Bagaimana Cara Menggambar Denah Rumah Minimalis

Bagaimana Cara Menggambar Denah Rumah Minimalis | Foto artikel Arsitag
Cover: Denah Puri Indah House karya Monokroma Architect (Sumber: arsitag.com)

denah1/de·nah/ /dénah/ n 1 gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya; peta; 2 gambar rancangan (rumah, bangunan, dan sebagainya)[1]  Secara arsitektural, gambar denah memotong bangunan secara melintang dengan ketinggian 1 m dari titik acuan ±0.00.

Denah rumah dapat digambar setelah melalui serangkaian tahap desain. Mulai dari analisa kebutuhan, analisa lahan, konsep desain, sampai pengembangan desain. Setelah semua tahapan tersebut terselesaikan dengan baik, barulah sebuah denah bisa digambar dan bermanfaat untuk tahap pembangunan.

Sebenarnya cara menggambar denah rumah minimalis tidak berbeda dengan denah bangunan lainnya. Setiap ruang  harus tergambar dengan jelas, berikut perbandingan ukuran sebenarnya, ketinggian lantai, keterangan ukuran, letak bukaan pintu dan jendela, perletakan struktur, furnitur, tangga, juga bahan bangunan dan vegetasi.

Artikel ini memberikan 8 cara menggambar denah rumah minimalis serta cara membacanya. Setidaknya, setelah membaca artikel ini, Anda bisa memahami cara menggambar dan membaca denah rumah minimalis.

Baca juga: Membangun Rumah Tahap 9: Gambar Kerja

1.Letakkan gambar denah di dalam tapak / lahannya agar jelas letak setiap ruang dan hubungannya dengan area luar bangunan

Rumah Minimalis, Modern & Glamour karya Freddy A Simamora (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis, Modern & GlamourRumah Minimalis, Modern & Glamour karya Freddy A Simamora (Sumber: arsitag.com)

Dari denah, bisa diketahui letak Rumah Minimalis, Modern & Glamour berada di lahan hoek di Jalan Merbau, Medan.

2. Penomoran tiang struktural

Penomoran tiang struktural pada denah akan mempermudah penggambaran potongan bangunan dan mempermudah pekerjaan pelaksanaan pembangunan.

3. Tuliskan keterangan ruang dan ketinggian lantai

Rumah Minimalis, Modern & Glamour karya Freddy A Simamora (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis, Modern & GlamourRumah Minimalis, Modern & Glamour karya Freddy A Simamora (Sumber: arsitag.com)

Setiap ruang diberi nama dan dituliskan ketinggiannya terhadap titik acuan ±0.00, supaya bisa diketahui perbedaan ketinggian lantai setiap ruang dan mempermudah pengerjaan pembangunan.

4. Beri judul pada setiap gambar, sertakan pula skala dan arah Utara

Rumah Minimalis, Modern & Glamour karya Freddy A Simamora tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis, Modern & GlamourRumah Minimalis, Modern & Glamour karya Freddy A Simamora tahun 2011 (Sumber: arsitag.com)

Dari keterangan gambar dapat diketahui, rumah di Jalan Merbau, Medan ini berada di tanah seluas 15 x 23 m2  dan terdiri dari 3 lantai. Lantai dasar seluas 200 m2, lantai 1 seluas 230 m2, lantai 2 seluas 145 m2. Posisi denah mengharuskan pintu masuk selalu berada di bagian bawah gambar. Rumah ini menghadap arah Barat.

Rumah Minimalis, Modern & Glamour karya Freddy A Simamora (Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis, Modern & GlamourRumah Minimalis, Modern & Glamour karya Freddy A Simamora (Sumber: arsitag.com)

5. Gambarkan bentuk pintu, jendela, atau bukaan lainnya dengan spesifik

Rumah Minimalis, Modern & Natural  karya Freddy A Simamora tahun 2016(Sumber: arsitag.com)

Rumah Minimalis, Modern & NaturalRumah Minimalis, Modern & Natural  karya Freddy A Simamora tahun 2016(Sumber: arsitag.com)

Denah rumah di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara ini sudah dilengkapi ukuran serta ketinggian lantai. Dari denah dapat diketahui konsep modern, natural, dan terbuka dengan adanya pintu lipat di berbagai ruang.

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil Kekinian Yang Sederhana Tapi Elegan

Inset House karya Delution Architect tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)Inset House karya Delution Architect tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Inset House karya Delution Architecttahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Arsitek mengeksplor fasade dan bagian depan rumah menjadi area yang bisa menyiasati panas matahari sore. Lantai 1 terlindungi overstack lantai 2 yang cukup jauh sehingga ruang utama di lantai 1 tidak terkena panas matahari Barat. Overstack ini membuat panas matahari terhenti di area tamu informal dengan kolam dan taman sebagai penyejuknya.

Ruang no. 4, 5, dan 6 di Inset House karya Delution Architect (Sumber: arsitag.com)

Ruang no. 4, 5, dan 6 diRuang no. 4, 5, dan 6 di Inset House karya Delution Architect(Sumber: arsitag.com)

Inset House di Jatibening, Bekasi karya Delution Architect (Sumber: arsitag.com)

Inset HouseInset House di Jatibening, Bekasi karya Delution Architect(Sumber: arsitag.com)

Lantai 2 sengaja dimiringkan agar tidak bertabrakan tegak lurus dengan panas matahari sore dan diberi lapis kedua berupa kayu bergaris sebagai penghalau utama panas matahari. Di balik lapisan kayu ini, ada bukaan jendela kamar yang “sipit” untuk mereduksi panas yang masuk. Taman melayang di lantai dua menjadi mahkota utama fasade dan memberi kesejukan serta view bagi 3 ruangan di lantai dua, yaitu kamar utama, koridor, dan kamar anak.

Baca juga: Pesona Material Kayu untuk Mempercantik Tampak Depan Rumah Minimalis Anda

6. Lengkapi setiap ruang dengan furnitur dan fixture sesuai letak sebenarnya 

SS-House karya Nico Gowindra tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

SS-HouseSS-House karya Nico Gowindra tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

SS-House di BSD, Tangerang karya Nico Gowindra (Sumber: arsitag.com)

SS-HouseSS-House di BSD, Tangerang karya Nico Gowindra (Sumber: arsitag.com)

7. Bedakan penggambaran dinding bata penuh dengan dinding setengah

SS-House 3 lantai karya Nico Gowindra (Sumber: arsitag.com)

SS-HouseSS-House 3 lantai karya Nico Gowindra(Sumber: arsitag.com)

8. Gambarkan garis potongan

Garis potongan beserta arahnya pada denah akan memudahkan penggambaran dan mengerti gambar potongan yang akan dibuat.

Denah Bare Minimalist karya RAW Architecture tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

DenahDenah Bare Minimalist karya RAW Architecture tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

“Saya menginginkan sebuah rumah. Rumah untuk ditinggali, bukan untuk dipandang”, tulis Charles Wiriawan sang pemilik dalam blognya. Rumah 156/196  ini terletak di Jakarta Barat yang padat. Rumah ini tidak memiliki ruang penerima seperti ruang tamu, tidak berdinding, dan tidak ada ruang keluarga. Sebagai gantinya, rumah ini memiliki lounge yang luas dan dapur yang sangat berperan dalam layout rumah. Satu-satunya ruang tertutup di lantai satu hanyalah ruang belajar, sekaligus home theater.

Gambar Potongan yang memperlihatkan Void tangga Bare Minimalist karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Gambar Potongan yang memperlihatkan Void tanggaGambar Potongan yang memperlihatkan Void tangga Bare Minimalist karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Lantai dua merupakan area privat yang dilengkapi kamar tidur berukuran 5x6 m2 , kamar mandi, dan outdoor shower. Kamar tidur tambahan, kamar mandi, dan sebuah ruang multi-fungsi dihubungkan koridor menuju ruang terbuka di samping void tangga, penghubung yang sangat baik untuk menyatukan sirkulasi horizontal dan vertikal.

Lounge di Bare Minimalist karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Lounge diLounge di Bare Minimalist karya RAW Architecture (Sumber: arsitag.com)

Menggambar denah rumah dengan benar berarti selangkah lebih maju untuk mewujudkan rumah idaman yang sesuai keinginan Anda. Cara menggambar yang benar akan memudahkan tahapan desain selanjutnya dan terhindar dari kesalahan proses pembangunan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.