Dekorasi Tanaman Hias untuk Ruang Tamu yang Lebih Welcoming

Dekorasi Tanaman Hias untuk Ruang Tamu yang Lebih Welcoming | Foto artikel Arsitag
Dekorasi tanaman hias ruang tamu, foto olehLuisa Brimble,via unsplash.com

Sebagai tempat menerima tamu, ruang tamu dianggap sebagai representasi dari rumah secara keseluruhan. Tak heran, jika pemilik rumah biasanya akan menata ruang tamunya secantik mungkin agar menciptakan suasana yang nyaman untuk ditempati. Salah satu elemen dekorasi yang mampu menunjang kenyamanan dan keindahan ruang tamu ialah tanaman.

Ya, menjadikan tanaman sebagai dekorasi ruang tamu patut segera Anda coba. Keberadaan tanaman tidak hanya akan membuat nuansa ruang lebih asri, tetapi juga memberi kesan welcoming. Namun, apakah semua tanaman hias indoor cocok diletakkan di ruang tamu? Bagaimana pula cara terbaik menatanya? Sebagai rujukan, berikut beberapa dekorasi tanaman hias untuk ruang tamu agar lebih welcoming.

1. Ragam Karakter untuk Suasana Alami
Dekorasi tanaman hias ruang tamu, foto oleh Luisa Brimble, via unsplash.com

Dekorasi tanaman hias ruang tamu, foto olehLuisa Brimble,via unsplash.com
 

Jika Anda menyukai suasana alam, tak ada salahnya mendekorasi ruang tamu dengan banyak tanaman hias. Namun agar tidak monoton, pilihlah tanaman hias dengan beragam karakter fisik, baik bentuk, ukuran, atau warna. Selain itu, perhatikan pula tata letaknya. Jika ingin meletakkan tanaman di beberapa sisi atau sudut, pastikan bahwa tata letaknya seimbang alias tidak terlihat penuh di satu sisi. Jenis-jenis tanaman untuk ruang tamu sebagai rujukan dekorasi seperti ini ialah monstera, kaktus, dan pakis.

2. Tanaman Daun Lebar
Dekorasi tanaman daun lebar untuk ruang tamu, foto oleh Jane Duursma, via unsplash.com

Dekorasi tanaman daun lebar untuk ruang tamu, foto olehJane Duursma,via unsplash.com
 

Anda tidak melulu harus menempatkan banyak tanaman. Menaruh satu atau dua pot tanaman sudah cukup untuk memberi kesan asri pada ruang tamu. Hal tersebut bisa tercapai dengan memilih tanaman dekorasi ruang tamu yang tepat, seperti tanaman berdaun lebar. Tanaman berdaun lebar akan langsung mengisi ruangan, sehingga langsung bisa dirasakan kehadirannya. Lebih dari itu, tanaman berdaun lebar juga memiliki karakter yang lebih kuat untuk mendukung kesan welcoming pada ruang tamu.
 

Baca juga: Tips Memilih Dekorasi Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Tidur
 

3. Tanaman Hias Bunga
Dekorasi tanaman bunga ruang tamu, foto oleh In Lieu & In View, via unsplash.com

Dekorasi tanaman bunga ruang tamu, foto olehIn Lieu & In View,via unsplash.com
 

Tanaman indoor berupa bunga hias terbilang sedikit pilihannya. Namun, salah satu yang paling digemari di Indonesia ialah anggrek. Tanaman anggrek memang sangat menarik dijadikan tanaman hias ruang tamu karena tampilannya yang cantik. Seolah, memberi sambutan kepada tamu yang datang. Tanaman anggrek juga berkesan mewah sehingga meningkatkan estetika ruang tamu.

4. Warna yang Harmonis
Dekorasi tanaman hias dengan bunga berwarna senada dengan ruang tamu, foto oleh Chalo Garcia, via unsplash.com

Dekorasi tanaman hias dengan bunga berwarna senada dengan ruang tamu, foto olehChalo Garcia,via unsplash.com
 

Ruang tamu Anda tentu memiliki warna dominan untuk memberi kesan tertentu. Oleh karenanya, jangan sampai tanaman yang dipilih justru merusak kesan yang ingin dibangun tersebut. Apalagi, jika Anda memilih tanaman hias bunga, pastikan bahwa warna bunganya harmonis dengan interior ruang tamu. Seperti pada contoh ini, tampak bahwa tanaman Heliconia dengan bunga oranye kemerahannya senada dengan warna ruang tamu itu sendiri.

5. Tanaman sebagai Aksen
Dekorasi tanaman hias sebagai aksen ruang tamu, foto oleh Veronique Trudel, via unsplash.com

Dekorasi tanaman hias sebagai aksen ruang tamu, foto olehVeronique Trudel,via unsplash.com
 

Memberikan kesan welcoming bisa dicapai salah satunya dengan menghadirkan aksen atau center of interest. Aksen itu sendiri bisa berasal dari tanaman hias yang diletakkan di dalam ruang tamu. Sebagai suatu aksen, maka tanaman harus memiliki karakter yang kuat. Seperti pada foto di atas, jenis tanaman pandan dengan bentuk daunnya yang khas langsung menarik perhatian. Karakter batangnya yang vertikal juga senada dengan perabot lain, seperti standing lamp sehingga tetap terlihat harmonis.
 

Baca juga: Cara Memilih Pot yang Pas untuk Mempercantik Dekorasi Tanaman Hias Anda
 

6. Tanaman sebagai Pengisi Ruang
Dekorasi tanaman hias ruang tamu, desain Interior karya Miveworks, via arsitag.com

Dekorasi tanaman hias ruang tamu, desain Interior karyaMiveworks,via arsitag.com
 

Jika ruang tamu Anda minim furnitur, maka menjadikan tanaman sebagai dekorasi adalah pilihan terbaik. Sebagai pengisi ruang, tanaman biasanya diletakkan di sudut ruang tamu. Adanya tanaman di sudut tidak hanya akan membuat ruangan terlihat lebih berisi, tetapi juga lebih estetik. Pilihan tanaman indoor yang cocok untuk mengisi sudut ruang tamu ialah seperti karet kebo untuk kesan vertikal atau monstera untuk kesan lebar.

Bagaimana, apakah Anda semakin siap untuk menjadikan tanaman sebagai elemen dekorasi ruang tamu?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.



Promo Brand
NEW