Ide Kreatif Hiasan Dapur Cantik Agar Masak di Rumah Makin Asyik

Ide Kreatif Hiasan Dapur Cantik Agar Masak di Rumah Makin Asyik | Foto artikel Arsitag

Desain dapur dengan beragam pernak-pernik, foto oleh Sidekix Media via Unsplash
 

Bagi Anda yang suka masak, dapur adalah tempat Anda bebas menuangkan kreativitas. Agar proses masak berlangsung nyaman dan lancar, Anda tidak hanya butuh dapur bersih dengan perabotan yang lengkap, tetapi juga beragam pernak-pernik dapur sebagai dekorasi.

Dekorasi dapur atau dekorasi kitchen set mungkin tidak menjadi prioritas bagi banyak pemilik rumah. Namun, jika Anda menginginkan suasana masak dan bersantap yang lebih asyik, beberapa contoh hiasan dapur berikut ini bisa jadi referensi.

Lampu Pendant
Lampu pendant kembar sebagai opsi dekorasi, foto oleh R Architecture, via Unsplash

Lampu pendant kembar sebagai opsi dekorasi, foto oleh R Architecture, via Unsplash
 

Lampu adalah sumber cahaya yang sangat penting bagi sebuah dapur, terutama jika Anda tidak memiliki akses yang cukup ke cahaya alami. Selain jadi sumber cahaya, lampu juga bisa jadi opsi dekorasi yang menarik dan unik. Untuk menciptakan suasana berbeda pada meja island dapur Anda, gantungkan 3 lampu pendant dengan desain serupa. Area ini tidak hanya bisa Anda gunakan untuk meracik bumbu, tetapi juga tempat bersantap dengan orang-orang tersayang.

Dekorasi pada Rak Terbuka
Rak terbuka, tempat menyimpan barang sekaligus benda-benda dekoratif, foto oleh Anna Shvets, via Pexels

Rak terbuka, tempat menyimpan barang sekaligus benda-benda dekoratif, foto oleh Anna Shvets, via Pexels
 

Beberapa dapur memiliki rak terbuka. Keberadaan rak ini tidak hanya membantu ruangan terlihat lebih airy, tetapi juga bisa difungsikan sebagai bagian dari dekorasi. Yang terpenting adalah, menghindari meletakkan terlalu banyak barang di atasnya. Kombinasikan beberapa komponen sekaligus mulai dari peralatan masak, benda-benda dekoratif kecil, sampai foto. Asalkan proporsinya tepat, desain ini akan terlihat sangat menarik seperti contoh di atas.
 

Baca juga: Desain Rak Piring Cantik untuk Dapur Idaman di Rumah Anda
 

Gunakan Backsplash Sebagai Focal Point
Menjadi backsplash sebagai dekorasi, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels

Menjadi backsplash sebagai dekorasi, foto oleh Max Vakhtbovych, via Pexels
 

Jika dapur Anda secara keseluruhan terlihat biasa saja, Anda bisa memberikan highlight pada salah satu bagiannya. Salah satu ide yang bisa Anda tiru adalah dengan menggunakan backsplash untuk mencuri perhatian orang yang memasuki dapur Anda.

Pada dapur ini misalnya, backsplash dapur dengan corak dan warna yang cerah berhasil tampil sebagai focal point yang akan membuat mata siapa pun tertuju ke sana. Ini merupakan salah satu ide dekorasi dapur yang simpel dan serbaguna.

Dekorasi Berupa Window Treatment
Dekorasi di bagian jendela dapur, foto oleh The Virtual Denise, via Pixabay

Dekorasi di bagian jendela dapur, foto oleh The Virtual Denise, via Pixabay
 

Selain backsplash, Anda bisa menggunakan area jendela sebagai sudut untuk meletakkan bak cuci piring. Selain bisa membersihkan piring-piring kotor sembari menikmati pemandangan di luar, Anda juga bisa meletakkan sejumlah pajangan pada bagian jendela ini. Window treatment ini bentuknya bisa beragam. Cobalah menggunakan gorden dengan corak yang cantik, atau meletakkan beberapa pot tanaman di atasnya seperti contoh desain di atas.
 

Baca juga: Dekorasi Tanaman untuk Dapur yang Lebih Cantik dan Segar
 

Menggantungkan Karya Seni Favorit
Menempatkan pajangan dinding di dapur, foto oleh Laurence Katz, via Unsplash

Menempatkan pajangan dinding di dapur, foto oleh Laurence Katz, via Unsplash
 

Ini bisa dibilang sebagai cara mendekorasi yang paling umum digunakan. Selain bisa diterapkan di berbagai ruangan lain di dalam rumah, Anda juga boleh menggantungkan karya seni favorit Anda di dapur, baik itu berupa foto maupun lukisan. Tempatkan di posisi yang strategis agar semua orang yang berada di dapur bisa melihatnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik dapur di rumah Anda. Dengan memilih dekorasi yang tepat dan sesuai dengan selera, suasana masak pasti akan menjadi semakin menyenangkan!

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."