Renovasi Apartemen Jadul dengan Desain Interior Minimalis Serba Putih Super Keren

Renovasi Apartemen Jadul dengan Desain Interior Minimalis Serba Putih Super Keren | Foto artikel Arsitag
Apartemen tua di Kota Amsterdam (Sumber: home-designing.com)
 

Inilah penampakan apartemen tua yang telah berusia 85 tahun di tengah kota Amsterdam. Kota Amsterdam kental dengan suasana kota yang cantik dan bersejarah. Namun demikian, kota ini punya cuaca yang kurang bersahabat. Kondisi yang menjadi tantangan bagi MAMM Design saat merenovasi apartemen yang akan kita ulas kali ini. Penghuni apartemen di antaranya menginginkan agar apartemen mereka nantinya berlimpah cahaya matahari, memiliki tangga rumah yang lebih nyaman, dan suasana apartemen yang terbuka. Penghuni apartemen ingin menghadirkan kesan hangat bagi setiap anggota keluarga dan tamu yang datang berkunjung. Dengan sederet tantangan itu, MAMM Design menerapkan desain interior minimalis serba putih. Dan hasilnya, super keren!

Dapur Serba Putih di Box Putih
Tower yang berada di tengah apartemen (Sumber: home-designing.com)

Tower yang berada di tengah apartemen (Sumber: home-designing.com)
 

Elemen menyerupai box berwarna putih ini sebelumnya tak ada di dalam apartemen. Sebuah box sengaja ditambahkan di lantai dua dan menembus hingga ke lantai tiga. Box multifungsi dimanfaatkan untuk dapur, kamar mandi, dan area bermain anak. Desain dapurnya juga terbilang unik. Menggunakan material serba putih dengan konsep terbuka, dan lantai yang dibuat lebih rendah dari area lain di sekitarnya.

Dapur yang dibuat lebih rendah (Sumber: home-designing.com)

Dapur yang dibuat lebih rendah (Sumber: home-designing.com)
 

Dapur yang terbuka di bagian depan dan tertutup di bagian belakangnya ini dilengkapi dengan jendela interior di sisi kanan dan kiri. Tak hanya sebagai jalan masuk cahaya matahari, jendela interior juga membuat penghuni apartemen bisa melihat dan merasakan keberadaan satu sama lain. Dari dalam dapur yang posisinya lebih rendah ini pula, pandangan mata bisa menembus hingga ke teras apartemen.

Perpaduan Putih dan Hitam di Kamar Mandi
Kamar mandi yang nyaman di tengah apartemen (Sumber: home-designing.com)

Kamar mandi yang nyaman di tengah apartemen (Sumber: home-designing.com)
 

Kamar mandi hasil renovasi ini terbilang sangat memuaskan, baik dari segi desain maupun kenyamanannya untuk digunakan sehari-hari. Berada di tengah apartemen atau tepatnya di box multifungsi, bagian dalam kamar mandi didominasi warna putih dengan lantai hijau yang segar. Warna hitam yang kontras dengan sekelilingnya, menjadi penampakan luar pada area masuk kamar mandi. Uniknya, area ini menjadi tempat bagi anak-anak untuk menempelkan prakarya mereka.

Baca juga: 7 Tips Desain Dapur Serba Putih Agar Tak Membosankan via Cantik.tempo.co
 

Area Bermain Anak di Ketinggian
Area bermain anak (Sumber: home-designing.com)

Area bermain anak (Sumber: home-designing.com)
 

Area bermain anak berada di bagian atas box atau tepatnya di atas dapur. Meski berada di ketinggian, orangtua tak perlu khawatir anak-anak terjatuh. Sebab area ini dirancang cukup tertutup sehingga aman bagi anak-anak. Area bermain yang serba putih ini terbilang luas dan diterangi cahaya matahari yang melimpah. Sangat cocok sebagai area bermain untuk anak-anak yang suka tantangan.

Desain Interior Minimalis Serba Putih dengan Dekorasi Hijau
Dekorasi hijau yang tak berlebihan (Sumber: home-designing.com)

Dekorasi hijau yang tak berlebihan (Sumber: home-designing.com)
 

Desainer memilih dekorasi yang terbilang sangat tepat bersanding dengan desain interior minimalis serba putih, yakni tanaman hijau. Dedaunan warna hijau terlihat menyegarkan dan menghidupkan suasana yang dominan putih. Penempatan dekorasi hijau juga dilakukan dengan sangat hati-hati. Hanya pada sudut-sudut tertentu saja. Jumlahnya pun tak berlebihan, supaya tak merepotkan penghuni apartemen dalam perawatannya.

Ruang Keluarga yang Terbuka dan Terang
Ruang keluarga dengan konsep terbuka (Sumber: home-designing.com)

Ruang keluarga dengan konsep terbuka (Sumber: home-designing.com)
 

Seperti ruangan lainnya, ruang keluarga juga serba putih. Lagi-lagi, dekorasi yang dipilih adalah dekorasi hijau yang tak berlebihan, namun menyegarkan. Ruang keluarga yang terhubung dengan dapur ini ramah untuk anak. Areanya terbilang luas dan terbuka, tak banyak furnitur di dalamnya. Anak-anak bisa bergerak dengan leluasa, bermain, dan menggali kreativitasnya. Adapun furnitur yang dipilih, sebagian besar berbahan kayu dengan warna dan tekstur natural. Sedangkan untuk meja, material kayu dipadukan dengan material kaca tebal transparan.

Tangga Minimalis yang Terang
Tangga yang simpel dari bahan metal (Sumber: home-designing.com)

Tangga yang simpel dari bahan metal (Sumber: home-designing.com)
 

Keberadaan tangga kedua yang menghalangi cahaya masuk telah dihilangkan. Sebagai penggantinya, dibangunlah sebuah tangga baru dengan desain yang simpel dari bahan metal. Tangga baru ini dibuat lebih panjang sehingga bisa mencapai lantai tertinggi di apartemen. Posisi tangga baru sengaja dibuat berlawanan arah dengan tangga pertama. Agar tangga pertama tetap mendapatkan limpahan cahaya. Tak ada lagi anak tangga yang gelap dan suram!

Jendela Interior yang Unik
Jendela interior di kamar tidur (Sumber: home-designing.com)

Jendela interior di kamar tidur (Sumber: home-designing.com)
 

Ada beberapa jendela interior yang ditambahkan dalam renovasi apartemen jadul. Salah satunya di kamar tidur. Jendela interior tanpa kusen dan daun jendela membentuk kesan unik dengan fungsi yang menarik. Jendela interior ini memungkinkan cahaya menerangi semua bagian apartemen. Selain itu, jendela interior membuat para penghuni apartemen bisa melihat dan merasakan keberadaan satu sama lain, walaupun berada di ruangan yang berbeda. Tak ada lagi tembok yang benar-benar tertutup dan memisahkan. Unik, bukan?

Desain interior minimalis serba putih yang diusung untuk apartemen jadul ini sungguh memberikan wajah baru yang lebih segar. Terlebih lagi, dominasi warna putih didukung dengan cahaya matahari yang melimpah. Fungsi jendela benar-benar dioptimalkan. Dan juga masih ditambah lagi dengan jendela-jendela interior. Hasil renovasi ini benar-benar super keren serta mampu membawa penghuninya pada suasana yang terang dan hangat. 


Gambar potongan (Sumber: home-designing.com)

Gambar potongan (Sumber: home-designing.com)

Gambar denah (Sumber: home-designing.com)

Gambar denah (Sumber: home-designing.com)


Gambar aksonometri (Sumber: mamm-design.com)

Gambar aksonometri (Sumber: mamm-design.com)

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.