Bagaimana Cara Mendesain Rumah Minimalis

Bagaimana Cara Mendesain Rumah Minimalis | Foto artikel Arsitag
Cover: Jade HouseJade House karya VIcasso Interior tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Kehadiran desain minimalis di tengah masyarakat modern kian digandrungi. Desain rumah minimalis yang mampu mengakomodir semua kebutuhan ruang secara sederhana dengan cerdik menjadi salah satu alasannya. Desain minimalis tidak melulu mengusung kesederhanaan semata. Sebenarnya, desain rumah minimalis berarti mengoptimalkan semua elemen arsitektural untuk mengakomodir semua kebutuhan penghuninya dengan fungsional dan nyaman. Jadi, desain rumah minimalis berarti menggunakan semua elemen yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik.

Lalu, bagaimana cara mendesain rumah minimalis? Konsep yang pertama-tama harus dikedepankan adalah ‘sedikit tapi optimal’. Setiap elemen dalam rumah minimalis harus benar-benar berfungsi dengan efisien dan sebisa mungkin multi-fungsi.

1. Bentuk dasar geometris sebagai karakter arsitektur minimalis

Rumah Kotak Geometris Tanjung Duren karya Gilang Kamajati tahun 2015  (Sumber: arsitag.com)Rumah Kotak Geometris Tanjung Duren karya Gilang Kamajati tahun 2015  (Sumber: arsitag.com)

Rumah Kotak Geometris Tanjung Durenkarya Gilang Kamajatitahun 2015  (Sumber: arsitag.com)

Desain rumah minimalis kerapkali mengoptimalkan bentuk-bentuk dasar geometris. Tidak ada hiasan dan penambahan bentuk yang tidak perlu. Tampilan bangunan secara keseluruhan lebih murni dan lebih minimal dengan bentuk-bentuk geometri yang lebih ‘simple’.  Setiap bentuk yang ada menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional.

Bentuk denah, bentuk massa bangunan, bentuk pintu, dan deret jendela yang kotak-kotak, mendominasi desain rumah minimalis.

House at Legenda Wisata karya Sontang M Siregar tahun 2010  (Sumber: arsitag.com)

House at Legenda WisataHouse at Legenda Wisata karya Sontang M Siregartahun 2010  (Sumber: arsitag.com)

2.  Kesederhanaan yang dinamis

Sunter Paradaise Residence di Jakarta karya Fine Team Studio tahun 2015  (Sumber: arsitag.com)

Sunter Paradaise ResidenceSunter Paradaise Residencedi Jakarta karya Fine Team Studiotahun 2015  (Sumber: arsitag.com)

Setiap bentuk fungsional yang ada dipadukan dan dikombinasikan dengan harmonis untuk menciptakan kedinamisan. Walau memanfaatkan bentuk-bentuk dasar geometris dengan bahan-bahan sederhana, namun desain rumah minimalis mampu tampil dinamis dengan pengulangan struktur sebagai ciri khasnya.

House at Legenda Wisata di Cibubur karya Sontang M Siregar (Sumber: arsitag.com)

House at Legenda WisataHouse at Legenda Wisata di Cibubur karya Sontang M Siregar(Sumber: arsitag.com)

3. Kesederhanaan yang indah dalam kesenggangan ékstrem

Private Residence Spring Hill karya MIMO HOME INTERIOR DESIGN & BUILD tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)Private Residence Spring Hill karya MIMO HOME INTERIOR DESIGN & BUILD tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Private Residence Spring Hill karyaMIMO HOME INTERIOR DESIGN & BUILDtahun 2016(Sumber: arsitag.com)

Ruang-ruang dalam desain minimalis sengaja diciptakan ‘kosong’ dan ‘senggang’ untuk mengapresiasi keindahan dari kesederhanaan elemen ruang yang ingin dijadikan ‘point of interest’. Kamar mandi di Private Residence Spring Hill ini menampilkan rak susun segitiga dan taman di luar sebagai ‘point of interest’.

Baca juga: 75 Model Desain Rumah Minimalis Sederhana Tapi Mewah Dan Indah

4. Meniadakan dinding dan batasan ruang yang tidak perlu

Mr. M house karya 7Design Architect tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)Mr. M house karya 7Design Architect tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Mr. M house karya 7Design Architecttahun 2016(Sumber: arsitag.com)

Desain minimalis sengaja menghilangkan dinding pembatas antar ruang yang bisa disatukan fungsinya atau yang saling berkesinambungan. Keterbukaan hubungan antar ruang lebih diutamakan. Keterbukaan antara interior dan eksterior juga sangat kuat untuk menciptakan kedekatan ruang di dalam rumah dan area di sekelilingnya.

Baca juga:

5 Cara Kreatif Menciptakan Ruang Tanpa Dinding

Bagaimana Cara Menciptakan Hubungan Indoor-Outdoor

5. Dominasi garis vertikal dan horizontal

Modern Minimalist Kitchen-Red and White di Jakarta karya Zeno Living tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Modern Minimalist Kitchen-Red and WhiteModern Minimalist Kitchen-Red and White di Jakarta karyaZeno Livingtahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Garis vertikal dan horizontal sebagai bentuk dasar dua dimensi dan tiga dimensi, tampak pada hampir keseluruhan desain minimalis. Mulai dari bentuk massa bangunan, façade, pola ruang, bentuk ruang, desain furnitur, hingga ekspos strukturalnya.

6. Tampilan permainan geometri dengan warna monokrom yang senada

Jade House di Tangerang karya VIcasso Interior  (Sumber: arsitag.com)Jade House di Tangerang karya VIcasso Interior  (Sumber: arsitag.com)

Jade House di Tangerangkarya VIcasso Interior (Sumber: arsitag.com)

Permainan geometri dengan dominasi garis vertikal dan horizontal diperkuat dengan warna monokrom seperti putih, hitam, dan abu-abu untuk memperkuat karakter desain minimalis. Warna-warna monokrom ini mewakili konsep kesederhanaan yang mendasari warna cat rumah minimalis.

7. Sedikit ornamen bahkan tidak sama sekali

Master Bedroom at Rumah Jagakarsa karya VIRR Studio tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Master Bedroom at Rumah JagakarsaMaster Bedroom at Rumah Jagakarsa karyaVIRR Studio tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Keberadaan setiap elemen ditujukan untuk menampilkan esensi kesederhanaan yang berkualitas di dalam pemanfaatan bentuk dan bahan yang sederhana. Setiap ornamen yang ada benar-benar fungsional untuk menunjukkan ide kebebasan dan nilai-nilai dasar kenyamanan hidup. Ornamen-ornamen itu pun bukan hanya untuk estetika semata, tetapi untuk memperkuat karakter setiap elemen dan bahan pembentuknya.

8.  Memanfaatkan pencahayaan dengan optimal

Modern Minimalist Kitchen-Red and White di Jakarta karya Zeno Living (Sumber: arsitag.com)
Modern Minimalist Kitchen-Red and WhiteModern Minimalist Kitchen-Red and White di Jakarta karya Zeno Living(Sumber: arsitag.com)

Desain rumah minimalis yang sangat berkaitan dengan kesederhanaan yang fungsional, juga memperhatikan elemen pendukung abstrak yang tersedia di alam, seperti: pencahayaan alami, sirkulasi udara, keindahan kualitas ruang, dan keasrian alam sekitar.

Modern Minimalist House di Medan karya YAY ARCHITECT CONCEPT tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Modern Minimalist HouseModern Minimalist Housedi Medan karyaYAY ARCHITECT CONCEPT tahun 2017 (Sumber: arsitag.com)

Minimalis tidak berarti ‘sedikit’ , tetapi mengoptimalkan fungsi setiap elemen yang  diperlukan untuk mendapatkan keseluruhan kebutuhan dengan nyaman. Jadi, dapatkan desain rumah minimalis yang berkualitas, nyaman, bermanfaat optimal, dan elegan dengan menanamkan konsep ‘Simplicity for optimalism’.

Baca juga:

Mengekspos Kepolosan Material dan Elemen Arsitektural 

Pesona Material Kayu untuk Mempercantik Tampak Depan Rumah Minimalis Anda

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.