Dekorasi Tanaman untuk Dapur yang Lebih Cantik dan Segar

Dekorasi Tanaman untuk Dapur yang Lebih Cantik dan Segar | Foto artikel Arsitag

Tanaman anggrek di dapur karyaMINT-DS,via arsitag.com

Apa yang Anda pikirkan ketika hendak mendekorasi dapur? Penataan dan peletakan kitchen set tentu menjadi hal utama. Namun, cobalah menghadirkan elemen dekorasi yang bakal menunjang tampilan visual dapur, seperti tanaman interior.

Menjadikan tanaman sebagai elemen dekorasi dapur tak pernah terlambat untuk Anda coba. Rasakan sensasi segar juga tampilan dapur yang lebih cantik. Sebagai referensi, berikut beberapa dekorasi tanaman untuk membuat dapur lebih cantik dan segar.

1. Karet Kebo Si Penyegar Dapur
Tanaman karet kebo untuk dapur serba putih, foto oleh Paul Hanaoka via unsplash.com

Tanaman karet kebo untuk dapur serba putih, foto olehPaul Hanaoka via unsplash.com
 

Tanaman karet kebo (Ficus elastica) merupakan jenis indoor plant yang sudah sangat populer. Keunggulan tanaman di dapur ini adalah daunnya yang lebar dengan warna hijau mengkilap. Wujud daunnya yang lebar dengan karakter batang utama vertikal, menjadikan tanaman karet kebo terlihat elegan dan mewah. Keunggulan lain menjadikan karet kebo sebagai dekorasi dapur adalah karena tanaman ini dianggap bisa menyegarkan udara ruangan.

2. Nuansa Alam Liar dengan Tanaman Biola Cantik
Tanaman biola cantik di dapur, foto oleh Jason Briscoe via unsplash.com

Tanaman biola cantik di dapur,foto olehJason Briscoe via unsplash.com
 

Biola cantik (Ficus lyrata) atau akrab juga disebut ketapang brazil adalah pilihan tepat untuk Anda pecinta nuansa alam. Kehadiran tanaman hias untuk dapur akan langsung mengubah suasana dapur menjadi lebih alami. Hal ini lantaran karakter daun biola cantik yang lebar dan lebat. Apalagi, tekstur daunnya yang sedikit bergelombang memberikan efek dramatis. Perlu diingat, jika Anda menjadikan biola cantik sebagai dekorasi dapur, letakkan di sisi yang terkena cahaya matahari. Tanaman ini membutuhkan asupan sinar yang cukup agar daunnya tetap segar.

Baca juga: Inspirasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Mempercantik Kamar Mandi Anda
 

3. Bambu Hoki untuk Keberuntungan di Dapur Anda
Tanaman bambu hoki, foto oleh Marcin Galusz via unsplash.com

Tanaman bambu hoki, foto olehMarcin Galusz via unsplash.com
 

Seperti namanya, bambu hoki (Dracaena sanderiana) memang dipercaya bisa membawa keberuntungan. Menurut mitos, selain sekadar sebagai hiasan tanaman dapur, tanaman ini bisa mengontrol energi di rumah serta menyeimbangkan lima elemen Fengshui. Itulah mengapa kemudian dianggap mampu mendatangkan hoki dan rezeki bagi penghuni rumah.

Terlepas dari mitos tersebut, bambu hoki memang menarik untuk dijadikan dekorasi dapur. Tampilan batang dan daunnya sangat dekoratif dan cantik. Bahkan di banyak penjual, bambu hoki dikreasikan dengan bentuk-bentuk yang unik. Kelebihan sifat batangnya mampu tumbuh mengikuti pola yang dibentuk. Unik, bukan?

4. Sirih Gading yang Fenomenal
Tanaman sirih gading dalam media air, foto oleh Waseem Khan via unsplash.com

Tanaman sirih gading dalam media air, foto olehWaseem Khanvia unsplash.com
 

Sirih gading (Epipremnum aureum) merupakan jenis indoor plant yang sudah sangat fenomenal. Warna daunnya yang perpaduan corak hijau dan kuning membuat tampilan tanaman ini terkesan segar.

Menjadikan sirih gading sebagai tanaman di dapur sangatlah tepat. Tanaman indoor ini bisa ditanam menggunakan media air, sehingga dapur tidak kotor karena tanah. Uniknya lagi, sirih gading merupakan jenis tanaman merambat, sehingga bisa memberikan kesan alami yang kuat.

5. Elegan dan Mewah dengan Anggrek
Tanaman anggrek putih di dapur karya MINT-DS via arsitag.com

Tanaman anggrek putih di dapur karyaMINT-DSvia arsitag.com
 

Sebagai Puspa Pesonanya Indonesia, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) memiliki nilai eksotis tersendiri yang khas. Menjadikannya sebagai tanaman ruang bakal memberikan kesan mewah nan elegan. Tak terkecuali di dapur, anggrek bulan putih akan menunjang interior dapur terlihat lebih cantik dan menarik.

Baca juga: Yuk, Hias Interior Rumah Anda dengan Terarium Cantik
 

6. Tanaman Buah dalam Pot
Pohon jeruk mungil di dapur, foto oleh Marcin Galusz via unsplash.com

Pohon jeruk mungil di dapur, foto olehMarcin Galusz via unsplash.com
 

Inovasi tanaman buah yang dijadikan tanaman pot (tabulampot) begitu populer beberapa tahun lalu. Sekarang pun, Anda tetap bisa mengaplikasikannya di dapur kesayangan. Akan tetapi, hampir semua jenis tabulampot tidak bisa tumbuh optimal di dalam ruang. Oleh karena itu, sebaiknya meletakkan pot tanaman ini di dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung.

7. Dramatis ala Lidah Mertua
Tanaman lidah mertua dekat jendela, foto oleh Kelly Sikkema via unsplash.com

Tanaman lidah mertua dekat jendela, foto oleh Kelly Sikkema via unsplash.com
 

Tanaman lidah mertua (Sansevieria) rasanya tidak pernah keliru untuk menjadi elemen dekorasi interior, termasuk di dapur. Tanaman hias ini memang memiliki tampilan yang unik dan menarik. Karakter daunnya yang vertikal dan meruncing, ketika tumbuh secara jamak akan terlihat seperti jilatan api. Keunggulan lain adalah dari warnanya yang khas, yakni bercorak seperti kulit ular.

Tertarik mencoba beberapa jenis tanaman yang cantik dan segar untuk mendekorasi dapur rumah Anda? Maksimalkan tampilan dengan pilihan pot yang juga cantik. Pelan tapi pasti, yuk, wujudkan dapur rumah idaman!

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.