Yuk, Hias Interior Rumah Anda dengan Terarium Cantik

Yuk, Hias Interior Rumah Anda dengan Terarium Cantik | Foto artikel Arsitag
Terarium karya The Art of Succulents, via theartofsucculents.co.uk
 

Mendekorasi interior rumah dengan ornamen-ornamen yang cantik tentu menjadi kegiatan yang menarik. Apakah Anda pernah mencoba terarium? Ya, menjadikan terarium atau tanaman dalam wadah kaca sebagai dekorasi interior bukanlah hal baru. Dengan kreativitas, terarium bahkan bisa dirancang dengan lebih menawan hingga meningkatkan estetika ruang di rumah Anda.

Nah, jika Anda juga tertarik untuk menjadikan terarium sebagai elemen interior rumah, berikut beberapa referensi yang bisa menjadi inspirasi.

1.Menarik dengan terarium tematik
Terarium karya Jerzy Galus, via gizmodo.cz

Terarium karya Jerzy Galus, via gizmodo.cz
 

Salah satu keunggulan dari terarium ialah Anda bisa merancang sendiri tanaman di dalamnya. Bahkan, Anda bisa melakukan perombakan dengan menambahkan elemen hiasan yang menyimbolkan tema-tema tertentu. Membuat terarium tematik seperti ini tentu akan menarik karena membuat suasana ruang tidak membosankan.

2.Terarium ala rumah kaca
Terarium karya Sprout Home, via sprouthome.com

Terarium karya Sprout Home, via sprouthome.com
 

Menggunakan wadah kaca besar berbentuk rumah, terarium ala rumah kaca ini tak kalah menarik untuk dicontoh. Terarium tak hanya akan membuat ruangan terlihat unik, tetapi juga seolah membawa suasana alam ke dalam ruang. Kelebihannya lagi, terarium ala rumah kaca seperti ini seketika menjadi focal point di dalam ruangan.

3.Terarium geometrik nan elegan
Terarium karya NCYP Garden, via ncypgarden.com

Terarium karya NCYP Garden, via ncypgarden.com
 

Wadah kaca berbentuk geometrik sangat populer dijadikan pilihan untuk terarium. Orang menyukainya karena tersedia bentuk yang beragam, unik, dan elegen. Agar lebih cantik lagi, letakkan desain terarium unik ini di dekat cahaya lampu, sehingga keindahan setiap elemen di dalam terarium dapat lebih terekspos.

Baca juga: Menakjubkan, Kreasi Unik Arsitektur Rumah Bambu di Balivia Kompas.com
 

4.Kreasi terarium gantung
Terarium karya Urban Outfitters, via urbanoutfitters.com

Terarium karya Urban Outfitters, via urbanoutfitters.com
 

Bagaimana dengan terarium yang digantung dekat jendela? Tentunya akan lebih meningkatkan keindahan visual ruangan. Terarium gantung sendiri ada beberapa jenis. Ada yang langsung berupa wadah gantung, atau bisa pula dikreasikan menggunakan tali rajut. Cocok untuk ruangan bergaya Skandinavia tradisional, nih.

5.Kemewahan dari terarium kaca tiup
Terarium karya Athmosphere Interior Design, via impressiveinteriordesign.com

Terarium karya Athmosphere Interior Design, via impressiveinteriordesign.com
 

Kaca tiup memiliki keunikan tersendiri karena bentuknya yang beragam, bahkan populer pula dengan bentuk tak beraturan. Di Indonesia sendiri, Bali menjadi salah satu produsen kaca tiup yang sangat terkenal. Jika Anda berkesempatan untuk memiliki kaca tiup ini, cobalah menjadikannya sebagai hiasan terarium dalam rumah. Selain cantik, terarium kaca tiup akan membuat ruangan terlihat lebih mewah.

6.Miniatur taman di atas meja
Terarium karya Ashley Camper Photography, via fayyterarium.com

Terarium karya Ashley Camper Photography, via fayyterarium.com
 

Menggunakan wadah kaca berbentuk kotak, Anda bisa berkreasi membuat taman kecil di dalamnya. Terarium model ini cantik untuk dilihat dengan sudut pandang diagonal, sehingga peletakkan di atas meja tipe coffee table adalah yang paling tepat. Agar tidak terkesan kotor, penggunaan pasir hias sebagai lapisan teratas terarium merupakan solusi terbaik.         

7.Kaca lentera berbagai bentuk dan ukuran
Terarium karya Sprout Home, via amuse.vice.com

Terarium karya Sprout Home, via amuse.vice.com
 

Alih-alih meletakkan satu terarium atau beberapa terarium dengan bentuk dan ukuran yang sama, akan lebih menarik jika Anda bermain bentuk dan ukuran wadah kaca yang digunakan. Selain agar tidak terkesan monoton, kolaborasi berbagai ukuran akan membuat suasana ruang lebih dinamis. Apalagi, jenis kaca lentera sangat beragam, sehingga Anda bisa bebas memadupadankan antara satu lentera dengan lentera kaca lain.

8.Alam liar di dalam kaca
Terarium karya Sprout Home, via sprouthome.com

Terarium karya Sprout Home, via sprouthome.com
 

Bosan dengan aquarium di rumah? Bagaimana jika Anda mengubahnya menjadi terarium? Ya, untuk memberi suasana baru di rumah, coba manfaatkan aquarium tak terpakai menjadi terarium. Bertemakan alam liar, keberadaan terarium seperti ini ampuh membuat ruangan terasa lebih segar.

9.Kreasi meja terarium
Terarium karya Charlie Albone, via bhg.com.au

Terarium karya Charlie Albone, via bhg.com.au
 

Alih-alih meletakkan terarium di atas meja, mengapa tidak untuk menghadirkannya di dalam meja? Kreasi terarium di dalam meja sangat menarik untuk dicontoh. Pembuatannya juga sebenarnya tidak begitu rumit, selagi Anda memiliki meja kaca. Meja kaca ini dikreasikan dengan menambahkan wadah sebagai tempat meletakkan tanaman di dalamnya.

Baca juga: 8 Desain Coffeeshop Super Simpel yang Tidak Ingin Anda Lewatkan 
 

10.Cantiknya terarium air plant
Terarium karya Air Plant Design Studio, via air-plants.com

Terarium karya Air Plant Design Studio, via air-plants.com
 

Jika Anda termasuk orang yang tidak sempat untuk sering merawat tanaman, terarium dengan menggunakan Tillandsia (air plant) adalah solusinya. Tanaman ini sangat unik, karena bisa tumbuh tanpa media tanam tanah. Oleh karena itu, perawatannya bisa lebih mudah, karena cukup disemprot sekali sehari. Hal ini juga menjadikan air plant cocok untuk terarium, lantaran lebih mudah ditata di dalam wadah berbagai bentuk dan ukuran.

Bagaimana, semakin tertarik menggunakan terarium untuk mempercantik interior rumah? Yang terpenting, jangan lupa untuk melakukan perawatan agar kualitas tanaman di dalam terarium tetap terjaga baik.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.