuah rumah, harus berfungsi optimal agar ‘Sang Juru Masak’ dapat bergerak dengan mudah dan merasa nyaman. Dapur juga harus mampu merangkul kebersamaan dan kehangatan seluruh anggota keluarga.

Desain dapur, mulai dari perletakan perabotan dan peralatan makan hingga aliran pergerakan, harus nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Ibu atau ayah, remaja ataupun anak-anak harus nyaman dan aman berada di dapur. Itulah sebabnya, cukup banyak hal yang harus diperhatikan saat merancang dapur. Walau mungil dan sederhana sekalipun, desain dapur harus sedetail mungkin.

Desain dapur rumah sederhana bukan berarti ‘murahan’. Sederhana berarti bersahaja, minimalis dan mengoptimalkan fungsi di tengah keterbatasan ruang dan dana. Nah, artikel ini mencoba membuka wawasan tentang desain dapur rumah sederhana yang penuh kehangatan.

1. Desain dapur modern minimalis sederhana

Residential Project South Jakarta karya MA Interior Design tahun 2015  (Sumber: arsitag.com)
Residential Project South Jakarta karyaMA Interior Design tahun 2015  (Sumber: arsitag.com)

Kesan pertama yang didapat saat melihat desain dapur ini adalah minimalis, modern, keren, elegan dan nyaman. Hanya berukuran mungil, namun dapur dengan desain seperti ini mampu memberi kenyamanan dan efektifitas fungsi yang optimal.

Baca juga: Bagaimana Cara Memaksimalkan Dapur Kecil Anda

2. Desain dapur sederhana klasik nan elegan

D'gracias Kitchen Show karya DTarchitekt (Sumber: arsitag.com)

D'gracias Kitchen Show karyaDTarchitekt(Sumber: arsitag.com)

Siapa bilang desain klasik hanya untuk rumah mewah?  Memang desain klasik memerlukan kejelian lebih dalam pemilihan material dan detail pengerjaannya. Namun, tidak berarti harus mahal dan tidak bisa dimiliki rumah sederhana.    DTarchitekt membuktikannya dengan merancang  D'gracias Kitchen Show yang sederhana, namun elegan. Tampilan dapur yang elegan diciptakan lewat warna putih bersih yang dipadukan dengan putih kebiruan. Sepasang lampu gantung berwarna hitam pekat menjadi daya tarik tersendiri dan focal point yang ‘’catchy’’. Cermin pada pintu rak gantung  menjadikan area dapur tampak lebih luas.Variasi kursi pantry putih polos dengan kombinasi kayu, semakin memperkuat karakter bahan yang digunakan, menyatu dengan lantai parket, dan memberikan suasana penuh kehangatan.

3. Desain Dapur bergaya industrial

Metro House bergaya arsitektural industrial, karya IDEO Designwork tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Metro House bergaya arsitektural industrial, karyaIDEO Designworktahun 2015(Sumber: arsitag.com)

Rumah yang terasa nyaman tentunya menjadi dambaan bagi setiap penghuninya. Begitu juga keinginan pemilik Metro House di Ciledug, Tangerang. Pemiliknya mendambakan suasana rumah yang nyaman dengan konsep kafe. Itulah sebabnya, dapur didesain dengan gaya industrial untuk mewujudkan konsep kafe yang sedang tren. Gaya industrial ditampilkan melalui engsel lemari dapur dan desain kursi.

4. Desain Dapur Minimalis Satu Baris

Bare Minimalist karya RAW Architecture tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)
Bare Minimalist karyaRAW Architecturetahun 2013(Sumber: arsitag.com)

Desain dapur sengaja dibuat satu baris sepanjang kolom dengan kolom agar rapi dan memanfaatkan ruang antar kolom dengan efektif.

Bare Minimalist di Jakarta karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Bare Minimalist di Jakarta karyaRAW Architecture(Sumber: arsitag.com)

Meja di seberang area memasak dan cuci piring, bermanfaat ganda sebagai meja kerja dapur dan meja makan. Untuk mewujudkan kehangatan antar keluarga, area dapur sengaja disatukan dengan ruang keluarga. Jadi, saat ibu sedang memasak, ayah dan anak-anak dapat ikut membantu, ataupun menemani ibu sambil bercengkerama bersama.

5. Dapur putih yang bersahaja

Box House di Yogyakarta karya MOM Architect tahun 2009 (Sumber: arsitag.com)

Box House di Yogyakarta karyaMOM Architecttahun 2009(Sumber: arsitag.com)

Pemilik rumah ini menginginkan rumah sebagai tempat tinggal dan tempat hidup yang memberi rasa nyaman, tercukupi dan mempresentasikan identitas diri untuk membesarkan anak-anak mereka secara sederhana dan apa adanya. Itulah sebabnya, mereka memilih dominasi warna putih pada dapur yang terbuka dengan ruang keluarga.

6. Desain dapur semi-outdoor

Roemah Singgah #1 di Kediri, Jawa Timur karya KsAD tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)
Roemah Singgah #1 di Kediri, Jawa Timurkarya KsADtahun 2012(Sumber: arsitag.com)

Desain dapur semi-outdoor sangat efektif dalam menyiasati kebutuhan sirkulasi udara yang baik untuk dapur. Selain itu, ibu bisa mengawasi anak-anak yang bermain di taman saat ia sedang memasak.

7. Desain dapur mungil 

Griya Loka karya liska yulianti tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Griya Loka karyaliska yulianti tahun 2017(Sumber: arsitag.com)

Walau hanya berukuran 3 x 2,5 m2 , dapur karya liska yulianti sudah bisa mengakomodasi hal yang diperlukan agar dapur bisa berfungsi dengan baik. Dapur mungil ini bahkan memiliki pantry yang dilengkapi 3 buah kursi dengan desain dan warna unik sebagai aksen yang membatasi area dapur dan ruang makan.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil Kekinian Yang Sederhana Tapi Elegan

8. Desain dapur di bawah tangga 

Mr.F's House di Bekasi karya Donnie Marcellino tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Mr.F's House di Bekasi karyaDonnie Marcellino tahun 2017(Sumber: arsitag.com)

Desain dapur bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga yang ukurannya cukup besar dan seringkali terbengkalai. Donnie Marcellino mendesain dapur ini dengan gaya Scandinavian lewat bata ekspos dicat putih pada dinding dapur, dipadukan dengan lemari dapur yang dicat coklat tua.

Baca juga: Dinding Bata yang Tak Lekang oleh Waktu

9. Dapur sederhana untuk keluarga besar

SIMPLE INTERIOR HOUSE di Lombok karya liska yulianti tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

SIMPLE INTERIOR HOUSE di Lombok karyaliska yulianti tahun 2013(Sumber: arsitag.com)

Banyaknya anggota keluarga tidak berarti ukuran dapur juga harus luas. Luas dan kebutuhan peralatan dapur ditentukan frekuensi pemanfaatan dapur dan jenis kegiatan yang sering dilakukan di dapur. Itulah sebabnya, dapur untuk keluarga besar bisa disiasati dan dioptimalkan agar ukurannya sesuai dengan kebutuhan fungsi dan kenyamanan.

10. Dapur sederhana untuk keluarga kecil

Andri Kitchen di Medan karya ARTELIER tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Andri Kitchen di Medan karya ARTELIERtahun 2015(Sumber: arsitag.com)

Saat mendesain dapur untuk keluarga kecil, harus ada pemikiran untuk membuat ruang yang tumbuh seiring perkembangan jumlah anggota keluarga di masa depan. Mungkin terlintas di benak Anda  “Nanti saja dipikirkannya. Kita desain untuk saat ini saja dulu. Tidak usah jauh-jauh mikirnya.” Jika Anda berpikir seperti itu, ingatlah bahwa merenovasi adalah kegiatan yang cukup merepotkan. Jadi, lebih baik berpikir jauh ke depan untuk mengantisipasinya. Rancanglah dapur yang penuh kehangatan untuk Anda sekeluarga saat ini dan di masa mendatang.

Baca juga:

Bagaimana Cara Membangun Rumah Tumbuh

Bagaimana Cara Mendesain Rumah Minimalis

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.