Bagaimana Cara Memaksimalkan Dapur Kecil Anda

Bagaimana Cara Memaksimalkan Dapur Kecil Anda | Foto artikel Arsitag

Mungkin banyak dari kita yang menginginkan dapur berukuran besar untuk rumah kita, tetapi banyak juga dari kita yang harus puas hanya dengan dapur berukuran kecil. Sebenarnya sebesar apapun dapur Anda, barang yang ada di dalamnya sama saja dengan dapur yang berukuran kecil. Kita menginginkan dapur yang dapat berfungsi dengan baik untuk mempersiapkan dan memasak makanan. Mungkin kita juga ingin dapur kita menjadi tempat yang nyaman untuk makan walaupun hanya sekedar untuk sarapan. Kita juga membutuhkan banyak ruang untuk berbagai peralatan dapur dan bahan makanan. Dengan perencanaan dan desain yang tepat Anda bisa mendapatkan berbagai fungsi tersebut dalam dapur yang kecil.

Gunakan setiap sudut yang ada. Jika Anda mempunyai dapur berukuran kecil, sangat penting untuk memanfaatkan tiap sudut yang ada di dapur Anda. Contohnya dengan menggunakan custom furniture. Rak atau lemari yang didesain khusus membuat Anda dapat memaksimalkan tiap sudut yang ada. Ruangan kecil juga membuat furnitur yang diperlukan tidak terlalu banyak sehingga anggaran yang Anda butuhkan tetap ekonomis.

(Sumber: pinterest.com/CoteMaison)

(Sumber: pinterest.com/CoteMaison)

Gunakan rak dan gantungan unik. Meletakkan lemari berukuran besar di tembok dapur Anda dapat memakan banyak ruang di dapur kecil Anda. Akan tetapi, Anda tetap dapat memanfaatkan tembok dapur Anda dengan menambahkan rak panjang, gantungan dan lemari kecil. Rak ini dapat Anda gunakan untuk menggantung panci, cangkir, dan cup untuk meletakkan pisau atau peralatan lainnya. Penggunaan papan tulis hitam di tembok juga dapat membantu Anda untuk menulis berbagai daftar belanja atau catatan lainnya.

(Sumber: pinterest.com/tinyme)

(Sumber: pinterest.com/tinyme)

Gunakan furnitur yang efisien. Furnitur dengan desain yang berlebihan dan tidak pas dengan ruangan akan membuat dapur berukuran kecil terlihat semakin penuh. Sebaliknya penggunaan furnitur dengan desain sederhana dan minimalis dapat membuat dapur Anda terlihat lebih luas dan memberikan pencahayaan yang maksimal.

(Sumber: pinterest.com/KarineHenderson)

(Sumber: pinterest.com/KarineHenderson)

Buat tempat khusus untuk mesin cuci Anda. Mungkin bukan sesuatu yang umum untuk menempatkan mesin cuci Anda di dapur. Akan tetapi, jika Anda tidak mempunyai banyak ruang di rumah Anda, mungkin Anda dapat menggunakan alternatif ini. Ruang kecil di bawah tangga dapat menjadi tempat yang tepat untuk menaruh mesin cuci Anda. Pertimbangkan pula untuk menempatkan pengering baju dan lemari es Anda di garasi untuk memanfaatkan tempat yang ada.

(Sumber: pinterest.com/Craftionary)

(Sumber: pinterest.com/Craftionary)

Pilih detail dengan cermat. Ada banyak pilihan detail ruangan yang dapat Anda tambahkan untuk dapur baru Anda. Anda dapat mulai dengan menambahkan tempat penyimpanan bumbu dapur, laci untuk menyimpan pisau, atau bahkan meja pemotong bahan-bahan masakan yang dapat dimasukkan ke dalam lemari.

(Sumber: pinterest.com/dominomagazine)

(Sumber: pinterest.com/dominomagazine)

Gunakan furnitur yang multifungsi. Furnitur multifungsi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dapur kecil Anda. Lemari panjang dengan oven, tempat pencuci piring dan kompor di atasnya dapat menjadi pilihan furnitur yang elegan.

(Sumber: pinterest.com/ThomasMurphy)

(Sumber: pinterest.com/ThomasMurphy)

Tinggikan atap dapur Anda. Sedikit renovasi dapat mengubah suasana dapur kecil Anda. Jika rumah Anda hanya memiliki satu lantai, mungkin meninggikan atap dapur Anda dapat menambah pencahayaan dan udara di dapur Anda. Atap yang tinggi dengan tambahan jendela juga membuat cahaya matahari dari luar masuk dengan lebih maksimal dibandingkan dengan jendela vertikal. Atap tinggi juga akan membuat dinding dapur menjadi lebih tinggi dan dapat dimanfaatkan dengan menaruh lemari yang dapat menjangkau langit-langit dapur Anda.

Interior Rumah Contoh Cluster Leora karya Dimas Prasetya Putra (Sumber: Arsitag.com)

Interior Rumah Contoh Cluster Leora karya Dimas Prasetya Putra (Sumber: Arsitag.com)

Maksimalkan dinding dapur Anda. Luas dari dinding di dapur berukuran kecil biasanya akan sama dengan luas dinding di dapur berukuran besar. Manfaatkan dinding dapur Anda dengan menggunakan lemari besar yang mencapai atap dapur. Sedikit celah kecil di atas lemari dapat memberikan ruang bernapas yang cukup untuk mencegah ruangan Anda terasa sempit. Simpan barang-barang dapur yang jarang digunakan di rak paling atas dan gunakan pula laci tanpa handle agar lemari terlihat lebih ramping dan mulus, dan tidak mendominasi ruangan.

Stoy House karya Yanuar PF (Sumber: Arsitag.com)

Stoy House karya Yanuar PF (Sumber: Arsitag.com)

Gunakan furnitur yang dapat terintegrasi dengan baik di dapur Anda. Untuk dapur berukuran kecil gunakan furnitur yang ramping dan menghemat ruang. Contohnya, buat lemari khusus di atas tembok untuk meletakkan microwave Anda.

(Sumber: pinterest.com/ApartmentTherapy)

(Sumber: pinterest.com/ApartmentTherapy)

Gunakan lemari portable mini. Lemari portable mini dengan laci dan papan kayu yang dapat digunakan untuk memotong bahan masakan dapat menjadi sangat berguna untuk dapur Anda. Tanpa membutuhkan banyak ruangan, lemari portable ini dapat menjadi tempat penyimpanan ekstra.


Artikel ini juga terdapat di Kompas.com dengan judul : Trik Memanfaatkan Dapur Minimalis secara Efisien

 

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.